3 Cara Ampuh Mengobati Jamur Pada Ikan Gabus Sudah Terbukti

Mengobati Jamur Pada Ikan Gabus – Apakah Anda tertarik untuk membudidayakan ikan gabus? Ya di Indonesia sendiri banyak sekali orang-orang membudidayakan ikan gabus untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual kembali.

Seperti pada umumnya dalam membudidayakan ikan pasti ada keuntungan dan juga ada hambatan-hambatan yang mungkin dialami seperti adanya jamur.

Tetapi tenang Anda dapat membaca cara mengobati jamur pada ikan. Selamat membaca artikel ini dan pastikan Anda mencermatinya dengan baik.

Penyakit Jamur Pada Ikan Gabus

3 Cara Ampuh Mengobati Jamur Pada Ikan Gabus Sudah Terbukti

Jamur pada ikan gabus adalah penyakit yang menyerang kulit ikan gabus. Jamur pada ikan gabus biasanya dikenal dengan penyakit whitespot. Penyakit whitespot memiliki sifat parasit terhadap inangnya sehingga dapat menggerogoti tubuh inangnya bahkan dapat membunuh inangnya. Baca Rahasia Umpan Ikan Mas Pelet 48

Jamur whitespot dapat ditularkan  kepada ikan gabus lain melalui wadah air. Sehingga jika satu ikan jamur di dalam satu kolam menderita penyakit jamur whitespot kemungkinan besar ikan gabus lainnya akan mengalami penyakit whitespot juga.

Oleh karena itu perlu pencegahan sedini mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun langkah-langkah yang dapat diambil untuk cara mengobati jamur pada ikan dan Anda dapat mempraktikkan sendiri bagaimana langkah-langikah yang tepat.

Advertisements
  1. Amatilah keadaan ikan gabus ada baik itu di akuarium maupun di kolam, ketika Anda menemukan ikan gabus Anda berpotensi menderita jamur, kuraslah air akuarium atau kolam Anda. Lalu keringkanlah kolam Anda atau akuariumAnda dengan sinar matahari. Lalu siapkanmetilblue atau redall yang dapat Anda beli di toko akuarium atau toko ikan terdekat.
  2. Siapkan wadah berisi air kemudian masukkan 1 tutup botol metilblue atau redall ke dalam wadah berisi air itu. Masukkan ikan gabus Anda ke wadah berisi campuran air dan metilblueatau redall. Tunggu hingga 30 menit supaya jamur di kulit ikan Anda rontok secara perlahan. Lakukan hal tersebut sekali sehari hingga jamur di kulit ikan gabus Anda menghilang total. Angkat ikan gabus Anda dan pindahkan ke wadah atau akuarium yang sudah dibersihkan.
  3. Jika solusi di atas belum berhasil merontokkan jamur di ikan gabus Anda berikan garam ke air kolam Anda atau ke akurimuAnda. Garam akan membunuh jamur pada air akuarium dan kolam .

Itu adalah langkah-langkah yang tepat untuk menyelamatkan ikan Anda dari jamur-jamur atau yang biasa dikenal dengan whitespot. Baca 8 Penyebab Ikan Mas Mati Mendadak

Jika dengan cara mengobati jamur pada ikan tidak berefek pada ikan gabus maka sesegera mungkin pindahkan ikan gabus tersebut karena hal tersebut menandakan bahwa ikan sudah tidak bisa diselamatkan lagi.

Jika Anda telat dalam memindahkan ikan gabus tersebut hal itu akan berdampak buruk karena bisa menular ke ikan lainya sehingga timbullah yang dinamakan gagal panen.

Advertisements
3 Cara Ampuh Mengobati Jamur Pada Ikan Gabus Sudah Terbukti | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.