4 Cara Ampuh Menghilangkan Jamur Dan Tutup Insang Pada Kulit Ikan Hias

Menghilangkan Jamur Pada Kulit Ikan Hias – Memelihara ikan memanglah bisa menjadi sebuah hobi tersendiri terutama pada ikan-ikan hias. Namun apakah Anda mengerti jika ikan hias dapat terserang oleh jamur?

Dan apakah Anda mengerti bagaimana cara mengatasinya? Untuk Anda yang belum, artikel ini sangat direkomendasikan sekali untuk Anda baca yaitu cara menghilangkan jamur pada ikan hias.

Sebelum membahas cara menghilangkan jamur di ikan hias tersebut, ada pentingnya jika Anda mengerti mengapa bisa ada jamur pada ikan hias.

Hal itu bisa dikatakan pada umumnya penyakit pada ikan hias, dan penyakit tersebut di sebabkan oleh bakteri dan jamur yang berkembang pada faktor-faktor tertentu. Dalam penanganan ikan yang terkena jamur itu sendiri berbeda-beda pula.

Metode Sederhana Menghilangkan Jamur Pada Kulit Ikan Hias

Nah untuk hal tersebut, mari kita bahas lebih lanjut tentang bagaimana cara menghilangkan jamur pada ikan hias. Sebenarnya untuk melakukan hal tersebut tidaklah begitu rumit dan susah, hanya saja Anda perlu yang namanya rutin dalam melakukan hal tersebut. Beberapa hal bisa Anda coba dan lakukan, hal-hal berikut ini.

  1. Rajin Membersihkan Kolam Ikan atau Akuarium

Hal ini sangat penting bagi Anda yang ikan hiasnya terhindar dari penyakit, seperti yang dikatakan di atas bahwa penyakit ikan hias ini timbul atau ada dari serangan bakteri atau jamur. Bagaimana bisa bakteri atau jamur bisa berkembang biak, ya dari inilah biasanya mereka timbul.

Ikan makan dan mengeluarkan kotoran di dalam air tersebut.Jika Anda jarang membersihkan kolam ikan atau akuarium tersebut otomatis bakteri atau jamur yang berada pada kotoran ikan akan berkembang biak di dalam tempat hidup ikan tersebut. Maka dari itu rajin-rajinlah membersihkan kolam ikan atau akuarium Anda.

  1. Menggunakan Air yang Bersih

Selain membersihkan kolam ikan atau akuarium tersebut, Anda pun dalam mengisi air kembali haruslah air yang benar-benar bersih. Karena di dalam air tersebut pun juga ada yang namanya bakteri dan jamur yang hidup.

Nah jika Anda mengisi kembali dengan air yang tidak bersih maka tidak ada akan hasilnya pula jika Anda membersihkan kolam ikan atau akuarium tersebut karena ada bakteri dan jamur yang dapat menginfeksi ikan-ikan hias Anda. Baca Racikan Ampuh Umpan Ikan Mas Air Keruh

Lalu selain itu pun gunakanlah pembersih air pada kolam ikan atau akuarium Anda agar tempat tersebut dapat selalu terjaga kebersihan airnya karena selalu tersaring.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan dirumah untuk mengantisipasi agar ikan hias Anda tidak terkena yang Namanya penyakit yang disebabkan bakteri atau pun jamur yang bersumber dari tempat dimana ikan tersebut hidup.

Begitulah beberapa cara menghilangkan jamur pada ikan hias dan perlu diingat tidak perlu rumit-rumit dan susah Anda cukup memerlukan yang namanya rutin agar ikan Anda sehat selalu.

Advertisements

Cara Mengobati Penyakit Tutup Insang Selalu Terbuka oleh Bintik Kemerahan Pada Ikan

Untuk para pembudidaya ikan mas, artikel ini dapat membantu untuk mengetahui cara mengobati penyakit tutup insang yang sering kali menyerang ikan mas.

Hama Ikan Mas

Ada banyak macam-macam jenis hama yang dapat menyerang dari ikan mas ini dimulai dari yang berukuran besar sampai berukuran sangat kecil. Jenis hama berukuran besar ini yang sering menyerang ikan mas yaitu diantaranya: kodok, biawak, burung, ular, dan lain-lain.

Sedangkan jenis hama yang berukuran kecil ini yang sering menyerang pada ikan mas diantaranya adalah kutu, larva, cacing-cacing kecil, dan lain sebagainya. Dari hama-hama tersebut dibedakan menjadi tiga jenis hama yaitu hama predator atau hama pemangsa, hama pesaing atau hama kompetitor, dan hama pengganggu. Baca Trik Membuat Resep Umpan Ikan Mas

Hama pemangsa atau hama predator ini pada umumnya menyerang ikan secara langsung dan memangsanya. Hama pesaing atau hama kompetitor mengganggu ikannya itu dengan mengambil pakan ikan tersebut, rung atau yang lainnya untuk kebutuhan tumbuh kembang ikan.

4 Cara Ampuh Menghilangkan Jamur Dan Tutup Insang Pada Kulit Ikan Hias

Sedangkan untuk hama pengganggu ini umumnya merusak habitat tempat budidaya seperti misalnya merusak kolam-kolam ataupun membawa penyakit-penyakit pada ikan.

Jenis Penyakit Ikan Mas

Penyakit yang di alami ikan mas ini tidak hanya penyakit tutup insang tetapi terdapat penyakit lain yang sering di alami oleh ikan mas. Diantaranya yaitu bakteri aeromonaspunctata, cacing insang, sirip, kulit, bintik merah (whitespot), kutu ikan (argulosis), gatal (trichodiniasis), bakteri psedomonasfluresescens, dan jamur (saproleginiasis).

Tanda-tanda Terserang Penyakit Tutup insang

Tanda-tanda atau gejala awal dari penyakit ini yaitu tutup insang selalu terbuka oleh bintik-bintik kemerahan, bagian punggung terjadi pendarahan. Hal tersebut merupakan gejala awal dari penyakit tutup insang ini.

Dengan tanda-tanda berikut para pembudidaya ikan mas ini harus berhati-hati karena bisa jadi ikan mas tersebut terkena penyakit tutup insang.

Pengendalian

Cara mengobati penyakit tutup insangini bisa dibilang mudah dan bisa dibilang manjur untuk mengobati penyakit tersebut. Bahan atau obat yang dibutuhkan diantaranya adalah formalin, methylineblue, dan air segar.

Cara pengobatannya yaitu dengan merendam ikan mas di dalam larutan formalin 250  gram/m3 selama 15 (lima belas) menit dan juga direndam dalam methyleneblue 3 gram/m3 selama jangka waktu 24  (dua puluh empat) jam. Baca 8 Penyebab Ikan Mas Mati Mendadak di Kolam

Kemudian hindari penebaran ikan yang berlebihan karena akan mengakibatkan kerusakan pada jaringan dalam tubuh ikan.Dengan pengendalian tersebut ikan mas dapat sembuh dan normal kembali dalam jangka waktu 3-5 hari setelah ikan diobati.

Ya itulah beberapa cara mengobati penyakit tutup insang serta mengenali secara langsung bagaimana tahapan serta pengendalian. Semoga dengan artikel ini wawasan Anda bisa semakin luas.

Advertisements
4 Cara Ampuh Menghilangkan Jamur Dan Tutup Insang Pada Kulit Ikan Hias | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.