Mudah Cara Membuat Essen Lele Sendiri

Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat essen lele sendiri. Kegiatan memancing memang sedang hobi yang cukup tren bagi kalangan masyarakat Indonesia. Setiap orang pastinya bisa untuk melakukan kegiatan memancing.

Namun untuk bisa berhasil mendapatkan ikan incaran tentu tidak semua orang bisa melakukannya, khususnya ikan lele. Masalah umpan memang masih menjadi kendala bagi setiap pemancing.

Karena itulah kami akan membahas sebuah bahan yang diperlukan supaya umpan bisa semakin jitu untuk mendapatkan ikan lele dan nama dari bahan tersebut adalah essen.

Advertisements

Mengerti Akan Istilah Essen

Mudah Cara Membuat Essen Lele Sendiri

Essen merupakan sebuah bahan yang bisa menambahkan rasa ataupun aroma. Essen yang dicampurkan pada umpan akan membuat umpan semakin ganas dalam menarik ikan lele untuk datang.

Aroma dan rasa yang lebih menyengat tentu akan bisa menarik perhatian ikan lele untuk datang dan memakan umpan tersebut. Tentunya kesempatan untuk strike dan mendapatkan ikan akan lebih baik dengan pemanfaatan essen pada umpan. Baca Cara Buat Umpan Lele Ayam Suwir

 Membuat Bahan Essen Ikan Lele

Untuk saat ini sebenarnya Anda bisa dengan mudah untuk menemukan essen. Ada banyak sekali di luar sana toko yang menjual essen dengan berbagai macam aroma dan rasa. Namun tentunya tidak akan salah jika Anda tahu tentang cara membuat essen lele sendiri. Nah, apa saja essen yang bisa Anda buat? Inilah jawabannya:

  • Essen buah-buahan

Jenis essen pertama yang bisa Anda buat secara mandiri adalah essen buah-buahan. Untuk membuatnya sebenarnya sangatlah gampang. Anda tinggal memeras daging buah untuk mengambil sarinya.

Advertisements

Saring sari buahnya dan gunakanlah untuk mencampur bahan umpan yang akan Anda gunakan. Untuk jenis umpan buah-buahan yang cocok untuk ikan lele adalah jenis nangka. Baca Ini Umpan Ikan Lele Malam Hari Paling Jitu

  • Essen daun pandan

Untuk jenis essen yang selanjutnya bisa Anda buat adalah essen daun pandan. Daun pandan tentu yang memiliki wangi menyengat pastinya akan disukai oleh semua ikan termasuk juga ikan lele. Untuk membuatnya Anda terlebih dahulu harus menyiapkan beberapa lembar daun pandan.

Cuci daun tersebut supaya bersih dari kotoran. Tumbuklah daun hingga mengeluarkan sarinya. Campurkan sari yang keluar akibat Anda tumbuk tersebut kepada bahan umpan yang sedang dipersiapkan untuk memberikan sensasi wangi.

  • Essen minuman ringan

Pemanfaatan minuman ringan juga bisa Anda lakukan untuk cara membuat essen ikan lele sendiri. Minuman ringan untuk saat ini tentu sangat mudah didapat dan memiliki berbagai macam rasa. Namun dalam menggunakan minuman ringan, Anda harus memilih yang tanpa menggunakan soda.

Untuk membuat essen minuman ringan adalah dengan cara mencampurkan minuman ringan sedikit-demi sedikit kepada bahan umpan ikan lele yang Anda miliki. Perhatikan tentang komposisinya agar adonan tidak terlalu encer. Untuk bahan minuman yang pas untuk lele adalah minuman jenis buah-buahan dan minuman susu.

  • Essen daun walang geni

Daun walang geni terkenal akan aroma yang khas dan sering dipakai oleh pemancing sebagai bahan campuran umpan. Daun ini sebenarnya akan lebih difavoritkan untuk memancing ikan nila, namun masih bisa untuk Anda pakai sebagai bahan essen ikan lele. Baca Sifat Iklan Lele Di Malam Hari Saat Akan Di Pancing

Untuk info detail tentang cara pembuatan essen daun walang geni adalah persiapkan daun walang geni dan cuci hingga bersih. Remas daun tersebut hingga mengeluarkan air.

Air hasil remasan inilah yang menjadi bahan sari penambah aroma pada umpan. Itulah cara yang bida Anda lakukan demi mendapatkan cara membuat essen ikan lele sendiri berbahan daun walang geni.

Mudah Cara Membuat Essen Lele Sendiri | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.