8 Penyebab Ikan Mas Mati Mendadak di Kolam Dan Cara Mengatasi

Artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab ikan mas mati mendadak. Ikan mas sebenarnya memiliki kemampuan adaptasi yang cukup baik serta perkembangbiakan yang cukup mudah. Perawatan yang diberikan pun tidak terlalu sulit, oleh karena itu ikan mas mudah ditemui di danau, rawa, sungai, maupun kolam pemancingan.

Ikan ini menjadi favorit juga di rumah makan dan di pasar karena kandungan gizi serta kelezatan rasa dagingnya.

Namun ternyata ikan mas juga bisa mengalami kematian mendadak loh. Waduh kenapa tuh? Peternak ikan tentunya akan rugi bila ikan yang telah diternakkan dan dirawat mengalami kematian.

Advertisements

Apa Penyebab Ikan Mas Mati Mendadak?

  1. Stres pada Ikan Mas

Layaknya manusia, ikan juga bisa mengalami gangguan stres. Stres pada ikan bisa disebabkan oleh beberapa hal.Misalnya saat pembelian benih ikan proses pengangkutan ikan tidak dilakukan dengan baik dan benar sehingga ikan akan stres dan kemudian mati saat ditebar di kolam.

Perubahan iklim pun memegang peran penting sebagai penyebab kematian ikan, ikan dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan kondisi dan keadaan lingkungan. Jika ikan mas tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar maka akan terjadi stres pada ikan dan memicu terjadinya kematian di kolam.

  1. Kualitas Air Kolam

Air merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kehidupan ikan. Pastikan sumber air kolam yang dipakai untuk merawat ikan merupakan air yang bersih dan tidak mengandung zat pencemar.

Air yang tercemar dapat menjadi penyebab ikan mas mati, karena banyak kandungan zat kimia yang membuat ikan tidak mampu bernafas atau bahkan mungkin dapat menyebabkan kematian masal di kolam

  1. Pemberian Pakan Ikan Mas yang Berlebihan

Pakan yang diberikan kepada ikan mas harus pas dan sesuai dengan jumlah ikan di kolam. Pemberian pakan yang berlebihan justru akan membuat ikan mati karena kandungan oksigen terlarut dalam air yang rendah dapat menyebabkan timbulnya bakteri serta kegemukan pada ikan. Baca Resep Racikan 5 Umpan Ikan Mas Paling Jitu

  1. Terserang Penyakit

Ikan sebagai makhluk hidup pun dapat terserang penyakit yang dapat menjadi penyebab ikan mas mati. Penyakit pada ikan bisa disebabkan oleh bakteri, virus, serta parasit lain yang dapat mengganggu tubuh ikan. Hal ini perlu dilakukan perawatan serta pengobatan sebelum terjadinya kematian serta menular ke ikan yang lain.

  1. Tertular Penyakit dari Ikan Baru

Apabila Anda membeli bibit ikan yang baru pastikan memiliki kualitas yang baik dan bebas dari penyakit sehingga tidak menular ke ikan lain yang sehat dalam kolam.

  1. Sudah takdir

Ikan juga memiliki batas usia seperti manusia, jadi pastikan Anda memanen ikan mas dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama karena jika sudah terlalu tua ikan akan mati.

Advertisements

Mengobati Penyakit Ikan Mas Menggunakan Campuran Bahan Alami

Pada saat ini budidaya ikan mas banyak digemari oleh orang-orang.  Bukan hanya karena hobi tetapi budidaya ini bisa dijadikan sebagai ladang bisnis karena ikan mas merupakan ikan yang banyak diburu oleh orang-orang untuk dijadikan santapan karena rasanya yang gurih dan nikmat.

Akan tetapi dalam proses budidaya ikan mas tentu saja banyak sekali rintangan dan hambatan yang dihadapi oleh para peternak ikan mas tersebut. Hama dan penyakit-penyakit yang menyerang ikan mas merupakan salah satu faktor risiko dalam budidaya ikan mas. Baca Rahasia Umpan Ikan Mas Pelet 48

Risiko-risiko tersebut bukan saja dapat mengganggu kehidupan dari ikan-ikan mas tersebut tetapi juga bisa membunuh ikan mas dalam waktu yang singkat. Serangan dari hama dan penyakit tersebut dapat menyebabkan turunnya produktivitas dari ikan mas sehingga menyebabkan turunnya keuntungan yang akan didapat. Oleh karena itu, perlu kiranya mengetahui cara mengobati penyakit ikan mas agar penyakit-penyakit dan hama tersebut tidak mengganggu budidaya ikan mas.

Mengobati Penyakit Pada Ikan Mas

Walaupun sebenarnya hama dan penyakit sama-sama mengganggu budidaya ikan mas akan tetapi proses pengendalian hama dan penyakit tersebut tentu saja sangat berbeda. Hama yang sering menyerang ikan mas biasanya merupakan organisme yang mempunyai potensi memangsa, menyaingi, dan juga mengganggu ikan.  Biasanya ukuran dari hama tersebut lebih kecil ataupun lebih besar dari ikan mas yang dibudidayakan.

8 Penyebab Ikan Mas Mati Mendadak di Kolam Dan Cara Mengatasi

Adapun pada hakikatnya penyakit yang dimaksud adalah sesuatu hal yang merupakan gejala-gejala yang bisa menyebabkan gangguan ataupun penghambatan pertumbuhan dan perkembangbiakan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Hal tersebut banyak sekali penyebabnya seperti kondisi lingkungan tempat budidaya ikan mas yang buruk dan juga bisa disebabkan oleh organisme yang merupakan parasit. Penyakit-penyakit tersebut pada saat ini telah banyak ditemukan obatnya.

Penggunaan obat-obatan dari bahan kimia sebenarnya banyak menimbulkan pencemaran lain di lingkungan sekitar budidaya ikan.Hal tersebut dikarenakan bahan kimia yang telah selesai digunakan biasanya akan susah untuk terurai di lingkungan sehingga menimbulkan pencemaran.

Oleh karena itu sebaiknya penggunaan obat-obatan budidaya ikan mas dari bahan kimia dihindari untuk mencegah pencemaran.Banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ikan mas. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga lingkungan dan tidak mencemari lingkungan di sekitar tempat budidaya ikan mas.

Bahan-bahan alami yang digunakan tentu saja biasanya meruapkan rempah-rempah.Rempah-rempah tersebut diolah sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit yang ada pada ikan mas.  Baca Resep Umpan Ikan Mas Pelet Wayang

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat alami adalah bawang putih. Bawang putih tersebut dapat digunakan sebagai antibakteri. Itulah salah satu dari banyak contoh obat-obatan alami yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit ikan mas. Demikian informasi yang bisa kami bagikan semoga bisa menambah wawasan bagi pembudidaya ikan mas.

Advertisements
8 Penyebab Ikan Mas Mati Mendadak di Kolam Dan Cara Mengatasi | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.