Pakan Tambahan Lele Sangkuriang Selain Pelet

Pakan tambahan lele sangkuriang selain pelet – Dalam budidaya ikan lele,jika hanya mengandalkan pakan pabrik berupa pelet,mungkin modal yang kita keluarkan juga akan semakin membengkak,bahkan tak jarang bayak petani yang rugi akibat pembelian pakan pelet dengan hasil yang akan di dapatkan..

Advertisements

Maka dari itu,banyak petani sekarang mulai banyak melakukan eksperimen dengan memberikan pakan tambahan yang mungkin akan mengurangi pembelian pakan utama berupa pelet buatan pabrik..

Banyak jenis pakan tambahan yang bisa kita berikan pada ikan lele,jenis-jenis pakan tambahan tersebut antara lain.

  1. Keong.
  2. Bekicot.
  3. ikan rucah.
  4. bangkai ayam.
  5. sosis.

Pakan tamabah bisa kita berikan pada lele yang telah mencapai dewasa,intinya pakan tambahan tersebut bisa kita berikan ketika lele akan mulai di panen,sekitar satu bulan sebelum lele penen.

Sangat tidak di sarankan pemberian pakan kita berikan pada bibit ikan lele,hal ini malah akan membuat pertumbuhan lele menjadi terhambat akibat pakan yang kita berikan kurang banyak mengandung nutrisi yang cukup sesuai kebutuhan lele sesuai umur..Pakan Tambahan Lele Sangkuriang Selain Pelet

Dari jenis pakan tambahan yang bisa kita berikan antara lain sebagai penjelasan di bawah.

Pakan Tambahan Bangkai Daging ayam.

Jenis pakan tambahan ini bisa menjadi salah satu pakan tambahan yang penting serta sangat di sukai oleh ikan lele.biasanya para juragan peternak ayam akan memiliki kolam kusus yang berisi lele jika ada ayam yang mati tinggal di berikan pada ikan lele tersebut..

Dalam tata cara pemberian bangkai ayam yang benar,Bangkai kita masak terlebih dahulu baru kita berikan pada ikan lele.bisa kita bakar dan juga bisa kita rebus..

Bal ini bertujuan untuk melemahkan atau membunuh bibit penyakit yang mungkin mengendap dalam bangkai ayam tersebut.buang seluruh bulu ayam dan cacah menjadi kecil-kecil untuk mempermudah lele memakan..

Bisa juga bangkai tersebut kita berikan secara utuh,akan tetapi,bangkai kita ikat supaya tulang bangki ayam tidak mengotori kolam dan bisa kita buang jika daging telah habis di santap lele.

Pakan tambahan Ikan Rucah.

Ikan rucah sendiri adalah jenis ikan yang memiliki bentuk ukuran sangat kecil.dan ikan ini tidak laku di pasaran,biasanya memang kusus untuk pakan unggas dan di jual secara terpisah di pasaran.

Tata cara pemberian ikan rucah pada lele sangkuriang hampir sma dengan bangkai daging ayam,yaitu ikan kita hancurkan atau giling.Memang,jenis ikan ini tidak banyak mengandung duri,akan tetapi,demi mempermudah lele makan,tak ada salahnya jika kita haluskan terlebih dahulu.

Banyak juga para peternak ikan lele sangkuriang yang mencampur ikan rucah dengan menggunakan bahan lainya,misal dedak halus atau jenis tepung lainnya yang memang sengaja bisa di buat untuk bahan pakan pelet.

Pakan tambahan keong mas.

Jenis pakan ini merupakan salah satu jenis hewan yang paling di benci oleh para petani,kusus petani padi karena mampu membuat tanamannya hancur tak tersisa.Pakan jenis keong mas untuk lele sangat bagus,sebab ia memiliki banyak kandungan protein yang sangat tinggi,bagus untuk pertumbuhan lele.

Tata cara pemberian pakan keong mas sendiri kita bisa merebusnya terlebih dahulu,setelah siap kita rebus sampai mendidih,kita bisa mengeluarkan daging keong dengan cara di cungkil.setelah daging bisa kita keluarkan dari cangkang,langsung bisa kita tebar untuk di berikan sebagai pakan tambahan lele sangkuriang..

Pakan tambahan Sosis .

Salah satu pakan tambahan ini juga paling bagus jika kita berikan pada ikan lele,sosis sendiri terbuat dari daging dengan campuran tepung,hampir sama dengan bahan yang bisa di gunakan untuk pembuatan pelet.bedanya,bahan yang di gunakan tergolong bahan yang lebih bagus,sebab sosis di konsumsi untuk manusia..

Sosis memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.akan tetapi,jika kita tinggal di pedesaan,untuk mendapatkan sosis yang telah kedaluarsa atau tidak layak bagi manusia akan sangat sulit,akan tetapi,jika kita tinggal di daerah kota yang dekat dengan pabrik sosis,mungkin akan sangat mudah kita dapatkan dengan mendatangi langsung pabrik tersebut..

Tata cara pemberian sosis bisa secara langsung kita tebarkan dalam kolam,bisa juga sosis kita rebus terlebih dahulu.saat kita tebarkan dalam kolam,sosis akan langsung tenggelam,maka kita akan kesulitan dalam mengontrol pakan tersebut sudah di makan apa belum oleh lele..

Maka jika ingin memberikan pakan tambahan berupa sosis,berikan secara berkala supaya sosis tidak mubazir yang mungkin tidak termakan oleh lele.bisa juga melihat respon lele ketikan kita lemparkan sosis tersebut..salam..

Pakan Tambahan Lele Sangkuriang Selain Pelet | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.