Cara Mengikat Tali Pancing Bercabang Lebih Dari 2 (PENTING)

Cara mengikat tali pancing bercabang lebih dari 2 biasa dilakukan oleh pemancing agar kemungkinan ikan menyambar lebih besar.

Cara ini memang terbilang cukup efektif. Mengikat tali pancing ini dimulai dengan membuat cabang 2 atau T, yaitu sebagai berikut:

Cara Mengikat Tali Pancing Bercabang Lebih Dari 2 (PENTING)

Advertisements
  1. Siapkan tali pancing dengan panjang sesuai dengan keinginan atau kurang lebih 50 cm.
  2. Masukkan tali pancing ke dalam lubang kili-kili setelah itu masukkan kembali ujung tali pancing ke dalam kili-kili tersebut dengan arah yang sama.
  3. Pegang kili-kili dengan jari telunjuk dan jempol dan tangan yang satu menarik tali pancing sampai membentuk lingkaran kecil dengan ukuran sekitar 0,5 cm lalu dilipat.
  4. Lingkaran yang sudah terlipat tadi kemudian ujungnya dililit dengan dua tali pancing yang tersisa secara bergantian sebanyak 6 kali.
  5. Masukkan kembali satu tali pancing yang tersisa ke dalam lubang lingkaran lalu tarik kuat sampai lingkaran yang tersisa tadi menjadi satu lilitan.
  6. Akan tersisa dua tali pancing yang dibuat sebuah silangan dengan menggunakan jari telunjuk yang membentuk silangan lingkaran besar.
  7. Kedua silangan tersebut diletakkan di satu jari tangan kanan dan yang satunya di jari tangan kiri.
  8. Lalu tali pancing yang berada di tangan kanan akan dililitkan pada tali pancing yang berada di sebelah kiri dengan arah lilitan yang sama sebanyak 15-20 kali.
  9. Terdapat sisa lubang di antara lilitan tadi yang kemudian dimasukkan kili-kili yang kemudian ditarik sampai rapat dan rapi. Pada tahap ini tali pancing masih bercabang 2 atau membentuk seperti huruf T.

Cara mengikat tali pancing bercabang lebih dari 2 misal 3 maka dilanjutkan dengan menggunakan tali pancing yang panjang kemudian ditekuk dan dibuat simpul sebanyak 6 kali.Baca Cara Casting Gabus di Sungai

Advertisements

Proses berikutnya yaitu rapatkan simpul tersebut lalu potong tali pancing dengan panjang yang sama. Lanjut dengan mengulangi proses pada nomor 6-9 sehingga membentuk cabang 3.

Untuk membuat cabang 4-5 maka menggunakan tali pancing yang lebih panjang dan mulai dengan mengikuti cara pada nomor 10-11.

Dalam tahapan nomor 9 yang perlu diperhatikan adalah menarik kedua tali pancing yang tersisa dengan kili-kili yang berada di antara lilitan kedua tali pancing tersebut.

Agar ikatan tali dapat menjadi rapat maka pertama, pegang bagian tengah yang terdapat kili-kili dengan jari telunjuk dan jempol tangan.

Kedua, tarik searah satu tali pancing sampai ujung. Ketiga, lanjut tarik tali pancing berikutnya sampai ujung juga. Hasilnya lilitan pada tali pancing akan rapat sekali dan rapi.

Berdasarkan cara mengikat tali pancing bercabang lebih dari 2 terdapat keunggulan yang dimiliki. Keunggulan dari menggunakan tali pancing bercabang lebih dari 2 pastinya adalah lebih kuat dan dapat memancing lebih banyak ikan sekaligus. Baca Mancing Casting Gabus di Rawa

Selain itu, juga lebih menghemat waktu karena ketika memancing dapat langsung mengumpan ikan lebih dari 2.

Advertisements
Cara Mengikat Tali Pancing Bercabang Lebih Dari 2 (PENTING) | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.