Cara Casting Gabus di Sungai Panduan Pemula (Buktikan)

Cara Casting Gabus di Sungai – Memancing merupakan hobi yang menyenangkan sekaligus menantang bagi sebagian orang.

Hal itu karena, memancing melibatkan banyak hal, mulai dari kesabaran, kejelian, kewaspadaan, keuletan, dan pantang menyerah.

Para professional umumnya telah paham betul teknik memancing. Teknik memancing yang umum digunakan seperti teknik jigging, teknik spinning, teknik casting, dan teknik trolling.

Advertisements

Bagi para pemula, teknik-teknik ini tentu sangat asing di telinga. Jangankan mengerti cara casting gabus di sungai panduan pemula, jenis-jenis umpan pun belum tentu diketahui.

Cara Casting Gabus di Sungai

Cara Casting Gabus di Sungai Panduan Pemula (Buktikan)

Bagi para pemula, memancing sekilas menjadi hal yang sulit. Ada banyak hal yang harus dipelajari, mulai dari teknik, karakter sungai, karakter ikan, jenis joran, waktu terbaik dalam memancing, dan lain sebagainya.

Bila anda berniat untuk memancing gabus dengan teknik casting, kini anda tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa rangkuman cara casting gabus di sungai panduan pemula.

  1. Carilah spot yang berpotensi

Beberapa spesies ikan memiliki habitat masing-masing. Hampir tidak mungkin semua spesies ikan berkumpul dalam satu habitat. Misalnya ikan gabus.

Ikan gabus merupakan jenis ikan yang sangat suka berdiam di rawa-rawa, danau, sungai, dan lainnya. Rawa dengan tumbuhan enceng gondok, kangkung.

  1. Pilihlah waktu terbaik

Waktu terbaik bagi anda untuk memancing ikan gabus yaitu di waktu pagi dan sore hari. Pada pagi hari, sekitar jam 05.30 sampai jam 07.00 adalah waktu terbaik.

Advertisements

Ikan gabus biasanya mencari makan pada jam-jam tersebut. Anda tentu dapat melakukannya selain di jam-jam itu. Namun, potensi untuk mendapatkan ikan gabus sangat minim.

Sebab, persebaran ikan gabus selain jam itu tidak dapat dipastikan. Pada sore hari, waktu terbaik adalah jam 15.30 sampai jam 17.30. Baca Joran Buat Casting Gabus Paling Mantap

  1. Siapkan peralatan

Pilihlah baitcasting dengan reel ukuran 100-200, agar tidak terlalu lama mengulur lure. Gunakan senar yang sedikit besar untuk menyelamatkan dari sangkutan tumbuhan yang ada di air.

Anda dapat menggunakan senar multifilament atau PE dengan ukuran PE 1 atau 2. Pilihlah joran sesuai dengan kondisi sungai. Gunakan juga lure yang sesuai dengan spot yang dituju.

  1. Gunakan teknik melempar yang baik

Setiap lemparan yang anda lakukan menentukan jumlah ikan gabus yang terperangkap pada keranjang hasil pancingan anda.

Lemparkan lure tepat pada pinggiran sungai. Lempar pada titik yang paling dekat dengan tumbuhan air. Jangan lemparkan tepat pada titik ikan gabus berada, lemparlah sejauh 1 meter dari jarak ikan gabus.

  1. Terapkan teknik gulung yang baik

Pada lemparan pertama, gulunglah dengan kecepatan pelan. Lemparan selanjutnya, gulung dengan kecepatan sedang, sebab biasanya gabus mulai melirik umpan dan mulai bersiap menyambar. Lemparan berikutnya, lakukan gulungan dengan kecepatan tinggi.

Itu tadi beberapa cara casting gabus di sungai panduan pemula. Memancing sekilas terlihat simpel, namun ternyata ada banyak hal yang perlu dipelajari.

Selain faktor kesabaran dan sifat pantang menyerah, pemilihan peralatan yang baik juga turut menunjang keberhasilan aktivitas memancing anda.  Baca Casting Gabus Fish Wild

Softfrog yang tidak berkualitas, terburu-buru, dan drag yang terlalu tinggi menyebabkan kegagalan anda dalam memancing.

Advertisements
Cara Casting Gabus di Sungai Panduan Pemula (Buktikan) | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.