Cara Menebar Benih Ikan Lele Di Kolam

Cara menebar benih ikan lele di kolam – Bagi para peternak ikan lele kususnya pemula,waktu dan cara penebaran benih lele juga akan menentukan kualitas produksi bagi ikan lele tersebut.selain mampu meningkatkan produksi,penebaran juga akan berefek bagi pertumbuhan serta hama dan penyakit nantinya..

Maka dari itu,ilmu serta teknik menebar ikan lele dalam kolam juga wajib anda pelajari metodenya..Benih yang bagus,adalah benih yang memiliki ukuran yang sama,jika ukuran bentuk berbeda,besar-kecil,pertumbuhan nantinya juga kurang baik,terutama bagi yang kecil akan kalah dengan yang besar,terutama soal pakan..

Selain itu,jika menebar benih yang lain ukuran akan berpotensi saling memakan,yang besar makan yang kecil jika pakan yang kita berikan sampai kekurangan atau benih sedang mengalami stres..jadi benih yang paling ideal memiliki ukuran yang sama dalam satu kolam sebelum kita tebarkan..

Cara Menebar Benih Ikan Lele Di Kolam

Foto By bengkeltip.wordpress.com

Ciri Benih Lele Berkualitas Bagus.

Benih lele yang bagus bisa di lihat dari ciri fisik.benih yang sehat tentunya benih yang memiliki gerak cepat,lincah serta ukuran bentuk tubuh yang lebih profesional,intinya bentuk benih lele seimbang antara kepala dan tubuhnya..

Advertisements

Benih lele tidak cacat dan memiliki bentuk kulit yang lebih mengkilat,bagian sungut tidak pucat,aktif.dalam pemilihan benih lele sehat yang penting.hal ini juga akan menentukan kualitas dari pada lele tersebut nantinya..

Waktu yang Tepat Menebar Benih lele.

Waktu yang paling tepat untuk menebar ikan lele dalam kolam adalah saat pagi hari atau sore hari.jangan di lakukan penebaran waktu siang hari.waktu siang hari,biasanya air kolam dalam kondisi panas,dan ini kurang bagus untuk pertama kali lele di tebarkan..ia belum bisa beradaptasi dengan air yang baru tersebut bahkan tak jarang akan membuat ia stres..

Lakukan penebaran secara hati-hati supaya benih lele tidak ada yang mengalami luka dan kaget akibat kurangnya kehati-hatian dalam melakukan penebaran.akan lebih bagus jika tempat benih ikan tersebut langsung anda masukan dalam kolam,supaya benih lele bisa mencari jalannya sendiri.cara ini akan mencegah lele dari stres.

Wadah yang anda gunakan sebaiknya juga dari bahan plastik yang lebih licin untuk memudahkan benih lele mudah untuk keluar dan mencari jalannya sendiri.bisa juga menggunakan baskom yang dari plastik atau jrigen berbahan plastik..

Dalam menebar benih lele juga perhatikan kepadatan dari pada luas kolam tersebut.biasanya untuk kolam ukuran 1 meter persegi mampu menampung hingga 100 ekor.jadi silahkan di kalikan sendiri dengan ukuran kolam yang akan anda gunakan..

Untuk benih lele 1000 ekor,akan membutuhkan ukuran kolam 10 meter persegi.jangan sampai melebihi yang telah di sebutkan di atas,hal ini untuk menjaga pertumbuhan lele supaya lebih cepat dan benih lele juga akan cepat besar jika kita bandingan dengan penebaran yang terlalu sempit dalam satu kolam…salam..

Advertisements
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.