Cara Membuat Umpan Tiruan Dari Plastik Untuk Semua ikan

Umpan Tiruan Dari Plastik –  Menggunakan umpan tiruan dianggap paling praktis dan efektif karena umpan tersebut akan tetap terjaga keadaannya, tidak mengalami pembusukan atau reaksi biologis lainnya. Umpan tiruan bisa dibuat dari berbagai bahan seperti karet, logam, kayu hingga umpan tiruan dari plastik.

Membuat Umpan Tiruan Udang

Umpan tiruan berbentuk udang dari plastik ini bisa digunakan untuk memancing di berbagai perairan, baik perairan tawar, payau maupun perairan yang asin sekalipun. Target utama penggunaan umpan ini adalah para ikan predator yang memangsa dan menyukai udang.

Untuk membuat umpan tiruan udang cukup mudah dan bahan yang digunakan sangat mudah untuk Anda dapatkan.

Cara Membuat Umpan Tiruan Dari Plastik Untuk Semua ikan

Bahan utama yang perlu Anda siapkan adalah plastik sedotan terutama sedotan yang bisa di bengkokkan dan peniti atau benda lain yang dapat digunakan sebagai mata udang nantinya. Alat bantu tambahan yang diperlukan yaitu gunting. Baca Beberapa Jenis Umpan Tiruan Ikan Air Tawar Sungai Murah Dan GALAK

Cara membuat umpan tiruan dari plastik ini yaitu :

Advertisements
  • Sedotan plastik yang telah disiapkan ditarik pada bagian yang bisa dibengkokkan sehingga memanjang kemudian pipihkan pada sisi yang memanjang dan guntinglah menjadi 2 bagian tapi tidak sama lebar. Kira-kira dibagi menjadi ¼ dan ¾ bagian.
  • Bagian yang lebih lebar kemudian dibagi menjadi 2 bagian dan masing-masing bagian diberi kode A dan B.
  • Bagian sedotan yang ¼ tadi akan dijadikan sebagai bagian punggung udang dan bakal bagian mulut udang. Sedangkan untuk bagian yang ¾ yang sudah dibagi menjadi bagian A dan B nantinya akan dijadikan badan dengan cara dianyam dan ujungnya dijadikan sebagai kakinya.
  • Untuk membuat anyaman, pertama-tama bagian A diambil lalu dibuat simpul hingga rapat dan kuat. Lakukan hal tersebut pada bagian berkode B. Jika semua bagian sudah kencang maka lipatlah menuju atas bagian A dan lipat lagi ke depan bagian A sehingga nantinya akan menjadi searah dengan bagian punggung udang.
  • Bentuklah dan buat lagi simpul dengan bagian A dan tarik simpul kuat-kuat hingga kencang dan rapat. Balikan sedotan tersebut dan lihatlah hasilnya.
  • Buatlah simpul menggunakan bagian B dengan melipatnya ke atas dan lipat lagi ke depan dengan sejajar pada punggung udang. Tarik simpul hingga kencang dan rapat.
  • Lakukanlah membuat simpul tersebut bergantian antara bagian yang A dan B hingga terbentuk tubuh udang yang sempurna.
  • Balik tubuh udang dan lakukan buka serta lipat bagian A juga B pada pangkal simpul menuju samping kanan kiri tubuh.
  • Potonglah helaian sisa A dan B dengan ukuran yang sama panjang menjadi masing-masing 5 helaian. Helaian tersebut lalu dibengkokkan dan dilipat sehingga terbentuk kaki yang tampak alami.
  • Bagian sedotan yang ada rigi-riginya di bengkokkan ke bawah lalu potong beberapa cm hingga tersisa 5 cm lalu dibelah menjadi 3 bagian kecil sehingga membentuk ekor udang.

Lihat Video di bawah

Baca Cara Membuat Umpan Tiruan Dari Bulu 10 Menit Saja

Itulah bagaimana cara membuat umpan tiruan dari plastik yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengurangi biaya operasional yang tinggi saat hendak memancing. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Advertisements
Cara Membuat Umpan Tiruan Dari Plastik Untuk Semua ikan | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.