Beberapa Aroma Kesukaan Ikan Mas Selain Menggunakan Esen

Ikan mas merupakan ikan yang sangat peka pada indra penciumannya. Ikan mas dapat merasakan bau yang larut di air dengan adanya sensor bulu yang ada pada lubang sekitar mata. Mengetahui fakta tersebut, memilih umpan yang mengandung aroma kesukaan ikan mas amat sangat penting bagi pemancing.

Selain memilih dengan menggunakan bahan aslinya, cara untuk membuat umpan memiliki aroma yang disukai ikan bisa dengan menambahkan penambah aroma atau esen.

Macam Bentuk Sumber Aroma Untuk Umpan

Beberapa Aroma Kesukaan Ikan Mas Selain Menggunakan Esen

Advertisements

Dengan memasang umpan yang memiliki aroma khusus akan lebih menarik ikan untuk datang mendekati umpan kita. Bahan aroma banyak sekali macamnya. Bahan aroma yang berbentuk padat biasanya merupakan bahan asli yang memiliki bau tersebut contohnya adalah udang, tongkol, dan tuna.Baca Posisi Ikan Mas Di Malam Hari

Untuk bahan aroma yang berbentuk serbuk contohnya adalah serbuk pala, serbuk kayu manis, dan serbuk vanili. Yang terakhir yaitu bahan aroma yang berbentuk cair contohnya adalah alkohol, minyak ikan, dan esen.

Esen merupakan salah satu penambah aroma yang dapat digunakan pada umpan ikan mas. Namun banyak orang yang melarang penggunaannya karena dianggap akan memberikan efek buruk pada ikan yang memakan umpan mengandung esen.

Hal tersebut didasari karena esen merupakan zat yang berasal dari bahan kimia. Karena masalah tersebut pemancing mulai mencari bahan penambah aroma kesukaan ikan mas untuk umpan ikan mas selain menggunakan esen.

Advertisements

Mengenal Macam-Macam Aroma Yang Disukai Ikan

Selain menggunakan esen pemancing juga dapat memberikan menambah aroma dengan mencampur bahan yang akan digunakan sebagai umpan dengan bahan sumber aroma asli. Berikut aroma yang disukai ikan dan sumber bahan asal aromanya. baca Umpan Dan Kebiasaan Ikan Mas

  • Aroma amis.

Aroma amis dapat didapatkan dengan menggunakan: ikan tuna kaleng, udang, daging belut, dan lain-lain.

  • Aroma gurih.

Aroma gurih dapat didapatkan dengan menggunakan: susu, telur, keju, santan, dan lain-lain.

  • Aroma wangi.

Aroma wangi bisa didapatkan dengan menggunakan: pisang, apel, durian, nangka, dan lain-lain.

  • Aroma asem.

Aroma asem dapat didapatkan dengan menggunakan: nanas, mangga, kweni, dan lain-lain.

Pemilihan Aroma Yang Baik

Dengan menggunakan aroma asli dari sumber yang alami maka aroma dari umpan akan lebih awet. Selain itu kualitas dari umpan juga akan terjaga.

Kita dapat mengatur umpan yang akan dibuat dengan cara menggabungkan berbagai macam sumber aroma sehingga dapat menghasilkan umpan dengan aroma yang diinginkan. Saya akan memberikan saran dalam memilih membuat umpan yang memiliki aroma kesukaan ikan mas seperti berikut.

Karena ikan mas merupakan ikan yang bisa memakan hewan lain, maka aroma amis dari sumber hewani akan dibutuhkan dalam pembuatan umpan. Selain itu ikan juga memerlukan karbohidrat, ini akan didapat dari bahan dengan aroma wangi. Baca Karakter Ikan Mas Di Empang

Sedangkan ikan akan cenderung memilih umpan yang gurih sehingga rasa gurih juga diperlukan. Intinya adalah gabungkanlah bermacam-macam bahan menjadi umpan dengan komposisi yang tepat. Ketepatan akan terasah dari pengalaman.

Advertisements
Beberapa Aroma Kesukaan Ikan Mas Selain Menggunakan Esen | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.