Cara Membuat Essen Khusus Ikan Tawes Paling Jitu

Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat essen yang bisa digunakan untuk memancing ikan tawes. Essen sendiri merupakan bahan pelengkap untuk umpan memancing agar ikan lebih tergoda untuk langsung menyambar umpan yang Anda lemparkan melalui aromanya yang menyengat.

Essen bisa digunakan untuk memancing di air tawar dengan ditambahkan berbagai bahan racikan lainnya yang bisa Anda modifikasi sendiri.

Cara Membuat Essen Sendiri

Walaupun banyak sekali yang menjual essen untuk memancing tetapi apa salahnya jika Anda membuatnya sendiri karena lebih ramah lingkungan dan juga murah.

Advertisements

Cara Membuat Essen Khusus Ikan Tawes Paling Jitu

Bahkan essen racikan sendiri justru lebih ampuh untuk memancing ketimbang essen buatan pabrik. Oleh karena itu, simak cara membuat essen sendiri berikut ini. Baca Umpan Mancing Wader Merah

  1. Dengan Bahan Buah-Buahan

Cara membuat essen menggunakan bahan buah-buahan ini terbilang cukup mudah, Anda pun bisa menggunakan jenis buah-buahan seperti nangka, mangga, durian, dan lain-lain. Yang harus Anda lakukan adalah dengan mengambil sari buah tersebut, caranya adalah dengan menghaluskan buah untuk kemudian diperas.

Anda dapat memerasnya dengan menggunakan saringan untuk diambil airnya saja, barulah setelah itu dicampurkan ke dalam umpan racikan yang sudah Anda buat.

Advertisements
  1. Dengan Bahan Daun Pandan

Daun pandan merupakan daun yang memiliki aroma khas wangi yang menyengat dan tentu saja sangat cocok digunakan sebagai bahan essen yang bisa digunakan untuk memancing.

Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun untuk kemudian dicuci hingga bersih. Tumbuklah daun pandan sampai mengeluarkan air, setelah itu barulah bisa Anda campurkan ke racikan umpan Anda.

  1. Dengan Minuman Instan

Minuman instan dalam gelas yang memiliki rasa buah dan mudah Anda temukan di warung dengan harga 1000 rupiah juga bisa digunakan sebagai essen. Tetapi dalam hal ini, Anda harus menghindari minuman instan yang memiliki kandungan soda karena tidak efektif.

Cara membuat minuman instan sebagai essen juga sangat mudah yaitu hanya tinggal mencampurkannya ke dalam umpan racikan Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal maka sebaiknya pilih minuman dengan aroma rasa yang menyengat seperti durian, sirsak dan nanas.

  1. Dengan Garam Dan Vanili

Mungkin bagi Anda sedikit aneh jika garam digunakan sebagai bahan campuran pengganti essen, tetapi pada kenyataannya garam sudah terbukti ampuh sebagai campuran racikan umpan.

Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu Anda bisa mencampurkan garam ke dalam lumut yang lembut. Untuk hasil yang lebih efektif maka sebaiknya Anda mencampurkan pula vanili sehingga akan mengeluarkan aroma yang lebih kuat lagi. Baca Aroma Umpan Yang Disukai Ikan Tawes

Bagaimana? sangat mudah dan murah bukan cara membuat essen sendiri yang bisa Anda gunakan sebagai tambahan umpan racikan Anda.

Efektivitasnya pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Nah, demikian artikel tentang cara untuk membuat essen sendiri yang bisa digunakan untuk memancing ikan tawes. Semoga bermanfaat.

Advertisements
Cara Membuat Essen Khusus Ikan Tawes Paling Jitu | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.