6 Aroma Umpan yang Disukai Ikan Mas Babon

Posted on

Ikan mas babon adalah salah satu jenis ikan yang banyak dicari oleh para pemancing. Ikan ini memiliki ukuran yang besar dan daging yang lezat.

Namun, untuk mendapatkan ikan mas babon, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pemancing harus menggunakan umpan yang tepat agar ikan mas babon tertarik dan mau memakan umpan.

Salah satu faktor penting dalam memilih umpan adalah aroma. Aroma umpan dapat menarik perhatian ikan mas babon dan membuatnya mendekati umpan.

Tidak semua aroma umpan disukai oleh ikan mas babon. Ada beberapa aroma umpan yang lebih disukai oleh ikan mas babon daripada aroma lainnya.

Apa saja racikan umpan ikan mas?

Ada banyak jenis umpan ikan mas yang bisa digunakan, baik yang alami maupun yang buatan. Berikut adalah beberapa contoh racikan umpan ikan mas yang bisa kamu coba:

6 Aroma Umpan yang Disukai Ikan Mas Babon

Umpan pelet juara:

Umpan ini cocok untuk memancing ikan mas di kolam buatan. Bahan-bahannya adalah irisan ikan pindang atau tongkol, pelet ikan, kroto, dan biskuit Nissin Crackers rasa keju.

Cara membuatnya adalah dengan merendam irisan ikan pindang atau tongkol dengan air panas, lalu mencampurnya dengan pelet dan biskuit yang sudah dihancurkan. Saat akan digunakan, cocol umpan ini pada kroto agar lebih menarik perhatian ikan mas.

Umpan sarden susu:

Umpan ini cocok untuk memancing ikan mas di habitat aslinya. Bahan-bahannya adalah ikan sarden kalengan, putih telur, kroto, susu dancow putih, santan kara, dan daun pandan.

Baca juga : Cara Mancing Kakap Putih di Siang Hari Cukup Sediakan Ini

Cara membuatnya adalah dengan mencampur semua bahan kecuali sarden, lalu mengukusnya selama 15 menit. Setelah dingin, campur adonan dengan sarden kalengan hingga rata.

Umpan ulat daun:

Umpan ini mudah ditemukan di taman atau pepohonan. Ulat daun memiliki aroma yang disukai oleh ikan mas.

Kamu bisa menggunakan ulat daun hidup atau mati sebagai umpan. Jika menggunakan ulat daun mati, kamu bisa mencampurnya dengan tepung atau pelet agar lebih padat.

Umpan biji nangka:

Umpan ini terbuat dari biji nangka yang sudah dikupas dan direbus hingga empuk. Biji nangka memiliki aroma yang manis dan gurih yang bisa memikat ikan mas. Kamu bisa mencampur biji nangka dengan tepung atau pelet agar lebih mudah dibentuk menjadi bulatan kecil.

Umpan ayam:

Umpan ini terbuat dari daging ayam yang sudah direbus dan dicincang halus. Daging ayam memiliki protein yang tinggi yang baik untuk pertumbuhan ikan mas. Kamu bisa mencampur daging ayam dengan tepung atau pelet agar lebih padat dan awet.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aroma umpan yang disukai ikan mas babon:

Aroma Umpan yang Disukai Ikan Mas Babon

Buah-buahan adalah salah satu aroma umpan yang disukai ikan mas babon. Essen buah-buahan memiliki aroma yang menyegarkan dan mampu menyebar ke seluruh permukaan air.

Baca juga : Cara Mancing Kakap Putih di Siang Hari Cukup Sediakan Ini

Dengan begitu, ikan mas babon akan tertarik untuk mencari sumber aroma tersebut dan menemukan umpan.

Beberapa contoh buah-buahan yang bisa digunakan sebagai aroma umpan adalah pisang, apel, jeruk, dan nanas.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan buah-buahan tersebut dan mencampurnya dengan tepung atau pelet. Kemudian, bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan siap digunakan sebagai umpan.

Aroma Umpan Jagung Bakar

Jagung bakar adalah aroma umpan yang disukai ikan mas babon selanjutnya. Jagung bakar memiliki aroma yang khas dan gurih, sehingga bisa menarik selera ikan mas babon. Selain itu, jagung bakar juga mengandung karbohidrat yang bisa memberikan energi bagi ikan.

Untuk membuat aroma umpan jagung bakar, kamu bisa membakar jagung sendiri di atas bara api sampai berwarna kecoklatan.

Kemudian, pipil jagung dari kulitnya dan campur dengan tepung atau pelet. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan siap digunakan sebagai umpan.

Aroma Umpan Melati

Melati adalah bunga yang memiliki aroma yang wangi dan menyenangkan. Aroma ini juga disukai oleh ikan mas babon, karena bisa membuatnya rileks dan tenang.

Essen melati bisa dibeli di toko pakan ikan atau dibuat sendiri dengan cara merebus bunga melati dalam air sampai mendidih.

Baca juga : Cara Mencari Spot Mancing di Pinggir Laut untuk Hasil Terbaik

Setelah itu, saring air rebusan bunga melati dan campur dengan tepung atau pelet. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan siap digunakan sebagai umpan.

Jangan lupa untuk memberikan takaran essen melati yang sesuai, karena jika terlalu banyak bisa membuat ikan mas babon malas makan.

Aroma Umpan Udang

Udang adalah salah satu pakan alami bagi ikan mas babon. Memiliki aroma yang khas dan lezat, sehingga bisa membuat ikan mas babon lapar dan ingin memakannya. Juga mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan ikan.

Untuk membuat aroma umpan udang, kamu bisa menggunakan udang segar atau udang kering. Jika menggunakan udang segar, kamu bisa menghaluskan udang bersama kulitnya dan mencampurnya dengan tepung atau pelet.

Jika menggunakan udang kering, kamu bisa merendamnya dalam air hangat terlebih dahulu, kemudian menghaluskan dan mencampurnya dengan tepung atau pelet.

Aroma Umpan Serai

Serai adalah tanaman yang memiliki aroma yang segar dan menyengat. Aroma ini juga disukai oleh ikan mas babon, karena bisa merangsang indera penciumannya.

Baca juga : Umpan Mancing Ikan Wader di Air Jernih Agar Dapat Banyak

Essen serai bisa dibeli di toko pakan ikan atau dibuat sendiri dengan cara merebus batang serai dalam air sampai mendidih.

Setelah itu, saring air rebusan serai dan campur dengan tepung atau pelet. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan siap digunakan sebagai umpan.

Kamu juga bisa menambahkan aroma lain seperti sersak, udang, atau bulus untuk membuat aroma umpan lebih bervariasi.

Leave a Reply