Pendederan Padat Tebar Gurami Di Kolam Terpal

Pendederan Padat Tebar Gurami Di Kolam Terpal – Apa itu pendederan? Pendederan merupakan suatu proses budidaya pembenihan ikan gurami untuk mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan. Tidak hanya ikan gurami saja, tetapi jenis ikan lainnya juga bisa. Namun yang kali ini kita bahas hanyalah ikan gurami.

Berbicara mengenai pendederan benih ikan gurami, pendederan dapat dilakukan dengan memilih dua tempat. Apakah di dalam akuarium atau di dalam kolam.

Pada umumnya, para pembudidaya lebih sering menggunakan kolam dibandingkan akuarium, karena dinilai lebih efektif dan harganya juga lebih terjangkau.

Advertisements

Karena kebanyakan pembudidaya ikan gurami menggunakan teknik pendederan benih di dalam kolam, untuk itu kita hanya akan membahas tentang pendederan benih di dalam kolam saja.baca Cara Budidaya Pembenihan Ikan Gurami Di Segala Lokasi

Keuntungan yang bisa kita ambil jika kita mendederkan ikan gurami di dalam kolam adalah jika dilihat secara teknis lebih sederhana karena barang atau hal-hal yang berkaitan dengan pendederan di dalam kolam tidak terlalu rumit atau tidak terlalu banyak dibutuhkan.

Pendederan Padat Tebar Gurami Di Kolam Terpal

Pendederan Padat Tebar Gurami Di Kolam Terpal

Selain itu, pendederan di dalam kolam juga dapat menghemat biaya yang kita punya. Di dalam mendederkan ikan gurami di dalam kolam, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Dan beberapa hal tersebut diantaranya.

Advertisements
  • Pembuatan Kolam Pendederan

Satu minggu sebelum benih dipindahkan ke dalam kolam pendederan, kolam pendederan ini harus sudah ada. Usahakan kolam tetap terbuat dari tanah agar tampak alami. Namun dibagian pematang harus diberikan semen tujuannya agar tanah tidak mudah turun ke bawah akibat air kolam.Simak Peralatan Sebelum Pembenihan,Pembibitan Ikan Gurami

Saat ini, para pembudidaya sudah meninggalkan teknik pendederan dengan menggunakan kolam tanah. Para pembudidaya lebih memilih untuk menggunakan kolam terpal karena dianggap lebih efektif dan harganya pun terjangkau.

Apabila telah dibuat kolam yang sesuai, selanjutnya kolam tersebut dikurang dan dibiarkan selama beberapa hari. Sebelum dimasukkan, terbarkan pakan alami berupa kotoran ayam agar nantinya benih gurami dapat memakan pakan alami tersebut.

  • Menebarkan Benih

Benih dapat diterbarkan setelah memakan makanan alami berupa kotoran ayam, selanjutnya dapat dimasukkan ke dalam kolam dengan jumlah benih yang lebih sedikit dibadingkan dengan akuarium yang menampung benih baru beterlur.

Pendederan yang dilakukan dari akuarium ke dalam kolam tidak boleh sembarangan. Pendederan ini dilakukan sebanyak beberapa tahap barulah berhasil.Baca juga Mengenal Jenis Ikan Gurami Serta kelebihan Dalam Budidaya

Tahap yang pertama adalah membiasakan benih gurami tinggal di dalam air kolam. Bagaimanakah caranya? Caranya adalah dengan membiasakan agar gurami tinggal di dalam air kolam karena nantinya benih juga akan tinggal di dalam kolam.

  • Pemeliharaan

Pemeliharaa merupakan hal yang perlu dilakukan karena menyangkut buruk atau tidaknya benih yang akan kita hasilkan nantinya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam memelihara benih ikan gurami yang ada di dalam kolam, diantaranya membersihkan kolam,  memastikan bahwa pakan tersedia selalu, dan beberapa hal lainnya yang dilakukan untuk merawat ikan atau benih maupun kolam yang digunakan.

Pendederan Padat Tebar Gurami Di Kolam Terpal | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.