Cara Pembibitan Ikan Lele Sangkuriang

Cara pembibitan ikan lele sangkuriang – Pada dasarnya untuk melakukan usaha budidaya ikan lele,di kenal ada beberapa cara,yaitu dengan metode pembesaran dan pembibitan.kedua usaha ini jika kita tekuni juga bisa untuk menunjang prospek dan menambah penghasilan kita..

Benih ikan lele sangkuriang yang di perjual belikan di pasar,biasanya memiliki ukuran panjang mencapai 4-6 cm.itulah ukuran benih ikan lele yang cukup bagus untuk kita budidayakan baik menggunakan kolam terpal,tanah dan kolam batu..

Benih ikan lele untuk mencapai masa penjualan atau ikan lele bisa di panen bisa mencampai umur 2 bulanan,tergantung dari pemeliharaan serta pakan yang kita berikan,Pakan yang lebih berkualitas akan cepat membuat benih ikan lele tersebut cepat besar..Cara Pembibitan Ikan Lele Sangkuriang

Metode Pembenihan Ikan lele.

Jika kita melihat tata cara pembesaran yang lebih membutuhkan lahan yang sedikit,berbeda dengan cara pembenihan ikan lele sangkuriang ini.Proses pembenihan lebih membutuhkan banyak tempat,sebab lain kolam lain pula kegunaanya,misal kolam kusus untuk pemijahan,kolam untuk pemeliharaan larva dan kolam untuk untuk penetasan..

Untuk membuat kolam baik pemijahan,pembesaran larva dan kolam penetasan,silahkan di sesuaikan dengan ukuran lahan serta jumlah benih ikan lele sangkuriang tersebut.semakin banyak benih ikan yang anda pelihara,mak semikin luas pula lahan kolam yang anda butuhkan..

Setelah induk ikan lele di lakukan pemijahan,maka dari itu,sebelum memulai pembibitan benih ikan lele sangkuriang,petani wajib memiliki induk lele yang berkualitas unggul..

Sebab,induk nantinya akan berperan penting dalam menghasilkan bibit yang lebih berkualitas,bagus dan besar.

Advertisements

Memilih Induk Lele Sangkuriang bagus.

Tak semudah membelikan telapak tangan untuk mendapatkan induk ikan lele sangkuriang yang berkualitas unggul.sebab ikan jenis ini tergolong ikan yang langka dan masih sedikit para petani yang membudidayakan.

Nah,setelah induk lele sangkuriang tersebut sudah anda dapatkan,maka langkah selanjutnya dengan memelihara kedua induk tersebut dalam kolam pemeliharaan.dalam kolam pemeliharaan inilah nantinya kedua induk lele sangkuriang ini akan mematangkan sel telur dan juga spermanya..

Perlu di ingat juga,dalam kolam pemeliharaan induk ini,yang paling bagus kolam baik terpal,batu dan kolam tanah memiliki kedalaman 150 cm.air yang anda gunakan juga harus air yang benar-benar bersih,bening serta air terbebas dari berbagai zat kimia yang bisa menyebabkan efek negatif bagi sang induk..

Pakan Bakal Calon Induk Ikan Lele.

Pakan yang kita berikan untuk tahap masa awal pembibitan ini juga akan mempengaruhi kualitas dan tingkat reproduksi induk lele tersebut nantinya.maka dari itu,sangat di sarankan menggunakan pakan yang banyak mengandung protein cukup tinggi.

Pakan yang bisa anda berikan bisa pakan buatan pabrik,seperti pakan pelet.akan lebih bagus jika anda di rumah menggunakan pakan pelet yang terapung jika hanya memelihara satu atau dua indukan saja..akan tetapi jika indukan yang akan anda pijah banyak,maka bisa menggunakan pakan pelet yang tenggelam..

Tata cara pemberian pakan sendiri bisa nada berikan pada malam hari,sekitar pukul tuju malam,jangan pernah membatasi pakan yang kita berikan,berikan pakan hingga benar-benar induk ikan lele tersebut kenyang..Yang perlu anda ketahui juga,pemberian pakan cukup di berikan satu kali saja..

Pemberian Pakan Tambahan Induk Ikan lele.

Anda juga bisa memberikan pakan tambahan yang isa berupa bangkai ayam yang tata cara pemberianya,bangkai ayam atau jeroan ayam tersebut anda rebus hingga masak terlebih dahulu baru kita berikan pada induk ikan lele.

Tidak perlu kita berikan pakan tambahan tersebut setiap hari,bisa anda berikan pakan tambahan cukup satu minggu sekali atau bisa juga 10 hari sekali saja…salam..

Advertisements
Cara Pembibitan Ikan Lele Sangkuriang | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.