Cara Mancing Dasaran di Laut Segala Cuaca 2018 (Pengalaman Sendiri)

Mancing Dasaran di Laut – Mancing dasaran adalah salah satu cara memancing, yaitu cara memancing dengan cara melempar atau menurunkan umpan sampai di dasar air, baik itu menggunakan bandul ataupun pemberat atau tanpa pemberat sama sekali, selama air tidak berarus.

Cara mancing dasaran di laut dapat Anda lakukan di berbagai tempat, yaitu di pantai (pasiran), bukit atau tebing di tepi pantai (karangan), dermaga, pemecah ombak atau juga dari atas kapal di tengah laut.

Cara mancing dasaran di laut ini digunakan untuk memancing ikan-ikan yang cenderung berada di dasar air, seperti ikan kampur, ikan kerapu, ikan kakap dan lainnya.

Advertisements

Cara memancing ini bisa menjadi alternatif, jika spot yang tidak memungkinkan untuk menggunakan cara memancing lainnya.

Misalnya mancing pasiran, karena ombak pantai selatan yang besar, cara ini merupakan cara yang sering digunakan oleh para pemancing pemula atau para pemancing tradisional.

Cara Mancing Dasaran di Laut Segala Cuaca (Pengalaman Sendiri)

Teknik Jitu Mancing Dasaran di Laut

Ada cara mancing dasaran di laut dengan benar, agar Anda bisa mendapatkan ikan yang Anda inginkan secara cepat, antara lain: Baca Merebus Senar Pancing Agar Kuat

Advertisements
  1. Siapkan peralatannya:
  • Joran yang biasa digunakan adalah joran yang memiliki panjang 2 – 4,5 m, dan disarankan untuk menyiapkan joran tipe patahan daripada tipe teleskopik dan atau antena.
  • Reel yang umum digunakan adalah ukuran 3000 – 12.000
  • Gunakan senar monoline jangan senar PE, mengapa? Karena senar PE mudah rusak jika bergesekan dengan pasir dan juga mudah terbawa angin dan arus. Maka, disarankan untuk menggunakan senar monoline berukuran 0,30 mm, cukup kuat untuk untuk menarik ikan bobot 2 kg.
  • Gunakan pemberat ukuran 60 – 200 gram, tergantung kondisi angin dan arus.
  • Gunakan kail berukuran 3 – 5 untuk memancing ikan yang kecil dan gunakan kail berukuran 6 – 10 untuk memancing ikan dengan ukuran yang jumbo.
  1. Siapkan rangkaiannya.

Ada 2 macam rangkaian, yaitu :

  • Rangkaian Renteng ( untuk target ikan kecil )

Gunakan swivel tiap rentengnya, hal ini bertujuan agar meminimalisir line kusut atau menyangkut dengan senar utama atau kail yang lainnya. Disarankan hanya menggunakan 2 mata kail saja. Baca Mengikat Tali Pancing Bercabang

  • Rangkaian Engkel

Pasang kail tambahan diikat dengan simpul atau hanya ditahan oleh karet stoper.

  1. Siapkan umpan.

Umpan yang biasa digunakan adalah undur – undur pantai, cumi-cumi, sayatan ikan kembung, tongkol dan udang.

  1. Tentukan lokasi untuk memancing.

Hal terakhir ini sangat penting, karena akan menghasilkan ikan apa yang akan didapatkan. Cari daerah cekungan di sekitar pantai.

Cekungan adalah pasir di laut / pantai yang terkikis secara alami karena arus dan ombak pantai.

  1. Memulai memancing.

Lempar umpan + kail sejauh-jauhnya ke arah laut lepas. Biasanya ikan kecil berada di 10 – 20 meter lepas pantai.

Beberapa cara mancing dasaran di laut tersebut dapat Anda praktekkan dengan mudah. Tidak memerlukan biaya yang banyak untuk mendapatkan peralatan-peralatan pancingnya. Baca Simpul Tali Pancing Bercabang

Sangat disarankan bagi Anda para pemancing pemula yang belum terlalu paham bagaimana cara memancing dengan benar.

Advertisements
Cara Mancing Dasaran di Laut Segala Cuaca 2018 (Pengalaman Sendiri) | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.