Waktu Terbaik Menebarkan Bibit Lele Sangkuriang Ke Kolam

Waktu Terbaik Menebarkan Bibit Lele Sangkuriang Ke Kolam – Lele sangkuriang merupakan lele yang saat ini sudah banyak yang membudidayakannya.

Advertisements

Pasar sangat membutuhkan bibit lele sangkuriang lebih banyak lagi karena permintaan akan lele sangkuriang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kesempatan ini dapat Anda ambil untuk masuk ke dunia bisnis budidaya lele sangkuriang.

Ketika membudidayakan lele sangkuriang, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, dan salah satunya adalah benih.

Di dalam membudidayakan lele sangkuriang, benih memang menjadi prioritas utama untuk menghasilkan lele sangkuriang yang berkualitas. Bibit yang ditebarkan juga akan menentukan produksi lele sangkuriang.

Waktu Terbaik Menebarkan Bibit Lele Sangkuriang Ke Kolam

Waktu Terbaik Menebarkan Bibit Lele Sangkuriang Ke Kolam

Untuk dapat dikatakan sebagai Bibit berkualitas, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh benih lele sangkuriang.Simak juga Pakan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri Bibit Dewasa Cepat Besar

Diantaranya seperti pertumbuhan lele sangkuriang yang baik, mutu benih lele sangkuriang yang bermutu baik, dan yang terakhir adalah lele sangkuriang tidak mudah terserang penyakit.

Benih juga harus seragam. Bibit yang seragam akan mengurangi efek kanibalisme. Lele sangkuriang termasuk lele pemakan sesama atau yang biasa disebut kanibalisme. Untuk itulah, benih harus seragam untuk mengurangi kanibalisme.

Advertisements

Ketika memilih lele sangkuriang, Anda dituntut untuk lebih jeli lagi. Karena antara lele sangkuriang yang berkualitas dengan lele yang tidak berkualitas hampir mirip. Untuk membedakan antara lele sangkuriang yang berkualitas dengan lele sangkuriang yang tidak berkualitas dapat dilihat dari fisiknya.Tulisan terkait Tahap Penyortiran Lele Menyeragamkan Ukuran Benih

Untuk Bibit lele sangkuriang yang berkualitas, ciri-ciri fisiknya adalah tubuhnya yang proporsional. Tubuh yang proporsional ini maksudnya adalah ukuran kepala dan tubuhnya seimbang. Jadi, antara kepala dan tubuh lele tersebut tidak ada yang terlalu kebesaran dan tidak ada pula yang terlalu kecil.

Tidak hanya itu saja, ciri-ciri tubuh lainnya adalah warna tubuhnya yang mengkilap, sungut tidak pucat, dan yang paling penting adalah tidak ada cacat diseluruh tubuh benih lele sangkuriang.

Bibit lele sangkuriang yang berkualitas juga ditandai dengan aktif dan gesitnya lele sangkuriang tersebut jika berada di dalam air.

Sedangkan untuk benih lele sangkuriang yang tidak berkualitas ciri-cirinya tubuhnya yang tidak proporsional, sungut pucat, adanya cacat pada salah satu bagian tubuh, sungut pucat, tidak aktif, dan tidak gesit jika di dalam air.Baca juga Kunci Sukses Sebelum Budidaya Lele sangkuriang Pemula

Ketika menebarkan benih, pilihlah waktu yang tepat. Waktu yang  dianjurkan untuk menebarkan benih adalah pada pagi dan sore hari.

Pada pagi dan sore hari dipilih karena sinar matahari tidak terlalu terik. Jika sinar matahari terlalu terik, nantinya akan membuat keadaan benih menjadi stres.

Menebarkan benih pun tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan secara perlahan. Tujuannya agar benih  tidak stres.

Untuk melakukan penebaran benih tanpa membuat benih stres caranya adalah dengan memiringkan wadah yang berisi benih lele sangkuriang ke permukaan air kolam sedikit demi sedikit. Dengan begitu, lele sangkuriang tidak akan stres dan tidak ada lagi lele yang mati akibat stres tersebut.

Inilah Waktu Terbaik Menebarkan Bibit Lele Sangkuriang Ke Kolam semoga membantu dan berguna.jangan lupa baca juga Waktu Terbaik Memberikan Pakan Lele Sangkuriang

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Waktu Terbaik Menebarkan Bibit Lele Sangkuriang Ke Kolam | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.