Waktu Terbaik Memberikan Pakan Lele Sangkuriang

Waktu Terbaik Memberikan Pakan Lele Sangkuriang – Di dalam membudidayakan lele sangkuriang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah dalam hal pemberikan pakan.

Advertisements

Pakan yang diberikan pada lele sangkuriang tidak boleh sembarangan walaupun lele sangkuriang termasuk lele yang dapat memakan semua jenis makanan tetapi berikanlah pakan yang memang berkualitas agar menghasilkan lele sangkuriang yang berkualitas.

Pada umumnya, pembudidaya lele sangkuriang memberikan pada lele sangkuriang peliharaannya berupa pelet.

Pelet yang diberikan merupakan pelet yang benar-benar berkualitas. Ketika membeli pelet, Anda dituntut untuk lebih teliti karena antara pelet yang berkualitas dengan pelet yang tidak berkualitas ciri-ciri nya hampir sama.

Pelet terbagi atas begitu banyak jenis. Namun, untuk pelet yang diberikan pada lele sangkuriang hanya dua jenis, yaitu pelet apung dan pelet tenggelam.

Waktu Terbaik Memberikan Pakan Lele Sangkuriang

Apabila Anda hanya memberikan pakan berupa pelet saja, maka kedua pelet ini harus diberikan dengan komposisi yang telah diatur.Silahkan di baca dulu Contoh Pemijahan Lele Sangkuriang Dan Menetaskan Telur

Waktu Terbaik Memberikan Pakan Lele Sangkuriang

Untuk pemberian pelet tenggelam jatah yang dianjurkan adalah 60%. Sedangkan untuk pemberian pelet apung jatah pemberian yang dianjurkan adalah 25%.

Tidak hanya memberikan pakan berupa pelet murni saja, tetapi ada juga sebagian pembudidaya lele sangkuriang yang memberikan pakan tambahan berupa bekicot, ikan runyah, atau pun udang-udang kecil.

Jika Anda ingin memberikan pakan tambahan, maka pemberian pelet tenggelam dapat dikurangi lagi.baca juga Budidaya Pembibitan Lele Organik Rumahan Kusus Pemula

Advertisements

Untuk jadwal pemberian pakan, Anda dapat memberikan pakan pada lele sangkuriang peliharaan Anda pada pagi hari hingga malam hari.

Jika pada pagi hari, usahakan memberikan pakannya diatas jam 09.00. Karena dibawah jam 09.00 air kolam masih terjemur dan mengeluarkan polusi udara yang menempel pada permukaan air kolamnya.

Jika tetap diberikan pakan dibawah jam 09.00 maka pakan yang diberikan akan tercemar oleh polutan dan jika termakan oleh lele sangkuriang akan mengakibatkan penyakit yaitu penyakit radang insang. Untuk itulah, sangat dianjurkan memberikan pakan pada lele sangkuriang diatas jam 09.00.

Dalam satu hari, pemberian pakan pada lele sangkuriang dapat 6 kali. Frekuensi tersebut sudah menjadi standar di dalam pemberian pakan pada lele sangkuriang. Semakin sering memberikan pakan, maka semakin cepat pula waktu pemanenan.

Pada pemberian pakan yang pertama, waktunya adalah pada pukul 09.30. Pada pemberian pakan yang kedua, waktunya adalah pukul 11.30.Silakan di baca dulu Tahap Penyortiran Lele Menyeragamkan Ukuran Benih

Pada pemberian pakan yang ketiga, waktunya adalah pukul 14.30. Pada pemberian pakan yang keempat, waktunya adalah pukul 16.30.

Pada pemberian pakan yang kelima, waktunya adalah pukul 18.30. Dan pemberian pakan yang terakhir, waktunya adalah pukul 21.30.

Di dalam memberikan pakan berupa pelet, pemberian pelet tenggelam diberikan pada satu titik saja. Sedangkan untuk pemberian pakan berupa pelet apung diberikan pada tiga titik. Pemberian pelet apung di tiga titik adalah untuk memanjangkan tubuh lele tersebut.

Namun, untuk pelet tenggelam sebaiknya dilakukan disatu titik saja karena mengingat pelet tenggelam ini mudah tenggelam sehingga jika ditebarkan dibeberapa titik nantinya akan sulit dijangkau oleh lele karena keburu tenggelam.

Demikian Waktu Terbaik Memberikan Pakan Lele Sangkuriang semoga berguna dan bisa untuk di jadikan bahan rujukan anda di rumah.baca juga Kunci Sukses Sebelum Budidaya Lele sangkuriang Pemula

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Waktu Terbaik Memberikan Pakan Lele Sangkuriang | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.