Waktu Dan Teknik Budidaya Lele Sangkuriang

Waktu dan teknik budidaya lele sangkuriang – Untuk memulai budidaya lele sangkuriang,akan lebih bagus jika kita menggunakan pedoman sesuai siklus perkembangan lele jenis ini di habitat liarnya.Di alam liar,Ikan lele apa saja berkembang biak di awal musim penghujan..

Di musim penghujan inilah awal mula dan banyak ketersdiaan pakan yang melimpah untuk mencukupi kebutuhan pakan untuk benih anakkan yang di hasilkan.

Selain pakan yang berlimpah,di musim penghujan juga bagus untuk pemijahan induk lele,katika musim penghujan tiba,di berengi volume air yang meningkat,maka akan di hasilkan bau tanah yang cukup meningkat..hal inilah yang mampu merangsang induk lele untuk segera melakukan pemijahan dengan sempurna..Waktu Dan Teknik Budidaya Lele Sangkuriang

Advertisements

Lain halnya jika kita melakukan pembibitan atau memulai budidaya ikan lele di kolam,kita tidak memerlukan siklus dan PH tanah,sebab nantinya semua yang di butuhkan lele,kita sendiri yang akan menyuplai tidak hanya mengandalkan alam..

Budidaya lele di kolam baik kolam terpal maupun kolam batu,bisa kita lakukan kapan saja.lain halnya jika kita menggunakan kolam tanah,yang akan lebih bagus jika kita mulai di awal musim penghujan yang akan lebih banyak ketersediaan pakan alami berupa larva..

Teknik Budidaya Lele Sangkuriang.

Dalam teknik membudidayakan lele sangkuriang,sebenarnya juga sama sama dengan jenis lele lainya,semua jenis spesies ikan lele bisa berkembang biak secara bertelur atau bahasa alamiahnya ovipar.perubahan yang akan di hasilkan bisa terjadi di luar tubuh,bukan di dalam tubuh lele itu sendiri..

Intinya kedua induk ikan lele tersebut akan saling berkerja sama untuk menghasilkan benih keturunan secara sempurna.setelah induk betina bertelur,induk jantan akan menyemprotkan sperma kepada telur yang sudah di hasilkan oleh induk betina..

Advertisements

Maka dari itu,jika anda berniat budidaya ikan lele sangkuriang,sediakan tumbuhan alami bisa berupa rerumputan atau eceng gondok yang nantinya sangat berperan penting untuk onduk betina menaruh telur-telur yang di hasilkan.

Akan tetapi,jika petani biasanya menggunakan bahan ijuk untuk proses pemijahan telur ikan lele,bukan menggunakan eceng gondok atau jenis rerumputan lainnya..kedua bahan tersebut penting dan memiliki cara kerja yang sama..

Usia telur lele Sangkuriang Menetas.

Setelah induk betina melakukan pemijahan,biasanya telur lele sangkuriang tersebut akan menetes setelah berumur 47-50 jam setelah telur di buahi induk jantan.namun faktor cuaca,ph air juga ikut adil dalam proses penetasna telur tersebut..

Suhu yang ideal adalah tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas,jika suhu di dalam air terlalu dingin,mkaa penetasan telur juga akan semakin lama,banyak juga di temukan,benih yang di hasilkan juga akan mengalami kematian sebelum telur tersebut berubah menjadi larva..

hal ini bisa saja di sebabkan akibat suhu air yang terlalu dingin sehingga saat induk betina melakukan pemijahan,suhu dalam air tidak normal,sering berubah-ubah dengan secara cepat.banyak kematian benih yang di sebabkan akibat suhu air tempat pemijahan tersebut yang terlalu dingin..

Yang perlu di perhatikan para petani adalah menjaga dari predator atau hewan lain yang bisa saja memangsa benih lele tersebut jika di lakukan dalam kolam tanah terbuka.benih ikan lele yang baru menetas,sangat rentan terhadap serangan hewan perdator lainya,seperti ular..

Baca Juga: Pakan bibit lele sangkuriang cepat besar

Maka dari itu,benih yang baru menetas biasanya akan di jaga sang induk hingga benih mencapai umur 20 hari.setelah masa itu,sang induk akan melakukan sistem perkawinan kembali..semoga berguna

Advertisements
Waktu Dan Teknik Budidaya Lele Sangkuriang | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.