Umur Panen Benih Ikan Lele Yang Baik

Umur panen benih ikan lele yang baik – Ukuran benih ikan lele yang siap tebar di kolam pembesar memiliki ukuran 7-8 Cm.Biasanya jika pembibitan benih ikan lele kusus untuk di jadikan bisnis,misal jual beli bibit ikan lele,maka panen yang paling bagus ketikan benih lele memiliki ukuran 5-6 Cm..

Advertisements
Umur Panen Benih Ikan Lele Yang Baik

Foto By usahaternak.com

Akan tetapi,banyak juga kita temukan bibit yang barus mencapai ukuran 2-3 Cm sudah banyak para petani yang menjualnya,Padahal benih ikan lele yang memiliki ukuran 2-3 cm masih sangat rentan terhadap kematian,belum bagus jika kita dederkan ke kolam pembesaran..

Ukuran yang paling ideal ketikan benih ikan lele memiliki ukuran 7-8 Cm.dengan ukuran tersebut,daya tahan lele juga tergolong lebih bagus,sangat sedikit benih lele mengalami kematian jika di lakukan perawatan secara benar..

Saat  memanen benih ikan lele,sebaiknya kita lakukan secara hati-hati,jangan sampai kita melukai tubuh atau membuat benih ikan lele tersebut sampai terluka atau lecet..

Advertisements

Hal tersebut juga bisa menurunkan kualitas jual dari pada benih ikan lele.selain itu,lele yang kurang sehat,lecet dan cacat akan lebih susah mengalami pertumbuhan.

Apalagi jika sampai kulit benih tersebut mengelupas,hal ini bisa untuk menjadi pintu masuknya bakteri,jamur serta parasit sehingga segala jenis penyakit akan lebih tumbuh dan menyebar ke lele yang masih sehat..

Anda bisa menggunakan jaring dari kain yang halus untuk menangkap lele yang akan kita sortir.akan lebih bagus,jika hal tersebut di lakukan degan dua orang,satu orang bagian menggiring benih lele ke satu sisi kolam,dan satu orang bagian menangkap dengan menggunakan jaring serok.

Setelah benih kita tangkap,selanjutnya letakkan di wadah kusus,untuk segera kita lakukan penyortiran sesuai ukuran yang kita inginkan,Cara melakukan sortir ikan lele juga sudah saya jelaskan,silahkan di baca pada artikel ini Cara membuat alat bak sortir ikan lele 

Dalam memanen benih ikan lele,tidak bisa menggunakan ukuran hari atau bulan,yang bisa petani gunakan adalah ukuran dari benih tersebut,sebab jika menggunakan patokan hari,jika kurang benar kita merawat benih lele tersebut,pertumbuhan lele juga akan memakan waktu lebih lama..

Maka dari itu,Kita tidak bisa menggunakan patokan berupa umur untuk memanen benih lele yang siap tebar untuk di besarkan dalam kolam pembesaran.yang kita gunakan melainkan dengan menggunakan patokan ukuran dari pada benih lele tersebut..salam..

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Umur Panen Benih Ikan Lele Yang Baik | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.