Umpan Mancing Ikan Wader di Sungai 2018 ( Bawa Ikan Karungan)

Umpan Mancing Ikan Wader – Untuk sebagian orang, mendengar kata “ikan wader” tidaklah asing. Ikan wader itu sendiri merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki struktur tubuh yang kecil, sekitar sebesar ibu jari atau lebih (tergantung jenisnya).

Ikan wader tergolong hewan omnivora, maka kita dapat menggunakan beberapa jenis umpan mancing ikan wader di sungai.

Jenis ikan ini bisa ditemui di sungai yang ridak terlalu dalam, rawa, atau pun danau. Keberadaannya tersebar di beberapa wilayah perairan tawar di Indonesia juga negara Asia lainnya, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, hingga India serta Cina.

Advertisements

Berikut ini merupakan beberapa jenis umpan dan beserta cara meraciknya:

Jenis Umpan Mancing Ikan Wader di Sungai

Umpan Mancing Ikan Wader di Sungai( Bawa Ikan Karungan)

  1. Mie Instan

Selain untuk dikonsumsi manusia, ternyata mie instan juga bisa dijadikan sebagai bahan umpan bagi ikan weder.

Cara membuatnya cukup sederhana. Mie instan cukup diseduh seperti mie instan pada umumnya, hanya saja jangan dibiarkan terlalu lembek.

Kemudian, mie tersebut dicampur dengan tempe (lebih bagus memakai tempe busuk), setengah siung bawang putih, serta ikan tuna. Baca Umpan Mancing Casting di Sungai

Keempat bahan tersebut diaduk hingga kalis, barulah siap untuk dijadikan umpan ikan weder.

  1. Biskuit Cracker Keju

Ikan wader juga bisa diberi umpan dengan racikan biskuit crackers keju yang bisa didapatkan di warung-warung terdekat untuk dijadikan umpannya.

Advertisements
Advertisements

Cara membuatnya yaitu dengan mencampur biskuit dengan air kemudian diremas-remas untuk sampai terbentuk seperti adonan kenyal, lalu tambahkan bahan-bahan yang memiliki aroma menyengat seperti bawang putih, bumbu kaldu ayam atau sapi, juga terasi.

Selain biskuit keju, bahan dasar untuk membuat umpan ini bisa diganti dengan biskuit lainnya. Untuk hasil maksimal, adonan tersebut didiamkan selama tiga hari jika perlu.

  1. Pelet

Pelet juga bisa digunakan untuk umpan mancing ikan wader di sungai. Kita dapat menggunakan campuran 6 sendok pelet bom (merk yang biasa digunakan adalah Stella), tambahkan pula kecap dan terasi bubuk. Baca Umpan Mancing Gurame

Ketiga bahan tersebut dicampur menggunakan sedikit air, kemudian simpan adonan ke tempat yang kedap udara selama tiga puluh menit.

  1. Tepung Roti

Tepung roti juga dapat dijadikan sebagai bahan pembuat umpan ikan wader. Caranya cukup mudah dan simpel.

Dengan menyeduh vanili serta gula merah hingga larut, lalu tambahkan tepung roti ke dalamnya, campurkan dengan telur serta tambahkan lagi air hangat secukupnya. Setelah adonan tercampur merata, masukan kinoy dan aduk hingga kalis.

  1. Tahu

Gunakan tahu sebagai umpan ikan wader dengan cara memotongnya ke dalam beberapa bagian. Akan lebih baik jika tahu terlebih dahulu dijemur supaya tidak mudah hancur setelah masuk ke dalam air. Tahu yang sudah dipotong-potong bisa langsung dikaitkan pada kail pancingan. Baca Umpan Mancing di Sungai Paling Ampuh

Itulah beberapa jenis umpan mancing ikan wader di sungai yang biasa digunakan. Bahan-bahan tersebut mudah untuk didapatkan, selain itu cara membuatnya sangat simpel. Jadi, Anda dapat membuat umpan tersebut sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Umpan Mancing Ikan Wader di Sungai 2018 ( Bawa Ikan Karungan) | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.