Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai 2018 (Rahasia Kita Bongkar Habis)

Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai – Barbonymus gonionotus atau yang paling sering disebut ikan tawes ialah sejenis ikan air tawar asli Indonesia.

Ikan ini memiliki tubuh yang berukuran sedang, dan sangat mudah untuk dibudidayakan dan sering dikonsumsi sebagai makanan, terutama di Indonesia.

Tawes yang mempunyai tubuh kecil biasanya diolah menjadi ikan asin, sementara yang besar bisa digoreng atau dibakar.

Advertisements

Ikan tersebut sering ditemukan di sungai-sungai atau rawa-rawa, terutama di pulau Jawa. Tidak seperti ikan lele yang bisa hidup sekalipun di air yang tercemar, ikan tawes itu sendiri hanya bisa bertahan di perairan yang jernih dan berarus.

Pilihan Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai

Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai (Rahasia Kita Bongkar Habis)

Berikut adalah beberapa ulasan mengenai beberapa resep umpan mincing ikan tawes di sungai:

  1. Racikan Umpan Menggunakan Kacang-Kacangan

Kita dapat meracik beberapa bahan kacang-kacangan sebagai umpan ikan tawes ketika hendak memancing.

Caranya yaitu dengan menyediakan kacang tanah, kacang kedelai, ampas kacang kering, jagung manis muda, ubi, kacang mete, serta minyak samin. Baca Umpan Pancing di Sungai Deras Galak

Kemudian blender semua bahan kacang tersebut sampai halus tanpa menggunakan air. Setelah itu, kacang disangrai sampai matang dicampurkan bersama minyak samin. Kemudian, diamkan selama sepuluh menit. Sementara jagung dan ubi diparut.

Advertisements

Sesudah semua bahan dihaluskan, kita harus mencampurkan semua bahan tersebut lalu bungkus dengan daun pisang dan dikukus sekitar empat jam.

Advertisements

Pembuatan resep umpan ini barangkali terkesan sangat rumit, akan tetapi umpan ini bisa lebih tahan lama hingga 1-2 minggu jika disimpan ke dalam freezer.

  1. Racikan Telur Bebek Matang

Selanjutnya, kita bisa menggunakan jagung, susu, keju, beberapa ekor ikan yang sudah dikukus, ubi kukus, juga mie instan sebagai campuran telur bebek matang pada resep umpan mancing ikan tawes di sungai ini. setelah bahan tercampur dan diuleni, bentuklah menyerupai bola.

Maka, umpan siap digunakan. Racikan membuat umpan yang satu ini lebih mudah ketimbang racikan umpan dari kacang-kacangan yang membutuhkan waktu relatif lebih lama. Baca Racikan Umpan Mancing di Sungai

  1. Umpan Alami

Ikan tawes sebetulnya merupakan salah satu jenis ikan herbivora dan bukan predator. Seperti halnya ikan nilem dan mujair, ikan ini cenderung lebih menyukai tumbuh-tumbuhan seperti lumut sebagai makanannya.

Hanya saja, khusus untuk umpan mancing, disarankan menggunakan lumut dengan kualitas yang bagus.

Karena, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ikan tawes ini habitatnya di air yang bersih dan jernih.

Biasanya, lumut dengan tekstur yang kasar serta berwarna hijau terang akan lebih disukai. Apabila lumut berkualitas tidak tersedia, maka Anda bisa menggunakan bahan alami lainnya sebagai pengganti umpan, seperti cacing.

Untuk teknik memancingnya, Anda bisa menggunakan pancingan yang tidak terlalu besar karena ikan tawes sendiri tidak memiliki ukuran yang besar. Baca Umpan Mancing Di Sungai Siak

Gunakan pula benang kenur yang elastis untuk umpan mancing ikan tawes di sungai supaya gampang terhisap oleh mulut ikan begitu terkena kail. Semoga resep umpan dan teknik tersebut yang diberikan dapat berhasil.

Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai 2018 (Rahasia Kita Bongkar Habis) | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.