Tutorial Membuat Rangkaian Kail untuk Mancing Ikan Nila

Para penggemar memancing, kali ini Anda akan mendapat pengetahuan mengenai rangkaian kail untuk memancing ikan nila.

Pernahkah mencoba memancing ikan nila? Kunci utama dalam memancing ikan nila terletak pada kailnya. Salah satu jenis kail yang jitu untuk memancing ikan nila adalah kail lumut. Kail jenis ini sangat kuat dan tidak mudah lepas.

Tidak heran jika kail lumut banyak dicari pemancing untuk memancing ikan nila, bandeng, dan mujair. Rangkaian kail menjadi fokus utama, terutama untuk para pemancing pemula yang baru saja mencoba menggunakan kail lumut.

Advertisements

Rangkaian kail untuk mancing ikan nila tergantung pada pemasangan lumut dan panjang pendek lumut yang digunakan pada mata kail. Baca Mengikat Tali Pancing Bercabang

Faktor selanjutnya adalah fleksibilitas atau kaku lemasnya lumut yang akan digunakan untuk umpan.

Tutorial Membuat Rangkaian Kail untuk Mancing Ikan Nila

Rangkaian Kail untuk Mancing Ikan Nila

Simpul jangkar sangat efektif untuk kail lumut. Menautkan simpul pada mata kail tidak terlalu sulit, sama halnya seperti Anda membuat simpul biasa.

Anda bisa mencari contoh gambar simpul jangkar. Setelah simpul jangkar dibuat, ulir dua senar sepanjang 10-15 cm menjadi satu dan buatlah simpul mati. Tambahkan timah lipat pada bagian atas simpul mati secukupnya, tergantung daya apung pelampung yang Anda gunakan.

Advertisements

Sederhana bukan? Hanya saja, bagi sebagian orang yang belum terbiasa memancing, hal tersulit adalah dalam menggunakan kail lumut adalah memasang lumut pada mata kail. Baca Cara Mengikat Kili-Kili Pancing

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan beberapa kunci pokok dalam memasang lumut pada mata kailnya. Beberapa kunci pokok tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah seperti mangkuk atau ember kecil yang diisi dengan air. Masukkan lumut ke dalam wadah berisi air tersebut,
  2. Pegang secara bersama-sama bagian timah lipat menggunakan tangan kiri Anda dan mata kail dengan tangan kanan. Kemudian, masukkan keduanya ke dalam air di wadah yang berisi lumut.
  3. Upayakan agar lumut melilit senar dengan cara memutar tangan kiri Anda (yang memegang timah lipat)
  4. Selanjutnya, lepaskan mata kail dan angkat tangan kiri Anda. Geser lumut yang sudah melilit senar agar menjadi gumpalan atau padatan di mata kail.
  5. Umpan siap digunakan untuk memancing ikan nila.

Demikian cara membuat rangkaian kail untuk mancing ikan nila dan juga cara memasang lumut pada mata kailnya. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan rangkaian kail lumut, tentunya akan semakin mudah dan cepat.

Rangkaian kail lumut cukup sederhana, praktis, dan mudah digunakan oleh semua pemancing, baik yang profesional maupun pemula tentunya dengan memperhatikan teknik membuat simpul dan memasang umpan lumut. Baca Mancing Dasaran di Laut Segala Cuaca

Anda tertarik untuk mencoba? Jika belum mencobanya, tentu Anda akan penasaran. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba rangkaian kail lumut untuk memancing ikan nila.

Advertisements
Tutorial Membuat Rangkaian Kail untuk Mancing Ikan Nila | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.