Trik Sederhana Menggulung Senar Pancing Agar Tidak Melintir

Menggulung Senar Pancing Agar Tidak Melintir – Memancing merupakan salah satu kegiatan yang dapat dijadikan hobi untuk melepas penat.

Dalam melakukan hobinya, para pemancing terkadang menemui beberapa permasalahan, salah satunya adalah kusutnya senar saat melontarkan umpan.

Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan karena senar yang melintir ini dapat putus.

Advertisements

Masalah tersebut dapat diminimalisir dengan trik sederhana menggulung senar pancing agar tidak melintir yang dapat Anda lakukan secara manual dengan memperhatikan hal-hal berikut:

Beberapa Tips Menggulung Senar Pancing Agar Tidak Melintir

Trik Sederhana Menggulung Senar Pancing Agar Tidak Melintir

  1. Gunakan kondisioner senar atau rendam senar dalam air rebusan teh

Pakaikan kondisioner senar sebelum menggulung senar pada kumparan gulungan atau spool pancing. Sebagai alternatif, Anda juga bisa merendam senar terlebih dahulu dalam air rebus.

Penggunaan kondisioner atau merendamnya dalam air rebus berfungsi untuk menguraikan senar yang tentunya memudahkan proses penggulungan.

  1. Arah rotasi spool dan gulungan senar tidak terbalik

Perhatikan arah rotasi pada spool dan arah rotasi pada keluaran senar dari gulungannya. Pastikan arahnya searah.

Ini perlu diperhatikan karena permasalahan melintirnya senar yang Anda gunakan disebabkan karena saat menggulung senar rotasi antara kumparan dengan gulungan senarnya berlawanan.

Advertisements
  1. Aplikasikan minyak pada senar dan spool

Anda dapat menggunakan minyak senar tiap menggulung senar sekitar 50 meter. Minyak yang digunakan adalah minyak khusus senar yang dapat Anda dapatkan di toko peralatan memancing.

Begitupun spool juga perlu diberikan minyak spool anti korosi sebelum senar dimasukan. Pemberian minyak semprot pada senar dan spool ini dapat membantu trik sederhana menggulung senar pancing agar tidak melintir menjadi lebih efektif. Baca Harga Joran Casting Shimano

  1. Jaga ketegangan senar saat menggulung

Senar yang dipasang kendor berpeluang menjadi kusut ketika mata kail dilemparkan. Jadi dalam menggulungnya usahakan senar dalam keadaan tegang.

Untuk ini Anda dapat meminta bantuan teman Anda untuk memegang gulungan senar yang masih dalam kemasan  dengan kuat.

Sementara Anda memutar reel untuk menggulung senar ke dalam spool.  Menahan senar dengan dua jari Anda sembari digulung juga dapat menjadi langkah mudah agar senar tidak melintir saat digulung.

Jika pancing Anda berjenis closed face, gunakan katun lembut di cincin pertama. Anda juga dapat menahan senar dengan  menggunakan buku telpon bekas. Jadi tangan Anda dapat fokus untuk menggulung senar.

  1. Spool tidak terisi penuh dengan senar

Jangan langsung menggulung senar hingga habis. Ceklah secara berkala saat menggulung apakah rotasi antara kumparan dengan keluaran benang masih searah.

Usahakan untuk tidak mengisi full kumparan pancing. Gulungan senar maksimal menyisakan ¼ inci atau 2-3 mm dari garis luar spool. Baca Joran Casting Murah Berkualitas

Dengan memperhatikan kelima trik sederhana menggulung senar pancing agar tidak melintir diatas, gulungan yang rapi dan padat dapat Anda hasilkan. Permasalahan kusutnya senar pancing disaat asyik melakukan strike pun dapat terhindarkan.

Advertisements
Trik Sederhana Menggulung Senar Pancing Agar Tidak Melintir | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.