Teknik Pemijahan Induk Belut Tanpa Lumpur

Teknik Pemijahan Induk Belut Tanpa Lumpur – Apa yang dimaksud dengan pemijahan? Pemijahan merupakan suatu proses dimana nantinya induk akan bertelur di suatu tempat khusus. Pemijahan dilakukan oleh seluruh hewan yang hidup di air. Sebagai salah satu contohnya belut.

Belut merupakan hewan yang akan mengalami pemijahan. Pemijahan yang dilakukan oleh belut ini masih alami. Berbeda dengan jenis ikan lainnya yang pada umumnya memijahkan dengan bantuan manusia.

Apakah Anda termasuk pembudidaya belut? Jika benar Anda adalah pembudidaya belut, hal yang harus Anda persiapkan hanyalah wadah dan media. Media yang digunakan adalah media yang sebagaimana di alam agar terkesan alami.

Advertisements

Hingga sampai saat ini, tidak ada cara lain yang lebih praktis untuk memijahkan belut dibandingkan dengan cara alami ini. Selain kedua hal diatas, hal yang perlu diperhatikan lagi di dalam pemijahan belut adalah lingkungan sekitar tempat pemijahan.

Teknik Pemijahan Induk Belut Tanpa Lumpur

Karena belut merupakan hewan nokturnal atau yang biasa disebut dengan hewan yang aktif pada malam hari, lingkungan sekitar tempat pemijahan harus dibuat senyaman mungkin sekalipun itu pada malam hari.

Teknik Pemijahan Induk Belut Tanpa Lumpur

Ada beberapa hal yang tidak boleh ada pada saat pemijahan yang dilakukan pada malam hari.Beberapa hal tersebut seperti pencahayaan dan suara kebisingan. Kedua hal tersebut harus dijauhkan dari belut karena jika ada kedua hal tersebut, belut tidak akan nyaman berada di tempat pemijahan.baca Hari Baik Mancing Menurut Tanggal Lahir Weton

Advertisements

Memasukkan Induk Belut

Sebelum pemijahan berlangsung, induk dipindahkan dari kolam pemeliharaan ke kolam pemijahan. Pemindahan harus dilakukan dengan hati-hati.

Jangan sampai induk tergores atau terbentur akibat ke tidak hati-hatian Anda. selain dapat menimbulkan gores dan lebam, ketidak hati-hatian di dalam memasukkan induk juga dapat menyebabkan induk stres.

Jika perlu, gunakan alat bantu untuk mempermudah di dalam proses pemindahan. Jika ingin menggunakan alat bantu, gunakanlah alat bantu yang lembut dan permukaannya yang licin. Salah satu contoh alat bantu itu seperti ember.Simak Racikan Umpan Ikan Mas Sederhana Namun Galak

Cara pemindahan induk adalah dengan memasukkan ember ke dalam kolam pemeliharaan. Jika sudah tertangkap, masukkan ke dalam kolam pemijahan secara hati-hati dengan cara dimirigkan hingga seluruh benih keluar dari ember.

Selama di dalam kolam pemijahan, induk juga harus diberikan pakan agar ada stamina untuk menjaga telur-telurnya.

Pakan yang dapat diberikan seperti  bekicot yang telah dilepas kulitnya. Selain itu, berikan juga makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin E agar dapat membantu kematangan gonadnya.

Perlakuan Induk Belut

Setelah dimasukkan ke dalam kolam pemijahan, induk perlu dikontrol setiap harinya. Tujuan dari pengontrolan adalah agar mengetahui apakah induk betina sudah melakukan pemijahan atau belum.

Induk yang akan memijahkan telurnya biasanya ada tanda-tanda tersendiri. Tanda-tanda induk telah siap untuk memijahkan telurnya adalah induk akan membentuk lubang dengan bentuk U jika sudah menemukan tempat yang menurutnya bagus untuk tempat pemijahan.Baca Umpan Galatama Lele Malam Hari Terbukti Galak

Walaupun pembudidaya menyediakan lubang pemijahan, namun nantinya induk belut akan membuat lubang sendiri karena dianggapnya lebih aman.

Advertisements
Teknik Pemijahan Induk Belut Tanpa Lumpur | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.