Teknik Mancing Nila Babon 2018 (Siap Bawa Ikan Karungan)

Mancing Nila Babon  – Bagi para mancing mania, mungkin untuk mendapatkan nila babon tidak terlalu sulit.

Namun, bagi orang-orang awam yang tidak terlalu mengerti teknik mancing nila babon, tidak terlalu mudah untuk mendapatkan ikan tersebut.

Karena ikan ini termasuk ikan yang ganas dibandingkan dengan ikan nila yang lainnya. Perlu anda ketahui bahwa ikan nila babon ini bukan berasal dari negara Indonesia, melainkan berasal dari Afrika.

Advertisements

Namun, ikan ini memiliki populasi yang tidak sedikit di perairan air tawar Indonesia. Oleh karena itu banyak orang yang memburunya sebagai ikan konsumsi sekaligus untuk dibudidayakan.

Teknik Mancing Nila Babon

Teknik Mancing Nila Babon (Siap Bawa Ikan Karungan)

Bagi anda yang ingin mendapatkan ikan nila babon ini, namun anda masih awam, ada 4 teknik mancing nila babon yang benar bagi anda, antara lain : Baca Cara Mengikat Kili-Kili Pancing

  1. Siapkan piranti pancing yang akan digunakan.

Untuk piranti pancing yang digunakan, bisa memakai senar ukuran 4-8 lbs, disesuaikan dengan reel dan joran. Untuk ukuran mata kail sekitar 7 – 11 lbs.

  1. Siapkan umpannya.

Umpan yang paling baik bagi ikan nila babon adalah rumput. Tidak semua jenis rumput bisa dijadikan umpan. Hanya jenis rumput kolonjono atau gajahan dan rumput belembem.

Advertisements

Rumput kolonjo mirip dengan pohon tebu dan biasanya ditanam di pinggiran sungai untuk pakan sapi. Sedangkan, rumput belembem biasanya tumbuh di sekitar rumput kolonjono dan juga pinggiran sungai.

Rumput ini memiliki bentuk kecil memanjang. Daunnya seperti daun padi tetapi lebih kecil.

  1. Merangkai umpan yang sudah disiapkan.

Setelah kita mendapatkan rumput kolonjono atau rumput belembem sebagai umpan, langkah selanjutnya adalah merangkainya. Baca Simpul Tali Pancing Bercabang

Yaitu pilih rumput yang masih muda, lalu ambil semua bagian ujung rumput, diuntai menjadi satu untaian, lalu di pasang di mata kail dengan cara di lilit-lilitkan.

  1. Menentukan tempat mancing.

Ikan nila babon biasanya membuat sarang berupa lubang di dasar danau atau di rawa-rawa. Jadi kedua tempat tersebut sangat disarankan untuk mancing ikan ini.

Beberapa teknik yang telah dijabarkan diatas yaitu berdasarkan survey yang telah didapatkan dari para mancing mania yang telah berhasil mendapatkan ikan nila babon dengan jumlah yang lumayan banyak.

Ada juga beberapa para pemancing yang memberi umpan cutton bud untuk mendapatkan ikan nila ini. Namun, untuk pemancing pemula tidak disarankan untuk menggunakan umpan cutton bud ini. Meskipun mudah di cari, tetapi untuk merangkai umpan ini sedikit rumit dan sulit.

Sebenarnya banyak umpan yang bisa digunakan untuk mendapatkan ikan nila babon. Contohnya seperti lumut, cacing dan pelet.

Namun teknik mancing nila babon menggunakan umpan rumput adalah teknik yang paling efektif, terutama bagi para pemancing pemula.

Menurut survey yang didapatkan, umpan seperti lumut, cacing dan pelet hanya menarik perhatian ikan nila yang kecil-kecil. Baca Mancing Dasaran di Laut Segala Cuaca

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan umpan rumput kolonjono atau rumput belembem bagi para pemancing pemula untuk mendapatkan nila babon.

Advertisements
Teknik Mancing Nila Babon 2018 (Siap Bawa Ikan Karungan) | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.