Tahap Penyortiran Lele Menyeragamkan Ukuran Benih

Tahap Penyortiran Lele Menyeragamkan Ukuran Benih  – Sebelum memasuki tahap penyortiran benih, terlebih dahulu induk lele sangkuriang akan melakukan pemijahan. Setelah melakukan pemijahan,

Advertisements

Selanjutnya induk lele sangkuriang akan melakukan penetasan telur. Setelah telur-telur menetas dan telur yang menetas tersebut dinamakan larva.

Sebagai pembudidaya yang baik, sebaiknya Anda memelihara larva dengan baik agar menjadi benih yang berkualitas.

Setelah itu, sebelum memasuki tahap yang lebih lanjut, sebaiknya benih di sortir terlebih dahulu. Tahap penyortiran ini harus dilakukan karena menyangkut bagus atau tidaknya kualitas benih.

Penyortiran merupakan tahap menyeleksi benih sesuai dengan kualitas dan ukuran. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan benih lele sangkuriang secara seragam, baik itu dari segi kualitas maupun dari segi ukuran. Tidak hanya itu saja, penyortiran juga berfungsi untuk menghindari kanibalisme.

Tahap Penyortiran Lele Menyeragamkan Ukuran Benih

Perlu Anda ketahui bahwa lele sangkuriang termasuk jenis lele yang dapat memakan sesama jenis lele sangkuriang. Dengan adanya penyortiran, tidak ada lagi lele sangkuriang yang kecil dimakan oleh lele sangkuriang yang besar.Baca juga Doa Memancing Ikan Di Laut Supaya Dapat Ikan Besar VS Keselamatan

Tahap Penyortiran Lele Menyeragamkan Ukuran Benih

Tahap penyortiran pada umumnya dilakukan dua kali. Untuk melakukan penyortiran, Anda dapat menggunakan baskom sortir. Ukuran baskom sortir disesuaikan dengan keinginan Anda.

Advertisements

Pada umumnya, baskom sortir terbagi atas tiga jenis, ada yang berukuran 3-4 cm, ada yang berukuran 3-5 cm, dan ada pula yang berukuran 4-6 cm. Benih lele sangkuriang yang sudah disortir selanjutnya dapat dipindahkan ke dalam kolam khusus.Baca juga Pakan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri Bibit Dewasa Cepat Besar

  • Tahap penyortiran Benih Lele pertama

Tahap penyortiran pertama ini dapat dilakukan pada saat umur benih telah memasuki 21 hari setelah benih tersebut menetas.

Karena disini ada tiga jenis baskom sortir, jadi baskom pertama yang dapat digunakan adalah baskom yang berukuran 4-6 cm. Masukkan hasil penyortiran tersebut ke dalam kolam khusus.

Selanjutnya, gunakan baskom penyortiran yang berukuran 3-5 cm. Hasilnya juga dimasukkan ke dalam kolam khusus untuk benih yang berukuran 3-5 cm saja.

Dan yang terakhir adalah menyortir dengan menggunakan baskom penyortiran 3-4 cm. Masukkan hasilnya ke dalam kolam khusus untuk benih yang berukuran 3-4 cm saja.

Sebagian pembudidaya lele sangkuriang yang memasukkan benih lele sangkuriang yang berukuran 3-4 cm di kolam yang sama dengan benih yang berukuran 3-5 cm. Namun, untuk lele yang berukuran 4-6 cm diletakkan pada kolam yang berbeda untuk menghindari kanibalisme.Tulisan terkait Contoh Pemijahan Lele Sangkuriang Dan Menetaskan Telur

Kolam yang digunakan untuk menampung benih lele sangkuriang yang berukuran 4-6 cm harus dimasukkan ramuan herbal yang berbentuk cair dengan dosis 3-4 sendok makan. Fungsinya sebagai pakan alami bagi benih lele sangkuriang tersebut.

  • Tahap penyortiran Benih Lele kedua

Tahap penyortiran kedua dapat dilakukan pada saat benih telah berumur satu bulan. Proses atau tata cara penyortirannya sama seperti pada saat tahap penyortiran pertama.

Hanya saja pada saat penyortiran pertama benih yang dihasilkan masih sedikit. Sedangkan pada saat penyortiran kedua benih yang dihasilkan lebih banyak.

Penyortiran kedua ini lebih difokuskan untuk mendapatkan benih yang berukuran 6 cm dan 4 cm.Demikian Tahap Penyortiran Lele Menyeragamkan Ukuran Benih  semoga bisa di jadikan bahan rujukan.Tulisan lain Budidaya Pembibitan Lele Organik Rumahan Kusus Pemula

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Tahap Penyortiran Lele Menyeragamkan Ukuran Benih | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.