Proses Pemijahan Induk Ikan Lele sangkuriang

Proses pemijahan induk ikan lele sangkuriang –  Ada ciri kusus induk ikan lele sangkuriang siap dan sudah bisa kita pijahkan.Tidak semua induk dalam satu kolam yang bisa untuk di pijah,maka dari itu,pentingnya pengetahuan mengenai ciri kusus induk lele sangkuriang yang sudah saip di pijah..

Syarat induk lele yang bisa di pijah adalah induk dalam kondisi sehat,tidak cacat,memiliki masa pertumbuhan yang cukup bagus dan induk lele sudah memiliki umur paling tidak satu tahun dengan bobot minimal satu Kg.

Jika anda sudah menemukan induk dengan kriteria yang sudah saya jelaskan di atas,maka tahap selanjutnya bisa langsung melakukan pemijahan.dalam tiorinya,induk jantan dan betina juga memiliki kriteria lain,supaya lebih detail dan lengkap,ciri induk jantan dan betina yang sudah siap untuk di pijah antara lain..Proses Pemijahan Induk Ikan Lele sangkuriang

Advertisements

Ciri Induk Betina Siap Di Pijah.

  • Pada bagian perut induk lele sang betina terlihat membesar,jika perut lele tersebut kita pegang,perut terlihat lembek.
  • Pada bagian kelamin induk betina terlihat bulat serta di bagian kelamin tersebut memiliki warna merah jambu dan kelamin sedikit mengembang..

Ciri induk Jantan Siap Pijah.

  • Pada bagian kelamin induk jantan terlihat membesar dan panjang jelas jika kita lihat.
  • Bagian alat kelamin induk lele jantan memiliki warna merah jambu,sama persis dengan induk betina.

Proses pemijahan induk lele sangkuriang.

Akan lebih bagus jika pemijahan lele sangkuriang menggunakan metode alami,tanpa ada unsur pemaksaan misal kita paksa dan pemijahan tersebut terdapat campur tangan manusia.selain mampu menghemat biyaya yang akan kita keluarkan,pemijahan alami juga tergolong sederhana dan mudah..

Advertisements

Kelebihan lain,pemijahan ikan lele secara alami juga memiliki kualitas yang lebih bagus jika kita bandingkan dengan pemijahan hasil ikut campur tangan manusia,bisa saja pemijahan ikan lele sangkuriang menggunakan teknik suntik..

Pemijahan alami bererati telur ikan lele sangkuriang tersebut benar-benar masak atau sudah waktunya telur tersebut matang..Sangat jauh berbeda dengan teknik pemijahan secara pemaksaan yang dengan sengaja kita mengelurkan telur dari induk lele tersebut..

Yang pastinya,jika ikan lele tersebut mengalami pemijahan secara alami,berarati kita tidak membutuhkan pengobatan kusus.lain halnya dengan pemijahan menggunakan metode tangan manusia yang harus menyiapkan o-bat Ovaprim yang banyak petani di gunakan pemijahan tersebut..Proses Pemijahan Induk Ikan Lele sangkuriang

Kolam Untuk pemijahan Induk Lele sangkuriang.

Dalam masa pemijahan ini,tidak ada batasan apapun untuk menggunkaan kolam,Intinya,kolam apa saja bisa untuk di gunakan pemijahan induk ikan lele,yang perlu di perhatikan adalah kualitas dari air tersebut.yang penting menggunakan air bersih,bebas dari bahan kimia..

Kolam yang digunakan akan lebih baik tidak luas dan juga tidak sempit.sesuaikan dengan induk dari lele tersebut.dan ketinggian air kolam yang sangat bagus berkisar antara 20 sampai 35 cm.

Selain itu,kita juga membutuhkan bahan atau alat untuk induk tersebut meletakkan telurnya.alat yang bisa kita berikan adalah ijuk yang harus anda susun rapi.nantinya induk lele akan meletakkan telurnya dalam ijuk tersebut setelah siap melakukan pemijahan secara alami..salam..

Advertisements
Proses Pemijahan Induk Ikan Lele sangkuriang | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.