Persiapan Kolam Sebelum Budidaya Ikan Nila Rumahan

Persiapan Kolam Sebelum Budidaya Ikan Nila Rumahan – Budidaya ikan nila bukan lagi hal yang asing dikalangan masyarakat pedesaan. Budidaya ikan nila dilakukan dengan tujuan untuk memperbanyak ikan supaya ikan yang ada di lautan tidak habis karena banyaknya permintaan akan ikan.

Salah satu jenis ikan yang banyak diminati oleh konsumen di pasaran adalah ikan nila. Karena banyaknya permintaan akan nila membuat orang-orang lebih memilih untuk memperbanyak ikan nila supaya keberadaan ikan nila di lautan tidak menipis.

Budidaya ikan nila bukanlah hal yang mudah. Diperlukan pengetahuan yang cukup luas agar budidaya yang dilakukan tidak menyalahi aturan.

Advertisements

Di dalam melakukan budidaya ikan nila, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Salah satu tahapan yang harus dilakukan adalah tahap pembesaran. Tahap pembesaran merupakan tahap dimana ikan nila yang masih bibit terus dikembangkan atau dibesarkan sehingga mendapatkan ikan nila sesuai dengan permintaan konsumen.

Kolam yang digunakan untuk pembesaran ikan nila adalah kolam tanah. Kolam tanah dinilai sangat cocok karena memiliki beberapa kelebihan. Beberapa kelebihan tersebut seperti pembuatan dan perawatannya tidak memerlukan biaya yang mahal.

Persiapan Kolam Sebelum Budidaya Ikan Nila Rumahan

Dari sekian banyak pembudidaya yang ada di Indonesia, kolam tanah inilah yang paling banyak dipakai di dalam perbanyakan ikan nila.

Berikut ini langkah-langkah di dalam melakukan pembesaran ikan nila.baca Umpan Dan Cara Mancing Ikan Keli

Persiapan Kolam Sebelum Budidaya Ikan Nila Rumahan

Mempersiapkan kolam merupakan hal yang paling utama yang harus dilakukan. Sebab kolam menjadi tempat tinggal ikan. Jika tidak ada kolam, sama saja kita tidak membudidaya ikan.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa kolam tanah merupakan kolam yang paling bagus untuk melakukan pembesaran ikan nila. Selain jenis kolamnya, sistem pengairan juga perlu dipilih. Ada dua sistem yang digunakan untuk pembesaran ikan nila. Dua sistem tersebut yaiiitu sistem air tenang dan sistem air mengalir.

Advertisements

Peningkatan produktivitas perlu dilakukan pada saat melakukan pembesaran ikan nila. Untuk meningkatkan produktivitas kolam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dan diantaranya sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kestabilan suhu air. Perubahan suhu sering kali terjadi. Terlebih lagi saat ini sering kali terjaddi musim pancaroba. Untuk menstabilkan suhu air tersebut caranya adalah dengan sistem kandung panas. Sistem kandung panas yaitu sistem dimana lingkungan akan menyerap dengan baik kandungan panas yang akan masuk ke dalam kolam.
  2. Melengkapi sistem aerasi yang memadai. Sistem aerasi yang baik memang harus dilengkapi di dalam melakukan budidaya ikan apa saja sebab sistem aerasi sangat penting agar pengairan dapat berjalan dengan lancar.

Seperti yang telah disebutkan diatas yaitu sistem aerasi sangatlah penting di dalam membudidayakan ikan jenis apa pun. Hal tersebut memanglah benar.Tulisan terkait Umpan Mancing Udang Paling Galak

Tidak hanya ikan saja yang pembesarannya harus disediakan sistem aerasinya tetap tumbuh-tumbuhan juga perlu sistem aerasi agar air dapat mengalir dengan baik.

Advertisements

Tips Memilih Benih NILA Berkualitas Unggul

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memiliki nilai ekonomis. Karena memiliki nilai ekonomis membuat para pebisnis lebih memilih untuk menekuni usaha di bidang budidaya ikan nila.

Yang menekuuni usaha tersebut bukan satu atau dua orang tetapi sudah puluhan hingga ratusan orang yang sudah menekuni usaha ini dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Membudidayakan ikan nila bukanlah hal yang mudah. Kita dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih tentang bagaimana caranya membudidayakan ikan nila yang baik dan benar. Jika kita tidak memiliki pengetahuan tersebut maka kita tidak bisa melakukan usaha budidaya ikan nila ini.Simak Doa Memancing Ikan Di Laut Supaya Dapat Ikan Besar VS Keselamatan

Sebelum membudidayakan ikan nila, persiapkan terlebih dahulu kolam atau tambak yang nantinya digunakan untuk membudidayakan ikan nila tersebut. Lebar dan panjang kolam disesuaikan dengan lahan yang kita punya atau sesuai dengan teknik yang kita gunakan.

Selanjutnya masuk ke dalam pemilihan benih. Pemilihan benih ini bertujuan agar benih yang kita gunakan bukanlah benih yang sembarangan. Gunakanlah benih yang berkualitasa agar tidak rentan terserang hama dan enyakit.

Dimanakah kita bisa mendapatkan benih yang sesuai atau benih yang berkualitas? Kita bisa mendapatkan benih yang berkualitas dari pembenih yang kualitas benihnya meman g sudah diakui. Kita bisa mendatangai langsung pembenih tersebut lalu memilih sendiri mana benih yang berkualitas.

Memilih Benih/Bibit Nila Unggulan

Di dalam memilih benih yang berkualitas, sebaiknya kita menyediakan terlebih dahulu persyaratan di dalam memilih benih. Persyaratan tersebut bisa kita cocokkan ketika kita memilih benih. Beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk benih yang berkualitas diantaranya sebagai berikut.Baca Warna Air Kolam Lele Yang Bagus Dan Cepat Besar

  1. Hasil pemijahan yang bukan satu keturunan.
  2. Pergerakannya aktif.
  3. Bentuk tubuh normal.
  4. Keseragaman ukuran.
  5. Panjang dari bibit tersebut (disesuaikan dengan kebutuhan).

Itulah beberapa persyaratan yang perlu di terapkan ketika memilih benih yang berkulitas.

Dari uraian di atas disebutkan bahwa salah satu persyaratan yang perlu dipenuhi untuk benih yang berkualitas adalah panjang benih yang juga perlu diperhatikan. Ketika memilih benih, usahakan panjang benih semuanya seragam. Gunakanlah satuan cm atau centimeter agar memudahkan di dalam melakukan pengukuran.

Dengan menyeragamkan seluruh ukuran benih maka nantinya ketika dipanen juga tidak perlu repot-repot untuk menentukan ikan mana yang akan dipanen.

Tidak hanya itu saja, jenis benih ikan nila juga harus diperhatikan. Biasakan untuk memilih benih ikan nila yang sudah jelas jenisnya. Lantas, jenis apakah yang baik untuk dibudidayakan? Jenis benih ikan nila yang baik untuk dibudidayakan adalah nila Gesit.

Ya, nila gesit memang merupakan jenis ikan nila yang sangat unggul. Bahkan para pembudidaya yang sudah mengerti di bidangnya saja sudah memilih ikan nila gesit untuk dibudiayakan.

Bagaimana, jenis ikan nila apakah yang akan Anda gunakan? Selamat mencoba membudidayakan ikan nila.simak dulu Syarat Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal,Tanah,Beton

Persiapan Kolam Sebelum Budidaya Ikan Nila Rumahan | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.