Penyakit Ikan Lele Perut Kembung,Radang Insang,Penyakit Kulit

Penyakit Ikan Lele Perut Kembung,Radang Insang,Penyakit Kulit – Penyakit merupakan hal yang paling ditakutkan oleh pembudidaya lele sangkuriang. Sebab, jika penyakit sudah menyerang lele sangkuriang, kemungkinan besar lele tersebut akan mati.

Namun, itu terjadi jika penanganan yang dilakukan tidak cepat. Jika penanganan dilakukan dengan sesegera mungkin, penyakit tersebut tidak akan membuat lele menjadi mati.

Penyakit yang menyerang lele sangkuriang bukan karena tidak ada penyebabnya. Hal yang menyebabkan penyakit menyerang lele sangkuriang adalah karena jamur, parasit, serta bakteri.

Advertisements

Biasanya yang menyebabkan jamur, parasit, dan bakteri itu adalah manusia atau pembudidaya ikan lele sangkuriang tersebut.

Sebagai contoh, pembudidaya lele sangkuriang salah dalam pemberian pakan. Akibatnya jamur, parasit, dan bakteri akan langsung menyerang lele sangkuriang. Inilah yang dikatakan sebagai penyakit.Penting di baca Hama Lele Sangkuriang Paling Berbahaya Untuk Bibit

 

Penyakit Ikan Lele Perut Kembung,Radang Insang,Penyakit Kulit

Penyakit Ikan Lele Perut Kembung,Radang Insang,Penyakit Kulit

Ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang lele sangkuriang. Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang lele sangkuriang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Penyakit radang insang

Penyakit radang insang merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang lele sangkuriang. Penyakit radang insang ini disebabkan oleh parasit.

Penyebab dari penyakit radang insang adalah karena pembudidaya ketika memberikan pakan kepada lele sangkuriang terlalu pagi.

Akibatnya air kolam belum terjemur dan belum mengeluarkan polusi udara. Akibatnya polusi udara tersebut akan mencemari kolam.Penting di baca juga Hari Baik Mancing Menurut Tanggal Lahir Weton

Advertisements
Advertisements

Otomatis pakan yang diberikan akan bercampur dengan polusi udara dan pakan yang bercampur dengan polutan sangat berbahaya untuk dimakan oleh lele sangkuriang.

Akibatnya lele sangkuriang dapat terserang penyakit yang dinamakan penyakit radang insang ini. Penyakit radang insang dapat dicegah dengan cara tidak memberikan pakan pada lele sangkuriang terlalu pagi.

  • Penyakit kulit

Penyakit radang kulit disebabkan oleh pH air yang terlalu tinggi dan juga terlalu rendah. Seharusnya pH air yang dipakai untuk membudidayakan lele sangkuriang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. pH air yang dianjurkan untuk budidaya lele sangkuraing adalah 7-9.

Gejala yang akan ditimbulkan jika penyakit kulit menyerang lele sangkuriang adalah timbulnya bintik berwarna putih hampir diseluruh bagian kulit lele sangkuriang.

Gejala lainnya dari serangan penyakit kulit adalah lele sangkuriang lebih sering menggesek-gesekkan kulitnya pada permukaan dingin kolam.Wajib anda baca Umpan Jitu Galatama Lele Induk Terbaru Paling Ampuh

Untuk mencegah penyakit kulit, caranya mudah. Cukup dengan melakukan pengomposan air kolam sebelum air dimasukkan ke dalam kolam. Dengan begitu, tidak ada lagi lele sangkuriang yang terkena penyakit kulit.

Sedangkan untuk menanggulangi penyakit kulit dapat dilakukan dengan cara memberikan obat atau ramuan herbal pada air kolam atau dapat langsung pada lele sangkuriangnya.

  • Penyakit perut kembung

Lele sangkuriang juga dapat terserang penyakit perut kembung. Gejala yang akan ditimbulkan jika penyakit perut kembung menyerang lele sangkuriang adalah perut lele menggembung dan lele lebih sering terlihat mengapung diatas air.

Perut kembung tersebut berisi cairan dan angin. Karena itulah perut lele tampak sangat kembung.

Mungkin hanya ini saja tulisan malam ini seputar Penyakit Ikan Lele Perut Kembung,Radang Insang,Penyakit Kulit semoga bisa bermanfaat.simak juga tulisan terkait lain Umpan Galatama Lele Malam Hari Terbukti Galak

Penyakit Ikan Lele Perut Kembung,Radang Insang,Penyakit Kulit | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.