Pengendalian Pertumbuhan Algae Pada Kolam Ikan koi

Pengendalian Pertumbuhan Algae Pada Kolam Ikan koi – Dalam hal melakukan budidaya ikan koi ini, tentunya ada beberapa cara yang harus dan sangat perlu kita jaga. Salah satu cara tersebut ialah menjaga kebersihan kolam ikan koi agar tidak terserang hama atau pun penyakit. Ketika kolam koi tersebut sudah mulai terserang hama atau pun penyakit, maka akan sulit untuk di lakukannya pembersihan.

Advertisements

Biasanya yang paling banyak menyerang ikan koi ini ialah dapat berupa seperti algae. Alge ini biasanya sering menyerang ikan koi tersebut ketika waktu musim hujan telah tiba. Selain itu, algae ini juga akan sering menyerang ikan koi ini ketika kolam dalam keadaan yang tidak bersih.

Pengendalian Pertumbuhan Algae Pada Kolam Ikan koi

Pengendalian Pertumbuhan Algae Pada Kolam Ikan koi

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat membantu mengatasi perkembang biakan alge di dalam kolam ikan koi. Jika anda ingin mengetahuinya, anda bisa melihatnya di bawah ini :Jangan lupa baca juga Berbagai Macam Klasifikasi Ikan koi Terbaik Paling Digemari

Melakukan pembersihan kolam

Kolam koi ini merupakan sesuatu yang paling penting dalam kehidupan koi, maka dari itu kebersihan memang sangat di pentingkan. Karena jika kolam ikan tersebut tidak dalam keadaan yang bersih, maka pertumbuhan algae akan semakin berkembang pesat, sehingga dapat menyebabkan gangguan kesehatan ikan koi tersebut.

Dalam melakukan pembersihan ini tidak hanya di lakukan di dalam kolam ikan koi tersebut, melainkan juga harus di lakukan di dalam pipa saluran air yang terdapat di dalam kolam koi tersebut. Pembersihan kolam ini harus di lakukan secara rutin dan juga harus di lakukan dengan cara yang baik, agar kolam koi tersebut tidak akan mengalami serangan algae.Tulisan terkait Kualitas Air Pada Kolam Ikan Koi Supaya Ikan Sehat

Advertisements

Mengganti air secara periodik

Mengganti air secara periodik juga merupakan sesuatu yang sangat di pentingkan ketika melakukan pembudidaya ikan koi ini. Kita dapat mengganti air kolam ikan tersebut seriap seminggu sekali, tetapi jika kolam air tersebut telah kotor sebelum waktunya maka ada baiknya jika kita melakukan pergantian air tersebut secara cepat.

 

Memberi zat water cleaner

Jika algae sudah mulai menyerang kolam ikan koi, maka ada baiknya jika kita melakukan pembersihan dengan menggunakan water cleaner. Dengan metode kimia yang satu ini akan sangat memudahkan kita untuk membunuh algae yang ada di dalam kolam ikan koi tersebut.

Pengendalian Pertumbuhan Algae Pada Kolam Ikan koi

Algae akan semakin cepat tersingkirkan akibat zat water cleaner yang telah kita berikan kepada kolam ikan koi tersebut. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa water cleaner ini merupakan suatu zat kimia yang tentunya dapat membunuh bakteri dan alge yang berada di dalam kolam ikan koi tersebut.

Menaungi kolam koi

Air kolam koi tersebut harus tetap selalu keadaan yang bersih dan tentunya sehat untuk ikan koi. Biasanya air kolam yang sehat tersebut memiliki suhu yang sedang. Artinya tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin, maka dari itu jika ingin melakukan budi daya ikan koi di dalam kolam, maka ada baiknya jika kita melihat suhu air yang ada di sekitar kolam ikan tersebut.

Demikian Sedikit uraian dan Panduan mengenai Pengendalian Pertumbuhan Alge Pada Kolam Ikan koi semoga saja bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang sedang budidaya ikan koi di rumah..baca tulisan terkait lain Berbagai Jenis Makanan Ikan Koi Kusus Budidaya

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Pengendalian Pertumbuhan Algae Pada Kolam Ikan koi | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.