Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila

Pengendalian hama penyakit pada ikan nila – Sebagai seorang peternak,kita juga wajib mengetahui gejala serta jenis hama dan penyakit yang biasa menyerang Ikan nila,baik penyakit mematikan maupun jenis hama yang sering membuat petani Ikan nila resah.

Advertisements

tentu dalam ternak ikan nila kita menginginkan laba yang cukup sebagai modal awal dan sudah memang menjadi tujuan dari pada ternak nila tersebut.tapi masalah yang sering timbul di lapangan,masih banyak para petani kesulitan ketikan sedang menghadapi hama dan penyakit,dan tak sedikit pula yang belum mengetahui gejala serta Penanganan secara benar dan cepat..

Sebab dalam budidaya ikan nila baik di kolam tanah,kolam terpal dan di jaring apung atau keramba,kita di wajibkan mengetahui poin-poin di atas,tujuannya satu,yaitu untuk mengantisipasi apabila hal tersebut datang menyerang ternak ikan nila kita..Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila

Dengan kita sudah mengetahui gejala jika nila kita terserang hama penyakit,maka akan lebih mempermudah kita untuk mengantisipasi dan pengobatan supaya tidak di timbulkan kerugian yang terlalu besar.Akan tetapi,masih banyak para petani mengabaikan hal ini,jadinya usaha yang sedang di jalankan akan lebih cepat mengalami gulung Tikar akibat modal awal tidak kembali semua ikan ternaknya mati..

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila

Untuk masalah hama dan penyakit yang kerap menyerang ikan nila terdapat beberapa jenis baik itu dari virus,bakteri dan parasit.tentu saja cara penanganan serta pengendaliannya juga berbeda antara satu penyakit ke penyakit lain,tergantung dari gejala yang di timbulkan..

Yang pertama akan sedikit saya bahas adalah Jenis hama.Hama sendiri jika kita artikan merupakan organisme yang cukup berbahaya dan di rasa akan berdampak negatif bagi ternak ikan nila yang sedang kita rintis.Pada umumnya yang sering di temukan di lapangan,jika hama akan lebih dominan menyerang anakan ikan nila..

Baca juga: Primbon Mancing Ikan Hari Baik Keberuntungan

Intinya ikan yang baru saja mulai dari tahap pembenihan hingga benih siap kita tebar di kolam,akan lebih rentan terhadap serangan hama.contoh maha yang dari jenis binatang antara lain,ular,tikus,burung,kelelawar dan masih banyak lagi yang intinya lebih menyerang pada benih ikan..

Metode hama menerang pada benih ikan nila dengan teknik menyerap cairan bagian tubuh benih pada benih ikan yang berhasil di tangkap..jika hal ini sudah menimpa benih,maka dalam hitungan hari saja,ikan akan mengalami kematian dan bisa juga menyebar ke benih lain yang masih sehat..

Jika penanganan dan pengendalian hama ini salah dan kurang cepat,bisa di pastikan jika hampir seluruh benih ikan nila yang baru anda tebar atau besarkan akan mati tidak tersisa.Lakukan pengobatan dan penaganan apabila sudah kita temukan gejala serta ciri benih ikan nila terserang hama dan penyakit..

Pengendalian hama pada benih ikan nila

Cara yang paling mudah,untuk mencegah bakteri atau orgasme tersebut menyerang dan menulari benih nila yang masih sehat,lakukan pengeringan pada kolam benih ikan nila tersebut,lalu pisahkan,ikan yang terlihat sakit dengan ikan yang masih sehat di tandai dengan memiliki gerak lebih lincah jika kita bandingkan dengan benih yang sakit dominan lambat dan jarang bergerak.

Advertisements

Selain dengan pengeringan kolam kita juga bisa melakukan pengapuran atau menyaring air yang sedang masuk ke dalam kolam tersebut.selain itu,kita juga bisa memberikan beberapa insektisida bisa anda gunakan untuk melakukan pengobatan atau untuk melakukan pencegahan dengan dosis yang telah ditentukan dalam kemasan..

Baca juga: Pengaruh Mancing Sesudah Sebelum Hujan

Hal-berikut yang bisa anda lakukan untuk melakukan pencegahan hama serta penyakit pada ikan nila yang mungkin akan sangat berguna bagi anda yang selama ini melakukan ternak atau budidaya ikan nila.

  1. Perhatikan Ph air dan kualitas air yang di gunakan supaya ikan nila tidak akan mudah stres.
  2. Lakukan sinitasi serta desinfeksi pada peralatan atau tempat yang kita gunakan.
  3. Lakukan sistem karantina bagi ikan yang mulai akan kita tebar atau ikan yang akan kita campurkan di dalam kolam pembesaran.
  4. Jika sudah di temukan ikan terserang gejala penyakit,langsung segera pindahakan atau ikan kita isolasi.
  5. Lakukan pencegahan degan sistem penembahan bahan antiseptik secara berkala baik pada kolam pembenihan maupun kolam nila untuk tahap pembesaran.

Pengobatan Penyakit Pada ikan Nila

Pengobatan pada ikan nila hanya bisa di lakukan jika dalam kondisi ikan telah parah dan tidak ada jalan lain untuk menanggulanginya.maka sebelum melakukan pengobatan,anda juga wajib memperhatikan jumlah ikan dalam air,volume air kolam wadah serta jenis penyakit dan gejalanya pada ikan nila.

Volume air yang pertama harus nada perhatikan,perhitungkan dan ukur seberapa banyak air dalam kolam tersebut,sebab hal ini juga akan menentukan dosis ob-at yang akan kita gunakan untuk pengobatan.akan lebih bagus jika pengobatan menggunakan volume air yang kecil saja.jangan lupa kolam ikan wajib anda berikan aerasi untuk menghindari kurangnya oksigen dalam air kolam tersebut.

Baca juga: Musim Dan Bulan Terbaik Untuk Mancing Ikan

Selanjutnya adalah jumlah ikan dalam kolam yang akan kita lakukan pengobatan hal ini juga wajib anda perhatikan,jangan sampai membuat stres pada ikan lain yang masih stres,jika di rasa masih bisa kita pilih ikan yang terserang sakit,maka akan lebih bagus jika kita lakukan isolasi untuk mencegah hal yang tidak di inginkan pada nila yang masih sehat..

Kenali gejala serta jenis penyakit yang menyerang hal ini untuk menentukan jenis ob-at dan dosis yang akan kita berikan.cara untuk mengetahui gejala penyakit ikan bisa anda lihat seperti tabel di bawah ini dan sesuaikan dengan pengobatan yang sesuai.

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila

Dan yang terahir adalah jenis ob-at serta dosis yang akan kita berikan.hal ini juga harus selalu di perhatikan.lakukan pengobatan tepat sesuai gejala yang di timbulkan supaya pengobatan yang kita lakukan akan lebih terasa kasiat dan manfaatnya pada nila tersebut

Baca juga: Cara Ternak Ikan Patin Dengan Keramba

Demikian penjelasan tentang pengendalian hama penyakit pada ikan nila semoga berguna dan bermanfaat…

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.