Pakan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri Bibit Dewasa Cepat Besar

Pakan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri Bibit Dewasa Cepat Besar – Supaya lele sangkuriang mendapatkan nutrisi yang lengkap, pakan yang diberikan harus pakan yang memiliki banyak nutrisi dan protein. Tidak hanya dari segi kualitasnya saja, pemberian pakan harus dilakukan dengan komposisi yang pas dan dalam waktu yang tepat pula. Pemberian pakan sangat berpengaruh terhadap kualitas lele sangkuriang itu sendiri.

Jika pakan yang diberikan tidak berkualitas maka lele sangkuriang yang dihasilkan juga tidak akan berkualitas. Begitu pula sebaliknya. Untuk itulah berikan pakan yang berkualitas pada lele sangkuriang agar menghasilkan lele sangkuriang yang berkualitas pula.

Di dalam pemberian pakan terhadap lele sangkuriang, ada yang namanya makanan pokok dan ada pula yang namanya makanan tambahan.  Makanan pokok merupakan makanan yang wajib diberikan. Biasanya, pembudidaya lele sangkuriang memberikan pakan pokok berupa pelet.

Advertisements

Pakan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri Bibit Dewasa Cepat Besar

Pelet ini merupakan buatan pabrik yang bentuknya bulat. Tidak hanya itu saja, makanan pokok lainnya yang wajib diberikan adalah pakan alami. Pakan alami ini berupa plankton, cacing-cacing kecil, kutu air, dan lain sebagainya. Pakan alami biasanya dibuat dengan cara mencampurkan air dengan pupuk organik yang berasal dari kotoran kambing sebelum air tersebut masuk ke dalam kolam.Silahkan baca dulu Persiapan Sebelum Budidaya Ikan Koi Ala Pemula

Berbicara mengenai pakan yang diberikan pada lele sangkuriang, ada beberapa jenis pakan yang sering diberikan pada lele sangkuriang. Lantas, apa-apa saja jenis pakan yang sering diberikan untuk lele sangkuriang? Jenis pakan yang sering diberikan pada lele sangkuriang diantaranya adalah sebagai berikut.

Pakan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri Bibit Dewasa Cepat Besar

Pakan Pelet

Pelet merupakan salah satu jenis makanan yang dapat diberikan pada lele sangkuriang. Pelet ini termasuk pakan buatan pabrik. Pelet berbentuk padat, bulat, serta teksturnya yang kering. Tidak hanya diberikan pada lele sangkuriang saja, tetapi pelet juga dapat diberikan pada ikan tawar jenis lainnya.Tulisan terkait Racikan Umpan Ikan Mas Sederhana Namun Galak

Pelet terbagi atas dua jenis, yaitu pelet tenggelam dan pelet apung. Fungsi dari pelet ini sama seperti namanya. Untuk pelet tenggelam, fungsinya untuk memberikan pakan pada lele sangkuriang tetapi jika ditebar di kolam akan langsung tenggelam. Namun, untuk pelet apung fungsinya sama yaitu untuk memberikan pakan pada lele sangkuriang tetapi jika ditebar di kolam akan mengapung.

Pakan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri Bibit Dewasa Cepat Besar

Advertisements

Seperti yang telah disebutkan diatas, pemberian pakan seperti pelet ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan lele sangkuriang. Apabila pelet yang diberikan berkualitas maka pertumbuhan lele sangkuriang akan lebih cepat lagi dan masa panen pun akan lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan.

Perlu diketahui bahwa pelet memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dibandingkan dengan pelet tenggelam, kandungan protein pelet apung lebih tinggi. Kandungan protein di dalam pelet apung lebih kurang 40%.

Pakan Lele Sangkuriang  alami

Pakan alami merupakan pakan yang memang berasal dari alam langsung dan bukanlah berasal dari pabrik. Di alam, biasanya lele sangkuriang memakan pakan alami berupa kutu air, cacing kecil, plankton, dan beberapa jenis pakan alami lainnya.Jangan lupa baca juga Pakan Ikan Patin Dari Bibit Hingga Dewasa Siap Panen

Advertisements

Pemberian pakan alami ini bisa diterapkan pada budidaya lele sangkuriang. Namun, tidak semua pembudidaya lele sangkuriang memberikan pakan alami karena pelet dianggap sudah cukup. Namun tak sedikit pula pembudidaya yang memberikan pakan alami sebagai pakan tambahan.

Untuk menyediakan pakan alami, pembudidaya cukup melakukan pemupukan air terlebih dahulu sebelum air dimasukkan ke dalam kolam. Dengan begitu, pertumbuhan pakan alami akan semaksimal mungkin. Pupuk yang diberikan pada air bukanlah pupuk sembarangan melainkan pupuk organik yang berasal dari kotoran kambing. Dibandingkan dengan pelet, pakan alami memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.

Pakan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri Bibit Dewasa Cepat Besar

Pakan Tambahan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri

Sedangkan untuk pakan tambahan tidak wajib diberikan tetapi jika diberikan juga tidak masalah bahkan lebih bagus lagi jika diberikan. Pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai pakan tambahan saja.Baca juga Umpan Jitu Ikan Patin Kolam Belum Di ketahui Orang

Berbicara mengenai pakan tambahan, pakan tambahan memiliki berbagai macam jenisnya. Banyak pembudidaya lelel sangkuriang yang menggunakan pakan tambahan. Pakan tambahan ini sangat membantu pertumbuhan lele sangkuriang ini. Tidak hanya dapat membantu pertumbuhan lele sangkuriang saja, tetapi pemberian pakan tambahan juga dapat menghemat penggunaan pelet serta dapat menekan biaya.

Mengingat harga pelet tidak murah, jadi dengan cara memberikan pakan berupa pakan tambahan dapat menekan biaya yang dikeluarkan untuk membeli pelet.

Namun, pemberian pakan tambahan tidak boleh diberikan pada saat lele sangkuriang masih menjadi bibit. Tetapi pemberian pakan tambahan dilakukan pada saat 11 hari sebelum lele sangkuriang dipanen. Pemberian pakan tambahan ini dibarengi dengan mengurangi jatah pelet tenggelam.

Ada beberapa jenis pakan tambahan yang dapat diberikan pada lele sangkuriang. Pakan tambahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Pakan lele sangkuriang Ikan runyah

Ikan runyah merupakan salah satu jenis pakan tambahan. Ikan runyah ini merupakan ikan yang ukurannya sangat kecili sehingga tidak layak untuk dikonsumsi oleh manusia. Karena itulah ikan runyah diberikan pada lele sangkuriang sebagai pakan tambahan.Artikel terkait lainnya Umpan Mancing Ikan Patin Semua Lokasi Paling Galak

Apabila ingin memberikan pakan runyah sebagai pakan tambahan, sebaiknya ikan runyah digiling terlebih dahulu dan dicampurkan dengan dedak halus atau bisa juga dicampur dengan tepung yang digunakan untuk membuat pelet.

Pakan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri Bibit Dewasa Cepat Besar

Pakan lele Sangkuriang Bangkai ayam

Bangkai ayam dapat diberikan pada lele sangkuriang untuk pakan tambahan yang diberikan pada saat lele sangkuriang sudah besar. Agar lebih aman lagi diberikan pada lele sangkuriang, sebaiknya bangkai ayam dimasak terlebih dahulu. Bangkai ayam dapat dimasak dengan dibakar atau bisa juga dengan cara direbus.

Apabila bangkai ayam tidak dimasak terlebih dahulu, nantinya bakteri tetap menempel pada bangkai ayam dan jika dimakan oleh lele sangkuriang akan mengakibatkan lele sangkuriang menjadi sakit. Untuk itulah sangat dianjurkan untuk memasak bangkai ayam terlebih dahulu sebelum diberikan pada lele sangkuraing sebagian pakan tambahan.

Cara memberikan bangkai ayam sangatlah mudah. Cukup diikat dengan menggunakan tali kemudian di letakkan di kayu penyangga dan langsung dimasukkan ke dalam kolam. Jika sudah habis dimakan, nantinya tulang dari bangkai ayam tersebut dapat diangkat dengan mudah.Mungkin hanya inis aja Pakan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri Bibit Dewasa Cepat Besar.Tulisan terkait Lain Doa Memancing Ikan Di Laut Supaya Dapat Ikan Besar VS Keselamatan

Pakan Lele Sangkuriang Buatan Sendiri Bibit Dewasa Cepat Besar | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.