Pakan lele Organik Hasil Buatan Sendiri

Pakan lele organik hasil buatan sendiri – Dalam melakukan ternak ikan lele,pakan merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi pertumbuhan ikan tersebut.baik pakan lele jenis sangkuriang maupun untuk jenis lele apa saja,pakan yang berkualitas lah salah satu kunci keberhasilan dalam budidaya ternak ikan lele..

Advertisements

Ikan lele tergolong ikan yang sangat haus akan pakan,berapapun pakan yang kita berikan,pasti akan habis tak tersisa.pakan yang tepat akan lebuh cepat untuk menggenjot pertumbuhan lele dengan waktu yang cukup singkat..

Pakan utama ikan lele adalah pelet,akan tetapi,jika hanya mengandalkan pakan pelet apalagi buatan pabrik,mungkin untuk yang akan kita dapat juga menipis tanpa adanya pakan tambahan yang kita berikan untuk mengurangi biyaya pembelian pakan pelet pabrik.Pakan lele Organik Hasil Buatan Sendiri

Banyak peternak lele yang hanya mengandalkan pelet tanpa di berikan pakan tambahan.Intinya ikan lele tersebut hanya di berikan pakan pelet setiap harinya..Memang,cara ini mampu membuat lele cepat besar jika pakan yang kita berikan setiap hari tercukupi,akan tetapi,lele yang cepat besar,juga besar pula modal yang anda keluarkan untuk membeli pakan pelet tersebut..

Cara membuat pakan ikan lele Organik.

Tak ada salahnya jika kita mulai kreatif untuk membuat pakan lele sendiri.pakan pabrik yang biasa kita beli di toko,sebenarnya hanya campuran dari bahan-bahan tertentu yang kemudian di campur menjadi satu,lalu selanjutnya di cepat bulat kecil..

Advertisements

Bahan untuk membuat pakan pelet sendiri antara lain.

  1. tepung ikan.
  2. tepung terigu.
  3. tepung daging.
  4. tepung tulang.
  5. dedak halus.
  6. bungkil kedelai.
  7. bungkil kelapa minyak.
  8. mineral dan vitamin Mix.

Jika semua bahan di atas mampu anda siapkan,kita sudah bisa memproduksi sendiri pakan lele organik hasil buatan sendiri.cara membuat juga tergolong cukup mudah,semua bahan kita haluskan,lalu kita campur dan cetak,itu saja..

Jika anda kesulitan dalam mencari di antara jenis bahan di atas,Tidak perlu Harus semua ada,misal hanya bisa mendapatkan 5-6 buah bahan saja.hal tersebut sudah bisa kita buat menjadi pelet yang berkualitas..bahan di atas sudah tergolong bahan pelet super unggul,Jika di toko pelet yang memiliki harga paling mahal..

Jenis pakan Bagus Untuk Lele.

Dalam dunia ikan lele,yang sering kita kenal,hanya ada dua jenis pakan utama dan memiliki kualitas bagus untuk pertumbuhan lele tersebut.yaitu pakan jenis pelet apung dan pakan jenis pelet tenggelam..

Pelet apung sendiri adalah pelet yang jika kita lempar ke air ia tidak mau tenggelam,ia akan terapung dan ikan akan meloncat untuk memakannya.

Pelet tenggelam adalah pelet yang jika kita lempar ke kola akan langsung tenggelam. ke dasar kolam.biasanya sebelum pelet mencapai dasar kolam,ia sudah termakan oleh lele yang sedang kelaparan.Jadi sebenarnya pelet tersebut tidak sampai menyentuh dasar kolam..

Pakan yang kita berikan,terutama pakan pelet akan sangat menentukan bagi perkembangan ikan lele tersebut.semakin berkualitas pakan yang kita berikan,maka semakin bagus juga bagi pertumbuhan lele tersebut.pakan pelet yang ideal dan berkualitas adalah pelet yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat di butuhkan bagi pertumbuhan lele…salam..

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Pakan lele Organik Hasil Buatan Sendiri | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.