Pakan Ikan Patin Dari Bibit Hingga Dewasa Siap Panen

Pakan Ikan Patin Dari Bibit Hingga Dewasa Siap Panen – Pakan ikan patin baik ikan ternak dan budidaya banyak ragam pilihan yang bisa kita berikan,sebab ikan patin yang hidup di alam liar juga termasuk ikan omnivora,pemakan segalanya,Maka dari itu,Tidak terlalu sulit untuk mencari Pakan ikan patin kusus ternak budidaya..

Advertisements

Seperti yang telah kita ketahui ,Jika ikan patin akan lebih aktif di malam hari untuk mencari makan jika ikan patin hidup di alam liar,Tidak berbeda jauh dengan ikan patin budidaya,ia juga akan lebih dominan menunggu pakan yang di berikan oleh sang juragan..

Jadi intinya kehidupan ikan patin budidaya dan ikan patin liar juga tidak terlalu jauh,dari segia pakan,perawatan serta tata cara pemijahan..

Kusus di indonesia sendiri sampai tahun ini terdapat 2 jenis ikan patin paling populer dan cukup banyak di budidayakan oleh para petani,yaitu Ikan patin siam dan ikan patin lokal,kedua ikan jenis ikan patin tersebut memiliki perbedaan,Jika ikan patin lokal paling berkualitas dan sudah memasukan kualitas ekspor adalah Patin jambal ikan patin ini banyak tersebar di berbagai sungai besar indonesia..

Selain ikan patin jambal,patin lokal lain yang juga cukup terkenal dengan sebutan ikan patin Kunyit,ikan patin kunyit ini banyak sekali di temukan di berbagai sungai kususnya di daerah riau.kedua ikan patin lokal ini sudah masuk pasar ekspor karena kualitas dan rasa daging cukup gurih,empuk dan nikmat..

Pakan Ikan Patin Dari Bibit Hingga Dewasa Siap Panen

Pakan Ikan Patin Dari Bibit Hingga Dewasa Siap Panen

Jika ikan patin hidup di alam liar bisa memakan apa saja,berbeda dengan pakan ikan patin budidaya,Sebagai contoh,Ikan patin yang hidup liar biasa memakan  ikan kecil,cacing,serangga,udang kecil serta biji-bijian..Baca juga Cara Ternak Ikan Patin Dengan Keramba

Kusus untuk ikan patin budidaya atau ternak,pakan paling bagus bisa anda berikan pakan berupa pelet yang bisa di berikan pakan tambahan berupa racikan sendiri,misal bangkai ikan,udang dan masih banyak pakan lain yang bisa kita berikan mengingat ikan patin termasuk ikan pemakan segalanya(omnivora).

Advertisements

Kusus untuk bibit ikan patin masa pemeliharaan wajib di berikan pakan tambahan.karena bibit ikan patin yang hidup di dalam wadah terbatas sehingga kesulitan untuk mencari pakan secara alami,pakan tambahan yang bisa anda berikan berupa Pelet dalam bentuk tepung sesuai dengan jumlah bibit dalam suatu kolam.

Ingat pakan tambahan kusus bibit ikan patin di berikan secara bertahap,sesuai pengalaman para peternak ikan patin,pakan di berikan setiap pagi,siang dan sore hari dengan teknik di tebar secara merat untuk hasil sempurna.selain itu jenis pakan untuk bibit ikan patin paling bagus adalah pakan racikan kita sendiri dengan kadar protein lebih dari 40 persen..simak juga Cara Pembibitan Ikan Patin Kusus Pemula

Pakan Ikan Patin Dewasa 

Berbeda dengan pakan ikan patin benih,ikan dewasa lebih membutuhkan pakan banyak,selain itu,perhatikan juga beberapa kandungan gizi,protein dan vitamin pada pakan tersebut untuk hasil terbaik dan membuat ikan patin cepat besar hanya dengan hitungan bulan..

Pakan Ikan Patin Dari Bibit Hingga Dewasa Siap Panen

Berikan juga pakan tambahan untuk mempercepat proses pertumbuhan ikan patin budidaya tersebut,pakan terbaik bisa kita buat sendiri dengan mengkombinasikan dari beberapa bahan pilihan.Pakan tambahan yang bisa kita berikan berupa pelet..

Kusus pakan tambahan berupa racikan bisa kita berikan adalahs ebagai berikut.

1.Tepung ikan 30 persen.

2.tepung kedelai 25 persen.

3.Bungkil kelapa 25 persen.

4.Dedak halus 20 persen.

Dalam tata cara pemberian pakan ikan patin budidaya di berikan secara bertahap,bisa dari pagi,siang,sore dan malam hari,perhatikan juga dengan bobot atau jumlah ikan untuk pemberian pakan,jumlah pakan yang di berikan berkisar 5 persen dari berat total ikan dalam suatu kolam..

Demikian sedikit tulisan Pakan Ikan Patin Dari Bibit Hingga Dewasa Siap Panen semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda peternak ikan patin di rumah kususnya pemula..Simak tulisan lainnya..Umpan Ikan Patin Racikan Paling Galak Kolam Sungai

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Pakan Ikan Patin Dari Bibit Hingga Dewasa Siap Panen | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.