Mengenal Jenis Ikan Gurami Serta kelebihan Dalam Budidaya

Mengenal Jenis Ikan Gurami Serta kelebihan Dalam Budidaya –┬áBerbicara mengenai ikan gurami, siapa yang tidak mengenal ikan gurami? Pasti semua orang mengenal ikan gurami.

Ikan gurami merupakan salah satu jenis ikan tawar yang dikonsumsi oleh masyarakat. Dari sekian banyak jenis ikan tawar yang ada, ikan gurami ini tidak kalah terkenalnya.

Ikan gurami memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi membuat banyak orang untuk beternak ikan gurami. Beternak ikan gurami banyak dilakukan karena dianggap banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan.

Advertisements

Bagi orang yang tertarik di dunia bisnis beternak atau membudidayakan ikan gurami, pastinya kesempatan ini tidak dilewatkan. Ditambah lagi pasar sangat membuka lebar bagi siapa saja yang ingin menjual ikan hasil budidayanya.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membudidayakan ikan gurami? Jika Anda tertarik, Anda bisa melihat lebih lanjut penjelasan di bawah ini.

Mengenal Jenis Ikan Gurami Serta kelebihan Dalam Budidaya

Mengenal Jenis Ikan Gurami Serta kelebihan Dalam Budidaya

Ikan gurami termasuk jenis ikan yang mudah dibudidayakan. Karena mudah dibudidayakan membuat banyak orang lebih memilih untuk membudidayakan ikan tawar gurami.

Akan tetapi, walaupun sudah banyak orang yang membudidayakan ikan tawar gurami namun tetap saja kebutuhan pakan pada ikan gurami tidak dapat dipenuhi.

Masih diperlukan banyak orang lagi untuk membudidayakan ikan gurami agar dapat memenuhi kebutuhan pakan pada ikan gurami.

Bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis ini, peluangnya sangat menjanjikan. Namun tidak setiap semua pembudidaya akan mendapatkan hasil yang diinginkannya. Hanya pembudidaya yang benar-benar membudidayakan ikan gurami dengan baik sajalah yang akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan keiingannnya.

Ada sebagian kasus yang memperlihatkan kegagalan dari beberapa petani pembudidaya ikan gurami. Setelah diselidiki, ternyata penyebab dari kegagalan dari petani tersebut adalah karena teknik budidaya yang dilakukan tidak bagus serta pemeliharaan ikan gurami pun tidak dilakukan. Karena itulah, kebanyakan pembudidaya yang gagal dikarenakan salah di dalam memilih teknik.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk membudidayakan ikan gurami, gunakan teknik yang benar dan mudah agar tidak menyebabkan kegagalan seperti yang telah disebutkan di atas.

Keunggulan Budidaya Gurami

Setelah kita membahas mengenai budidaya ikan gurami, selanjutnya kita akan membahas mengenai keunggulan yang dimiliki oleh gurami. Ikan gurami sebagai ikan jika sudah diolah sangatlah enak dan gurih.

Keunggulan yang kedua yang dimiliki oleh ikan gurami adalah dagignya yang gurih dan lezat. Duri yang ada di badannya pun tidak ada tidak seperti ikan pada umunya yang lebih banyak tumbuh bulu di bagian bawah mulut.

Selain itu, ternyata ikan gurami juga sangat menyukai makanan yang terbuat dari daun-daunan. Makanan yang terbuat dari daun-daunan memang jelas lebih bagus dan daapat makanan siap saji.

Advertisements

Karena itulah mengapa banyak orang terutama pada ibu rumah tangga yang lebih memilih untuk menggunakan ikan gurami di dalam masakannya.

Memilih Induk Unggul Gurami Budidaya

Budidaya ikan gurami telah banyak digeluti oleh para peternak ikan tawar. Banyaknya yang ingin membudidayakan ikan gurami dikarenakan ikan gurami memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, banyak pasar yang akan menampung hasil ikan yang telah dibudidayakan karena mengingat pasokan ikan gurami saat ini belum bisa terpenuhi.

Walaupun sudah banyak orang yang mulai membudidayakan ikan gurami, namun hal itu beleum bisa mencukupi kebutuhan ikan gurami di pasaran.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membudidayakan ikan gurami? Jika Anda tertarik, Anda bisa melihat penjelasan di bawah ini mengenai bagaimana caranya membudidayakan ikan gurami yang baik.

Sebelum memulai melakukan budidaya ikan gurami, terlebih dahulu Anda harus memilih jenis ikan gurami apa yang akan Anda budidayakan karena mengingat jenis ikan gurami ada begitu banyak. Yang jelas, Anda harus memilih jenis ikan gurami unggulan.

Tidak semua ikan gurami itu berkualitas walaupun sebenarnya sebagian besar jenis ikan gurami itu sangat berkualitas.

Setelah mengetahui jenis ikan gurami apa yang akan dibudidayakan, selanjutnya Anda harus memilih sampai fase berapakah ikan gurami Anda akan dijual kembali. Apakah pada fase pembenihan atau pada saat gurami sudah dewasa.

Pada umumnya, pembudidaya lebih sering menjual gurami sesuai dengan ukurannya. Untuk membedakan antara ukuran satu dengan yang lainnya, akhirnya diberikanlah nama-nama untuk gurami dengan ukurannya masing-masing. Dan beberapa nama yang sering disebut untuk ukuran tertentu antara lain.

  • Larva, yaitu gurami yang baru saja menetas dan ukurannya kurang lebih 0,8-1 cm.
  • Biji oyong, merupakan sebutan untuk gurami yang sudah berumur satu bulan atau ukurannya kurang lebih 1,2 cm.
  • Silet, merupakan sebutan untuk gurami yang berukuran 2,6 cm.
  • Tampelan, merupakan sebutan untuk 7-8 ekor gurami yang ditimbang beratnya mencapai satu kg.

Itulah beberapa nama untuk sebutan gurami dengan ukuran tertentu.

Perlu diketahui bahwa setiap ukuran gurami memiliki nilai ekonomis yang berbeda-beda. Walaupun itu hanya larva, namun jika berasal dari indukan yang berkualitas pasti banyak orang yang mengincarnya dengan harga jual yang tinggi pula.

Ada sebagian orang yang lebih memilih untuk membudidayakan gurami hanya sampai pada fase larva. Menurut mereka, gurami jika dijual pada fase larva harganya sangat tinggi dibandingkan dengan fase setelah larva berlangsung.

Namun tentunya dengan persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan yang harus dipenuhi yang pertama adalah harus menyediakan indukan yang berkualitas. Indukan yang disediakan tidak lah satu atau dua ekor namun sekitar 6 pasang gurami. Namun, sesuaikan juga dengan usaha budidaya yang dilakukan.

Apabila usaha budidaya yang dilakukan merupakan usaha kecil-kecilan, maka indukan yang disediakan pun jangan terlalu banyak. Begitu pula sebaliknya, jika usaha yang dilakukan merupakan usaha dalam skala besar maka indukan yang disediakan harus banyak.

Ingatlah, pilihlah indukan yang berkualitas agar dapat menghasilkan benih gurami yang berkualitas dan banyak yang mencarinya.

Advertisements
Mengenal Jenis Ikan Gurami Serta kelebihan Dalam Budidaya | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.