Mengenal Ikan Nila Merah Jantan Betina

Mengenal ikan nila merah jantan betina – Ikan Nila merah merupakan ikan yang paling banyak di gemari dan di budidayakan di indonesia.ikan nila merah ini sebenarnya berasal dari negara Filipina dan masuk ke indonesia sekitar Tahun 1982 tahun yang lalu..

Advertisements

Banyak juga orang yang menyebut jenis ikan nila merah adalah ikan Filipina,memang benar,ikan nila merah berasal dari negara Filipina.nila merah di hasilkan dari hasil silangan yang kusus di pergunakan sebagai ikan budidaya,Jika untuk digunakan  induk,Ikan nila merah kurang bagus..Mengenal Ikan Nila Merah Jantan Betina

Bibit ikan nila bisa kita hasilkan secara mandiri,akan tetapi,untuk kualitas di lapangan mungkin Tidak sebagus ikan nila yang berasal dari filipina,sebab induk ikan nila di hasilkan dari hasil silangan induk hitam nila merah dan induk jantan nila Hitam.

Perbedaan ikan nila jantan betina.

Mungkin jika anda sebagai peternak atau yang barus mengeluti jenis ikan nila merah ini,akan sedikit kesulitan untuk membedakan jenis kelamin baik nila jantan dan ikan nila betina..Sebenarnya,cara membedakan jenis ikan nila merah sangat mudah,kita bisa melihat dari ciri fisik yang terdapat pada ikan tersebut…

Advertisements

Ikan Nila merah Jantan.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui jenis kelamin ikan nila merah,dengan langsung melihat dari jenis kelaminnya.caranya,anda bisa langsung menangkap ikan nila merah tersebut,lalu balikan tubuhnya,lihat jenis kelaminnya,jika terdapat runcing dan sedikit menonjol,maka ikan tersebut memiliki jenis kelamin jantan..

Jenis kelamin ikan nila merah bisa anda lihat di bagian bawah ekornya yang biasanya terdapat dua buah lubang.selain langsung dengan melihat jenis kelaminnya,kita juga bisa dengan melihat dari ciri fisik dari pada ikan nila merah tersebut..

Ikan nila jantan memiliki sirip di bagian dada yang warnanya sedikit kecoklatan,selain itu,bagian dagu ikan juga memiliki warna sedikit kemerahan.pada bagian perut ikan nila merah,sedikit terlihat pipih,dan memiliki warna hitam pekat.

Ciri Ikan Nila merah jantan.

Sangat berbeda dengan ikan nila jantan,Ikan nila merah betina cara melihat jenis kelaminnya sama seperti dengan ikan nila jantan,yaitu dengan cara melihat langsung pada bagian kelamin ikan.nila merah betina memiliki bentuk kelamin yang lebih dominan bulat seperti sabit tepat di bagian bawah perut dekat bagian ekor ikan..

Selain itu,pada bagian perut ikan juga terdapat 3 buah lubang yang memiliki fungsi berbeda,satu lubang untuk anus,urine dan kusus lubang untuk telur.

Selain itu,pada bagian dada ikan terdapat sirip warna yang lebih dominan coklat kehitaman dan bagian dagu ikan dominan lebih berwarna putih.Bagian perut ikan lebuh menonjol dan jika kita pencet perut ikan akan mengeluarkan sebuah cairan yang amis dan licin..

Dari berbagai ciri fisik yang telah saya sebutkan di atas adalah Ciri kusus yang sudah pasti dan bisa langsung anda coba di rumah.salam…

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Mengenal Ikan Nila Merah Jantan Betina | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.