Membasmi Hama Dan Penyakit Ikan Lele

Membasmi hama dan penyakit ikan lele – Ketika kita sedang budidaya ternak ikan lele jenis apa saja baik ikan lele sangkuriang maupun ikan lele dumbo,kendala utama bagi para peternak adalah jenis ham serta penyakit yang mungkin akan menyerang baik ketika ikan lele masih kecil maupun ikan lele yang sudah dewasa..

Advertisements

Pentingnya pengetahuan bagi peternak jika menemukan hama dan penyakit dan segera kita langsung bisa mengatasinya.Sebab banyak sekali petani yang mengeluh untuk menghadapi berbagai jenis penyakit yang mungkin saja sedang di alaminya..maka dari itu,dalam tulisan ini akan saya bahas lengkap cara mengatasi dan membasmi hama penyakit Ikan lele.

Hama pada ikan lele sendiri sering menjadi momok yang menakutkan jika para petani lele belum mengetahui baik gejala yang di timbulkan maupun pengobatan yang meski kita lakukan..Sebab yang namanya hama sudah pasti,adalah sebuah hewan yang bisa saja menggangu atau bahkan memangsa ikan lele baik yang kita pelihara dalam kolam terpal maupun kolam tanah..berikut perinciannya..Membasmi Hama Dan Penyakit Ikan Lele

Hama jenis Kelelawar.

Ham jenis kelelawar ini juga salah satu ham yang paling berbahaya bagi kehidupan lele,apalagi jika ikan lele dalam masa benih atau bibit,hal ini akan bisa mengancam kehidupan benih lele,sebab dalam satu kelelawar bisa memakan banyak benih bahkan bisa sampai ratusan..

Cara untuk mengatasi hama kelelawar pada benih ikan lele dengan cara menutup permukaan kolam dengan menggunakan jaring,selain bisa untuk menahan serangan hama kelelawar,jaring yang kita tutupkan pada permukaan juga bisa untuk menahan sampah yang bisa di sebabkan oleh dedaunan yang gugur..

Selain dengan menggunakan jaring,yang mungkin jika kolam anda berukuran besar juga akan banyak menghabiskan modal uang,ada cara lain yang bisa anda tempuh,yaitu dengan menggunakan tali,yang bisa anda ikatkan ke berbagai sudut kolam kusunya di bagian atas..cara ini juga bisa untuk menghalau hama jenis kelelawar yang mungkin sering memangsa benih ikan lele anda..

Hama jenis Ucrit.

Hama jenis ucrit merupakan hama yang berasal dari anakan kumbang air.jenis ucrit biasnya akan banyak hidup di bagian dinding kolam,kusunya pada kolam tanah,yang sangat rawan terhadap serangan jenis hama ini..Ucrit sendiri memiliki warna hijau dengan bentuk tubuh persegi panjang..

Advertisements

Hama jenis ucrit biasanya hanya akan memangsa pada ikan lele yang sedang masa tahap pembenihan sjaa,sangat jarang lele desawa yang menjadi mangsa jenis hama ini..ucrit memangsa benih ikan lele dengan cara melumpuhkan dengan ekornya yang memiliki cabang dua hampir sama dengan bentuk gunting.

Cara untuk mengatasi serangan hama ucrit,anda bisa memasang saringan yang di letakkan dalam pintu masuknya air.sebab jika hama ini sudah berkembang di dinding kolam,akan sangat sulit untuk kita basmi.bisa kita tangkap dengan menggunakan alat serok .

Hama jenis Kodok.

Jangan bilang kodok tidak mau memangsa ikan lele kusunya pada tingkat pembenihan.hama kodok biasanya akan lebih menyerang pada kolam lele yang berada di area dekat sawah.akan tetapi,jika kolam yang kita gunakan terbuat dari bahan batu atau kolam terpal,sangat jarang kodok bisa memangsa dan masuk kolam..

Cara mengatasi hama jenis kodok ini,para petani di harapkan tetap mengontrol lokasi kolam,kusunya pada saat malam hari.sebab kodok hanya akan bereaksi ketika malam hari atau sedang saat musim penghujan..jika anda menemukan banyak telur kodok di dekat kolam,tak ada salahnya jika langsung memusnahkan saja,sebab nantinya di takutkan malah akan menjadi bumerang yang bisa memangsa benih ikan lele anda..

Hama Jenis Ular.

Kita tahu sendiri jika ham ular adalah salah satu hama bagi segala jenis ternak yang paling mematikan.ular mampu memangsa ikan lele baik yang masih benih maupun ikan lele yang telah dewasa,tergantung dari ukuran ular itu sendiri,semakin besar ukuran badan,semakin besar dan banyak pula lele yang bisa di mangsanya..

Ular akan mencari makan pada malam hari,jadi untuk mengatasi dan mencegah hama jnis ini memang tergolong sulit,tidak mungkin kita harus selalu menunggu kolam dan menanti datangnya ular.biasanya ular akan memangsa lele cukup dari tepi atau dinding kolam,sangat jarang yang sampai masuk ke dalam air.

Cara untuk mengatasi cukup membersihkan lingkungan sekitar baik dinding kolam jika kolam terbuat dari tanah,lakukan pengontrolan secara rutin,kusunya pada malam hari..

Jenis Hama belut,Tikus Dan Kepeting.

Hama 3 hewan di atas adalah salah satu hewan yang bisa memangsa ikan lele,kususnya lele yang masih benih.hawan di atas bisa kita kategorikan sebagai hama,sebab tak jarang juga hewan tersebut juga bisa menggangu kehidupan lele .

Yang mungkin anda perhatikan,jika kolam menggunakan kolam terpal,tal jarang banyak tikus yang bersarang di tepian dinding.dan yang paling di takutkan,adalah melubangi baik terpal atau kayu yang bisa mengancam bocornya kolam..

Cara mengatasi ketiga hewan tersebut dengan cara melakukan pengontrolan secara rutin kususnya pada malam hari.sebab pada malam itulah ketiga hewan penggangu akan keluar dan mengacaukan kolam peternak lele kita..salam..

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Membasmi Hama Dan Penyakit Ikan Lele | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.