Jenis Ikan Nila Dan Cara Budidaya Secara Benar

Jenis Ikan Nila Dan Cara Budidaya Secara Benar – Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki nilai jual ekonomis. Karena memiliki nilai jual ekonomis membuat banyak orang mulai menjadi nelayan demi untuk menangkap ikan nila.

Advertisements

Sebenarnya tidak hanya ikan nila saja yang memiliki nilai jual ekonomis tetap seluruh ikan yang ada di laut juga memiliki nilai jual terkecuali ikan yang dilindungi karena sudah hampir punah.

Jika ditangkap setiap harinya, jumlah ikan nila semakin lama semakin menipis di lautan. Untuk mencegah berkurangnya jumlah ikan nila yang ada di laut, orang-orang mulai melakukan perbanyakan ikan nila. Perbanyakan ikan nila tersebut disebut dengan budidaya ikan nila.

Ikan nila yang dibudidayakan merupakan jenis ikan nila air tawar. Namun ada juga jenis ikan nila lainnya yang juga dibudidayakan.

Banyaknya orang yang tertarik dengan budidaya ikan nila membuat pemerintah Indonesia gencar untuk menyediakan bahan pakan yang berkualitas agar hasil ikan nila nantinya juga berkualitas.

Jenis Ikan Nila Dan Cara Budidaya Secara Benar

Jenis Ikan Nila Dan Cara Budidaya Secara Benar

Walaupun begitu, ternyata usaha budidaya ikan nila di Indonesia masih perlu dikembangkan lagi. Masih banyak di beberapa daerah yang kekurangan pasokan ikan nila. Hal ini dikarenakan kurangnya minat masyarakat setempat untuk melakukan usaha budidaya ikan nila.baca dulu Musim Dan Bulan Terbaik Untuk Mancing Ikan

Apakah Anda tergiur untuk membudidayakan ikan nila karena mengingat banyaknya daerah yang membutuhkan pasokan ikan nila. Jika Anda tergiur, Anda bisa membaca lebih lanjut uraian ini.

Pasar di Indonesia akan menyambut baik jika Anda memang benar ingin membudidayakan ikan nila. Ikan nila yang Anda hasilkan bisa Anda jual di pasar-pasar Indonesia yang kekurangan pasokan ikan nila.

Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi pasar luar negeri juga sangat membutuhkan pasokan ikan nila dalam jumlah yang besar.

Contohnya seperti pasar di Amerika Serikat dan pasar di Jepang. Dengan banyaknya peluang, itu berarti ada kesempatan untuk Anda untuk melakukan usaha budidaya ikan nila mulai dari sekarang.

Memelihara ikan nila tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Ikan nila juga termasuk ikan yang proses pertumbuhannya yang cepat.

Dahulu, ikan nila terkenal sebagai ikan yang pertumbuhannya cepat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pertumbuhan ikan nila tidak terlalu cepat lagi.

Hal ini membuat para petani memutar otak untuk memperbaiki lagi pertumbuhan ikan nila agar cepat seperti semula. Akhirnya ditemukanlah cara yang dapat membuat pertumbuhan ikan nila kembali cepat.

Tahukah Anda bahwa sebagian besar jenis ikan nila itu merupakan ikan unggulan? Ya, hampir semua jenis ikan nila merupakan jenis ikan unggulan. Berikut ini beberapa jenis ikan nila unggulan yang banyak dibudidayakan.Baca dulu 5 Jenis Ikan Koi Mahal Mudah Dipelihara

Ikan Nila Merah Silangan

Ikan nila merah silangan ini pernah populer di Indonesia pada tahun 1982. Ikan nila merah silangan ini merupakan ikan nila yang berasal dari Filipina. Banyaknya orang yang membudidayakan ikan nila merah silangan dikarenakan kualitas ikan yang sangat bagus.

Advertisements

Namun lama kelamaan ikan nila merah silangan mengalami kualitasy nag menurun dan mulai ditinggalkan oleh orang-orang.

Kolam Lokasi Paling Bagus Untuk Budidaya Ikan Nila

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai jual ekonomis. Karena memiliki nilai jual ekonomis membuat banyak orang yang tergiur untuk masuk ke dalam dunia usaha budidaya ikan nila.

Ikan nila termasuk jenis ikan tawar air yang tidak sulit jika dibudidayakan. Budidaya ikan nila memang tidak terlalu sulit apabila kita tahu bagaimana cara yang baik untuk melakukan budidaya tersebut.

Di dalam melakukan budidaya ikan nila, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan di dalam melakukan budidaya ikan nila adalah fasilitas utama yang harus dipersiapkan sebelum melakukan budidaya.Baca dulu Reel Mitchell Spesifikasi Dan Harga Terbarunya

Fasilitas utama ini sangat menunjang keberhasilan di dalam melakukan budidaya ikan nila. Ada beberapa  fasilitas utama yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah wadah. Wadah disini maksudnya adalah tambak yang digunakan untuk membesarkan ikan nila yang dipelihara.

Wadah yang digunakan untuk pembesaran ikan nilai terbagi atas tiga jenis. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Wadah Semi-Intensif

Wadah semi intensif merupakan wadah yang dibuat diatas tanah secara langsung tanpa di tambahkan dengan bahan lainnya seperti batu dan lain sebagainya.

Wadah ini memiliki kelebihan. Yang pertama adalah pengeluaran airnya dapat diatur sesuai dengan keinginan kita. Tidak hanya pengeluarannya saja yang dapat diatur tetapi pemasukan airnya juga perlu diatur.

Selain itu, kelebihan lainnya dari menggunakan wdah semi intensif yaitu jumlah ikan yang tumbuh sangatlah banyak sehingga mengunutung bagi petani yang membuatnya.

Namun, jika ingin menggunakan wadah ini maka harus siap pula untuk melakukan pemeliharaan yang cukup kuat. Salah satu contohnya adalah melakukan pergantian air.Simak Reel Daiwa Laguna Harga Dan Spesifiksi Terbaru

Pergantian air kolam harus dilakukan setiap 6-9 hari sekali dan itu harus dilakukan secara rutin. Jika tidak dilakukan secara rutin maka iar akan keruh dan menyebabkan ikan-ikan tidak suka berada di dalamnya.

  • Wadah Ekstensif

Kolam atau wadah ini mengambil sistem air tergenang yang dimana pakan ikan merupakan plankton alami yang tumbuh di dalam kolam tersebut.

Menggunakan teknik ini sama saja kita harus menyediakan lahan yang luas. Mengapa begitu? Karena teknik ini membutuhkan lahan yang luas.

Dalam jangka satu meter hanya bisa diisi dengan satu ekor saja. Bayangkan saja, jika kita memelihara lebih dari 200 ekor pastinya akan memakan lahan yang sangat luas.

Terlebih lagi jika kita membudidayakan ikan nila dengan tujuan untuk dijual kembali. Untuk itulah, jika ingin melakukan bisnis usaha budidaya ikan nila, sebaiknya menggunakan kolam lainnya.

  • Wadah Intensif

Jika kita menggunakan teknik ini maka kita harus menyediakan pakan buatan yang lebih banyak lagi. Pada wadah atau kolam ini, tidak ada plankton yang tumbuh secara alami sehingga ikan tidak mendapatkan makan.

Jika pun ada jumlahnya sangat sedikit dan tidak bisa memenuhi kebutuhan ikan di dalamnya.baca dulu baca dulu Doa Memancing Ikan Di Laut Supaya Dapat Ikan Besar VS Keselamatan

 

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Jenis Ikan Nila Dan Cara Budidaya Secara Benar | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.