Hama Lele Sangkuriang Paling Berbahaya Untuk Bibit

Hama Lele Sangkuriang Paling Berbahaya Untuk Bibit – Walaupun lele sangkuriang dikenal sebagai lele yang tahan terhadap penyakit, namun kenyataannya hama dan penyakit masih saja terlihat menyerang lele sangkuriang.

Hama dan penyakit merupakan hal yang paling ditakutkan oleh pembudidaya lele sangkuriang.  Pasalnya, hama dan penyakit dapat menyebabkan kematian pada sebagian besar lele sangkuriang yang diserang.

Itu artinya akan mengurangi hasil panen yang akan kita dapatkan. Diantara kedua hal ini, penyakit merupakan hal yang paling ditakutkan karena penyerangannya sangat ganas. Sedangkan hama tidak terlalu berbahaya karena penyerangannya tidak terlalu ganas seperti penyerangan penyakit.

Advertisements

Ketika hama menyerang lele sangkuriang, sebaiknya Anda tidak perlu panik. Dengan begitu, hama yang menyerang lele sangkuriang dapat teratasi dengan baik.

Namun, usahakan untuk mencegah agar hama tidak menyerang lele karena hama dapat mengganggu sekaligus juga dapat memangsa lele sangkuriang. Biasanya, hama sering menyerang lele sangkuriang yang berada di kolam tanah.

Hama Lele Sangkuriang Paling Berbahaya Untuk Bibit

Karena kolam tanah sering terserang hama, sebaiknya Anda tidak menggunakan kolam tanah untuk membudidayakan lele sangkuriang.

Hama Lele Sangkuriang Paling Berbahaya Untuk Bibit

Ada begitu banyak jenis hama yang sering menyerang lele sangkuriang. Jenis hama yang sering menyerang lele sangkuriang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Hama kodok

Hama kodok merupakan salah satu jenis hama yang sering menyerang lele sangkuriang. Pada umumnya hama kodok sering menyerang lele sangkuriang yang berukuran benih. Kodok paling sering ditemukan di daerah persawahan.

Advertisements

Jadi, jika Anda membudidayakan lele sangkuriang di daerah persawahan sudah tentu kodok akan menyerang budidaya lele sangkuriang Anda.

Advertisements

Apalagi jika Anda menggunakan kolam tanah. Pertumbuhan kodok akan semakin banyak dan berpotensi memusnahkan lele sangkuriang.

Untuk mengatasi hama kodok, hal yang dapat Anda lakukan adalah mengontrol kodok tersebut setiap hari. Jika ditemukan kodok sebaiknya langsung dibuang. Begitu pula dengan telurnya Anda dapat langsung membuangnya.

  • Hama kelelawar

Kelelawar termasuk jenis hama yang sering menyerang lele sangkuriang. Karena kelelawar merupakan hewan nokturnal, jadi penyerangan kelelawar lebih sering dilakukan pada malam hari. Kelelawar lebih banyak memakan lele sangkruiang dengan ukuran benih.

Sudah banyak pembudidaya lele sangkuriang yang menjadi korban dari keganasan kelelawar ini. Untuk mengatasi hama kelelawar, Anda dapat menutup kolam dengan menggunakan jaring.

  • Hama ular

Ular menjadi hama yang paling ganas sepanjang jenis hama yang ada. Hama ulat ini dapat memangsa segala ukuran lele sangkuriang.

Baik itu lele sangkuriang yang berukuran benih hingga lele sangkuriang yang berukuran besar. Namun, ular tidak sering memakan lele sangkuriang.

Dalam satu minggu, ular hanya menyerang lele sangkuriang sekitar sekali atau dua kali. Hama ular lebih suka memakan lele sangkuriang pada malam hari.

Cara memakannya bukanlah langsung masuk ke dalam kolam tetapi yang dimakan adalah lele yang ada di pinggiran kolam.

Untuk mencegah serangan ular, sebaiknya jagalah kebersihan lingkungan tempat budidaya lele sangkuriang karena ular tidak suka dengan tempat yang bersih.Inilah Hama Lele Sangkuriang Paling Berbahaya Untuk Bibit

Hama Lele Sangkuriang Paling Berbahaya Untuk Bibit | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.