Hama dan Penyakit Pada Ternak Ikan Patin

Hama dan penyakit pada ternak ikan patin – Hama dan penyakit pada ikan patin memang akan menjadi salah satu momok paling di takuti oleh para peternak.Ya,jika kurang sigap kita dalam mengatasi jenis penyakit ini,Mungkin kerugian besar akibat seluruh ternak ikan patin anda mati..

Advertisements

Akan tetapi,biasanya serangan hama dan penyakit pada ikan patin tidak separah dengan penyakit pada unggas.jika kita sudah mampu mengenali ciri dan gejala dari serangan hama penyakit,langsung saja lakukan pencegahan atau pengobatan supaya tidak menyebar keseluruh ikan..

Maka dari itu,sebelum anda terjun langsung untuk melakukan ternak ikan patin,Mungkin wajib mengetahui penanganan serta gejala yang akan di timbulkan nantinya,Hal ini penting untuk membekali diri nada dari hama penyakit yang mungkin datang menyerang..Hama dan Penyakit Pada Ternak Ikan Patin

Untuk melakukan pencegahan serta pengobatan hama penyakit ikan patin,terlebih dahulu kita ketahui ciri gejala yang di timbulkan,baru selanjutnya kita melangkah ke tahap pengobatan.Hal ini di lakukan supaya tepat dan kita melakukan pencegahan hama penyakit tersebut..

Hama Ikan Patin.

Hama yang kerap menyerang ikan tidak seperah dengan penyakit,biasanya hama ikan patin berupa dari hewan liar,misal ular,biawak dan burung..hama ini akan lebih cenderung menyerang ikan patin dalam tahap pendederan..

Cara untuk mengatasi hama ini salah satunya dengan memasang beberapa perangkap atau bisa juga dengan melihat setiap saat kolam ikan..pastikan aman dari hama pemangsa.selain itu,untuk mencegah hama pada ternak ikan patin salah satunya dengan membersihkan di sekitar kolam..

Biasanya di sekitar kolam yang kotor,banyak di tumbuhi semak belukar menjadi salah satu sarang hama seperti biawak,ular,tikus, dll yang bisa saja memangsa ikan patin dalam kolam tersebut..Hal inilah yang wajib di perhatikan oleh para peternak..

Jenis Penyakit ternak Ikan Patin.

Selain hama,serangan yang paling mematikan adalah datangnya penyakit.Hal inilah yang lebih parah jika di banding dengan hama.penyakit itu sendiri bisa kita golongkan menjadi beberapa bagian yaitu berupa parasit,bakteri dan jamur..

Penyakit Parasit.

Jenis parasit yang sangat kerap menyerang ikan patin adalah dari jenis bintik putih atau yang biasa di sebut white spot.panyakit ini bisa menyerang ikan patin akibat dari infeksi dan biasa akan menyerang ikan patin yang masih kecil antara umur 2-7 minggu..

Advertisements

Cara mengatasi penyakit parasit pada ikan patin kita bisa menggunakan bahan formalin malachite green oxalate dengan dosis 4 gram perliter air.

Penyakit Bakteri.

Bakteri yang kerap menyerang ikan patin biasanya langsung menyerang bagian perut,dada serta pangkal sirip ikan yang tak lama kemudian juga akan di sertai dengan pendarahan hebat.Gejala yang bisa kita lihat dari ikan patin adalah,tubuh yang terlihat kasar serta lendir yang terdapat pada ikan patin tersebut sedikit berkurang..

Tak ada cara pengobatan kusus jika ikan patin sudah terserang penyakit ini,hal yang bisa kita lakukan dengan cara memusnahkan ikan tersebut.apalagi jika penyakit yang di derita pada ikan sudah terlanjur parah.pemusnahan yang bisa kita lakukan..

Baca juga: Cara budidaya ikan patin kolam terpal pemula

Nah,untuk pengendalian apabila penyakit tersebut belum Terlanjur menyerang ikan patin,bisa di berikan Larutan PK atau bisa di sebut kalium permanganat sebanyak 15 gram selama 40 menit.Selain cara di atas bisa juga menggunakan pengobatan yang sengaja kita campurkan ke makanan ikan patin tersebut..

Obat untuk memusnahkan penyakit tersebut adalah Cloromycetin yang bisa anda berikan sebanyak 3 gram untuk setiap pakan ikan pati tersebut.Cara inilah yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit jenis bakteri apabila ikan patin belum terlanjur parah..

Penyakit Jenis Jamur.

Jamur yang menyerang ikan patin bisa kita lihat apabila ikan patin tersebut mengalami luka,Luka yang kunjung sembuh mampu untuk mengundang ikan patin secara cepat.Ciri yang paling mudah untuk mendeteksi jamur ikan patin dengan melihat tanda kusus atau ikan patin luka akibat penanganan yang kurang hati-hati..

Jamur yang tumbuh pada tubuh ikan patin di tandai dengan seperti benang halus mirip seperti kapas putih dan ada juga yang sedikit keclokatan.

Cara untuk mencegah dan pengobatan yaitu dengan cara memperhatikan kualitas air yang yang kita gunakan sesuai kebutuhan ikan tersebut.semakin bagus dan bersih air yang kita gunakan,semakin jarang ikan terserang jenis penyakit jamur.

Baca Juga: Cara pembibitan ikan patin kusus pemula

Jika ikan sudah terlanjur luka,Untuk pengobatan bisa dengan cara merendam ikan tersebut dengan larutan Malachite green oxalate dengan dosis 3 gram untuk satu liter air lakukan kurang lebih selama 40 menit perendaman.lakukan hingga luka ikan patin serta jamur benar-benar sembuh..

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Hama dan Penyakit Pada Ternak Ikan Patin | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.