Ciri Fisik Lele Sangkuriang Unggul

Ciri fisik lele sangkuriang Unggul – Lele sangkuriang merupakan lele yang aslinya hasil dari keturunan lele jumbo,Untuk mengenali ciri fisik lele jenis sangkuriang ini,sebenarnya cukup mudah,jika kita sudah mengetahui Teknik serta ciri fisik yang berada dalam tumbuh lele tersebut..

Ciri fisik lele sangkuriang yang paling menonjol bisa kita lihat dari segi bentuk pipih yang bagian bawah.pada bagian badan tengah lele sangkuriang memiliki bentuk yang dominan membulat,serta di bagian tubuh lele ini dominan pipih ke arah samping..

Supaya lebih detail dan jelas dalam pembahasan kali ini,akan saya berikan beberapa ciri kusus yang mungkin anda kemari mencari panduan serta ciri fisik lele sangkuriang ini..Ciri Fisik Lele Sangkuriang Unggul

Advertisements

Ciri Fisik Kepala Lele sangkuriang.

Jika kita melihat dari ciri fisik lele sangkuriang ini,bisa kita tandai dengan memiliki bentuk pipih kebawah.Memiliki panjang yang bisa di katakan hampir sepertiga dari panjang badan yang di milikinya..

Selain itu,pada bagian kepala lele jenis sangkuriang ini juga tergolong lebih panjang jika kita bandingkan dengan bentuk kepala lele jumbo..

Kepalanya di lindungi oleh bagian tulang yang cukup keras yang di dalam plat kepala lele sangkuriang terdapat sebuah ruangan atau rongga persis di atas ingsang ..Dalam sebuah penelitian,dalam rongga tersebutlah lele ini di percaya menggunakan sebagai alat pernafasan tambahan..

Selain ciri di atas,lele sangkuriang juga terdapat sebuah sungut yang berjumlah 8 buah,bagian kecil di bagian depan mulut,dan 4 bagian lain yang lebih panjang di dekat hidung.

Ciri lain dari lele sangkuriang juga terkenal memiliki dua lubang hidung sebagai alat pernafasan tambahan,konon banyak ahli yang mengatakan,jika kedua lubang hidung lele sangkuriang tersebut di gunakan sebagai indra penciuman untuk mendeteksi bau..

Dan yang untuk di bagian kepala lele sangkuriang ini,di bagian mulutnya bis kita temukan sebuah gigi,gigi lele sangkuriang hanya sebuah tulang yang cukup keras dan mampu untuk melumat mangsa yang sangat keras.

Ciri Badan Lele Sangkuriang.

Badan lele jenis sangkuriang tergolong unik,dan berbeda dengan bentuk lele atau ikan air tawar yang pernah kita jumpai..pada bagian tengah badan lele ini terlihat agak membulat,serta di bagian belakang tubuhnya terlihat dominan lebih pipih..

Advertisements
Advertisements

Lele sangkuriang hampir sama dengan jenis belut,ia tidak memiliki sisik yang gunanya sebagai alat pertahanan diri dari serangan hewan pemangsa lainya,seperti ular dan biawak.ia hanya menggunakan lendir sebagai alat untuk mempertahankan diri sehingga musuh sulit untuk menagkapnya..Ciri Fisik Lele Sangkuriang Unggul

Badan lele sangkuriang lebih dominan Hitam pekat dan agak terlihat kehijauan jika terkena sinar matahari.kusus di bagian punggung,lele ini memiliki warna dominan keputihan hingga sampai bagian perut..

Sedikit memiliki bintik lain dengan lele jumbo yang sangat banyak memiliki bintik-bintik di bagian badan.namun tak jarang juga di temukan,baik lele tersebut di pelihara maupun hidup liar banyak juga di temuka warna kulit yang polos…

Ciri Fisik sirip Dan ekor Lele sangkuriang.

Selain ciri di atas,kita juga bisa melihat ciri fisik lele sangkuriang dari bentuk sirip serta ekornya.Lele jenis ini umumnya memiliki jumlah sirip berjumlah 30 buah sirip yang sangat tajam.bagian tata letak sirip tersebut berada di ekor,dubur dan punggung.

Kusus sirip bagian dada lele sangkuriang ini,sebagian masyarakat banyak yang menyebutnya dengan sebutan Patil,yang memiliki bisa dan tajam,inilah senjata utama untuk melindungi diri dari berbagai hewan buas lainya yang mencoba akan menyerangnya..

Selain itu,Patil juga memiliki fungsi lain selain sebagai senjata pertahanan diri.yaitu sebagai alat keseimbangan tubuh saat di darat dan di air.

Yang paling unik,kebanyakan jenis lele lain memiliki patil yang beracun,Akan tetapi,semua itu tidak di miliki oleh lele sangkuriang,Patil Lele sangkuriang tidak mengandung racun,dengan demikian,tidak berbahaya dan menyakitkan ketika menusuk bagian tubuh manusia..

Baca juga: Umpan pancing ikan nila paling galak

Ciri fisik lain,kusus di bagian ekor lele ini,terdapat sebuah sirip yang bentuknya bulat,persis dengan bentuk kipas.sirip ekor lele sebagai alat untuk mempercepat atau sebagai alat penggerak badan ketika berada dalam air..semoga membantu..

Ciri Fisik Lele Sangkuriang Unggul | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.