Cara Ternak Lele Sangkuriang Kolam Terpal

Cara ternak lele sangkuriang kolam terpal– Dalam melakukan ternak lele di kolam terpal,banyak memiliki kelebihan sendiri jika kita bandingkan dengan ternak lele di kolam batu atau Drum.Selain mudah dalam pembuatan kolam,Biyaya yang di keluarkan juga relatif kecil,berbeda dengan pembuatan kolam batu yang bisa menghabiskan dana 3 kali lipat dari Kolam terpal..

Biyaya murah,kualitas lele yang di hasilkan juga tidak kalah dengan ternak di kolam batu,tanah maupun drum.Tak heran banyak para petani yang sekarang ini beralih ternak lele menggunakan kolam terpal dari pada kolam batu atau kolam permanen..alasannya cuma satu,untuk Mengirit biyaya modal yang di keluaran..Cara Ternak Lele Sangkuriang Kolam Terpal

Jika kita melihat harga terpal yang mencapai Rp 8.500 per meter harga tersebut jika di daerah saya,dan kualitas terpal juga tergolong yang paling bagus.Untuk analisis biyaya modal yang di keluarkan jika anda ingin membuat kolam dengan ukuran 5×2 meter maka membutuhkan bahan terpal sebanyak 8×5 meter..

Advertisements

Jika bahan tersebut di kalikan dengan harga terpal saat ini,biyaya pembuatan kolam terpal hanya berkisar Rp 320.000 sangat murah jika kita bandingkan dengan membuat kolam batu yang modal pembuatannya bisa mencapai jutaan rupiah untuk tipe ukuran 5×2 meter.

Tahap Ternak Lele Sangkuriang Kolam Terpal.

Jika anda sebagai pemula ingin melakukan ternak ikan lele sangkuriang dalam kolam terpal,di sarankna jika jangan menggunakan kolam yang terlalu besar,tahap awal,anda bisa menggunakan kolam dengan ukuran 1 meter persegi terlebih dahulu..

Hal ini untuk menjaga kesalahan nantinya jika baru pertama kali,Nah jika pertama sudah berjalan sukses,bisa kita tingkatkan ke tahap selanjutnya membuat kolam yang lebih besar.masa percobaan ini untuk menghindari kerugian jika dalam budidaya lele sangkuriang belum di dapatkan kualitas yang bagus atau sesuai harapan kita..

Advertisements

Yang terpenting,untuk melakukan budidaya ikan lele dalam kolam terpal,di ketahui terlebih dahulu teknik serta cara yang benar dalam merawat dan melakukan pembesaran ikan leletersebut.

Untuk membuat kolam ikan lele terpal dengan ukuran 5×2 meter bisa menampung sekitar 1000 ekor ikan lele sangkuriang.Jika mengiginkan membuat kolam yang lebih besar,anda juga bisa membuat kolam terpal dengan ukuran 10×5 meter yang mampu menampung hingga 5000 ekor..

Nah,untuk kolam terpal yang memiliki ukuran 12 x8 meter,bisa menampung ikan lele sangkuriang hingga 10.000 ekor.jika mengiginkan ternak dengan kapasitas besar ini,tentunya modal yang di keluarkan juga tidak sedikit,bisa mencapai puluhan juta rupiah yang di bagi untuk pembelian bibit,membuat kolam dan membeli pakan yang selama ini paling banyak mengeluarkan modal lebih..Cara Ternak Lele Sangkuriang Kolam Terpal

Teknik Membuat Kolam terpal.

Untuk membuat kolam terpal,tidak cukup sulit jika kita sudah mengetahui teknik serta caranya,Yang pertama,tentukan ukuran kolam yang akan anda buat.setelah menemukan ukuran dan lokasi yang tepat..

Maka tahap selanjutnya dengan menggali tanah sesuai ukuran yang kita inginkan dengan kedalaman berkisar 60 cm.langkah selanjutnya membuat kontruksi dinding yang kuat,sebaiknya gunakan kayu broti,supaya lebih kuat,natinya jika menggunakan bambu,di kawatirkan bisa jebol jika dalam pengisian folume air terlalu banyak..

Tanah galian tersebut cukup kita letakkan dalam samping kolam,tujuannya bisa di gunakan sebagai tanggul untuk memperkuat dinding kolam tersebut.Jika kita tidak menggunakan tanggul sebagai alat penyokong,maka kolam bisa di pastikan akan jebol..

Yang terpenting dan utama,adalah kekuatan dari pada dinding tersebut,pastikan kuat anda membuatnya.yang di takutkan bisa jebol jika tidak kuat untuk menahan air dalam kolam..salam..

 

Advertisements
Cara Ternak Lele Sangkuriang Kolam Terpal | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.