Cara Ternak Ikan Patin Dengan Keramba

Cara ternak ikan patin dengan keramba – Ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar yang cukup populer.selain memiliki daging dengan tekstur rasa yang gurih,ternyata ikan patin juga bisa di ternak di segala tempat,baik menggunakan kolam terpal,kolam batu,drum dan menggunakan keramba..

Dalam tulisan kali ini saya akan membahas cara ternak ikan patin dengan keramba .Untuk ternak ikan pating dengan cara kolam terpal,Sudah saya tuliskan sebelumnya,dan bisa anda baca Cara Budidaya Ikan Patin Kolam Terpal Pemula

Silahkan di baca artikel di atas,ya siap tahu saja,anda akan lebih menyukai cara ternak dengan metode kolam terpal,selain lebih mudah,ternak patin dengan kolam terpal juga tergolong mudah,sebab kolam bisa kita letakkan di mana saja sesuai keinginan.berbeda dengan ternak dengan keramba.yang dominan membutuhkan tempat kusus seperti di sungai,rawa dan kolam besar..Cara Ternak Ikan Patin Dengan Keramba

Advertisements

Jika kita menggunakan teknik jaring atau keramba,biasanya cara ternak ikan patin ini memang di lokukan di daerah memiliki kepadatan penduduk yang padat,seperti yang banyak kita lihat di daerah jawa dan tak sedikit juga di sumatra..

Cara ternak ikan patin dengan keramba

Keramba sendiri umumnya terbuat dari bahan kayu atau bambu yang ukuran bisa di sesuaikan dengan lokasi dan tempat yang memang akan di gunakan,Intinya tidak ada patokan kusus masalah ukuran jaring keramba yang akan di buat.silahkan di sesuaikan sendiri sesuai keinginan..

Keramba sendiri bisa kita letakkan di sungai,danau,parit,waduk dan pada umumnya di bagian menjadi beberapa bagian yang akan saya ulas satu persatu supaya lebih memudahkan anda ya memang mampir ke blog ini mencari solusi dan informasi mengenai hal tersebut..yang pertama adalah..

Keramba patin di permukaan.

maksud dari keramba ikan patin di permukaan sendiri adalah keramba memang kita letakkan di permukaan air dan bisa sering kita jumpai di sungai,danau yang memiliki arus lebih tenang.

Advertisements

Baca juga: Primbon Mancing Ikan Hari Baik Keberuntungan

bahan yang bisa kita gunakan ada dua,yaitu bisa menggunakan bambu atau bisa juga menggunakan kayu,dan atau cara penempatan sendiri,kita bisa menenggelamkan sebagian atau setengah dari keramba tersebut.supaya keramba lebih bisa tenang,maka kita bisa mengikatkan dengan tali ke suatu pohon,cara ini memang tergolong lebih mudah untuk ternak patin..

Keramba di bagian bawah permukaan air

Nah,jika ternak patin lebih menginginkan dengan teknik ini,maka sangat cocok jika kita aplikasikan di perairan dengan kedalaman yang cukup.Intinya di perairan dalam.Keramba kita tenggelamkan dan hanya tersisa 10-20 cm saja untuk kita mengawasi bahkan keramba masih di tempatnya dengan aman..

Advertisements

Baca juga: Pengaruh Mancing Sesudah Sebelum Hujan

Nah,supaya keramba bisa selalu tenggelam,maka kita bisa memberikan sebuah pemberat bisa dari batu,kayu atau bahan lain yang bisa untuk menenggelamkan keramba tersebut.supaya keramba tidak lari dari posisi,bisa kita ikan dengan tali pada sebuah pohon atau kayu tertentu..

Keramba ikan patin dasar perairan

Untuk yang terahir ini keramba untuk ternak ikan patin umunya hanya memiliki lokasi atau tempat yang sempit dan pada perairan tidak dalam.nah,jika rumah anda dekat dengan sungai kecil,parit,rawa mungkin tidak ada salahnya jika budidaya ikan patin di lokasi tersebut dengan menggunakan jenis keramba dasar air ini.selain lebih hemat dan mudah,ternak dengan cara keramba juga lebih irit dari segi pakan..

Baca juga: Musim Dan Bulan Terbaik Untuk Mancing Ikan

Sebab selain pakan yang kita berikan,pakan berupa alami juga akan banyak di temukan ikan.jadi hal inilah yang bisa untuk menghemat pengeluaran kita dalam pakan hariannya.Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan tentang cara ternak ikan patin dengan keramba yang mungkin bisa anda terapkan di rumah..semoga berguna..salam..

Cara Ternak Ikan Patin Dengan Keramba | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.