Cara Pemijahan Ikan Lele Secara Buatan

Cara pemijahan ikan lele secara buatan – Memijahkan induk ikan lele secara buatan maupun alami merupakan hal yang sangat menentukan bibit ikan lele yang akan di hasilkan nantinya..

Advertisements

Dalam artikel sebelumnya juga sudah saya bahas mengenai Proses pemijahan induk ikan lele sangkuriang yang mungkin juga berguna buat anda yang kesulitan dalam memijahkan ikan lele..Monggo Di baca dulu..

Hal pertama untuk melakukan pemijahan ikan lele secara buatan,anda bisa mengawali dengan membersihkan kolam,baik dari kotoran dan mengganti air yang lebih bersih.

Biasanya para petani terlebih dahulu memasang perlengkapan seperti kakaban atau ijuk sebagai alat untuk induk lele menempatkan telurnya sebelum kolam tersebut di isi dengan air.Cara Pemijahan Ikan Lele Secara Buatan

Cara ini lebih simpel dan kakaban yang akan kita pasang tidak berantakan,bisa tersusun lebih rapi.sebab kakaban tersebut harus saling menempel dengan lantai kolam.bisa juga kakaban anda tindih menggunakan batu supaya tidak terapung..

Advertisements

Atur kakaban tersebut supaya terlihat rapi dengan menyesuaikan ukuran kolam yang akan di gunakan,semakin lebar kolam yang akan anda gunakan untuk pemijahan ikan lele,maka semakin banyak pula kakaban yang anda butuhkan..

Selain itu,kakaban juga tidak boleh ada yang kosong,Intinya dalam lantai kolam,harus terisi penuh kakaban supaya telur dari indukkan lele mampu menempel semuanya..cara ini hanya untuk pemijahan secara buatan saja,jika secara alami,induk lele akan sendirinya menempatkan telur di kakaban ijuk tersebut..

Pemilihan Induk untuk Di pijahkan.

Setelah alat dan kolam sudah di sediakan,,langkah selanjutnya adalah mencari induk yang sudah kita seleksi sebelumnya untuk di lakukan pemijahan.pindahkan induk lele ke dalam kolam tempat pemijahan,ingat,,lakukan secara hati-hati supaya tidak melukai induk lele tersebut..

Akan lebih bagus,jika pemindahan  induk ikan lele tersebut kita lakukan pada sore hari.Induk ikan lele biasanya melakukan pemijahan dengan sendirinya pada malam hari.

Kita bisa melihat kakaban tersebut yang sudah banyak di dapatkan telur dari induk yang memijah.nah setelah sang induk siap untuk melakukan pemijahan,induk lele tersebut bisa kita pindahkan pada kolam pemeliharaan kembali..

Sesuai pengalaman,induk lele yang sudah siap di pijahkan,bisa kita lakukan pemijahan kembali setelah 35 hari induk tersebut beristirahat..

Baca Juga:  Proses pemijhaan induk ikan lele sangkuriang

Sebenarnya cara ini cukup mudah kita lakukan asal kita sudah mengetahui teknik serta caranya,Bagi anda kusus pemula,akan lebih bagus,jika induk lele melakukan pemijahan secara alami saja,supaya tidak di repotkan dengan berbagai hal yang mungkin terlalu ribet..

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Cara Pemijahan Ikan Lele Secara Buatan | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.