Cara Merangkai Pancing Lumut Parit dan Kolam (Pengalaman Kami)

Merangkai Pancing Lumut  – Jika Anda sudah cukup lama menggeluti dunia memancing, pasti tidak asing lagi dengan rangkaian pancing lumut.

Cara merangkai pancing lumut parit dan kolam sangat penting untuk Anda ketahui, terutama untuk ikan jenis nila, mujair, dan bandeng.

Kail lumut tergolong murah dan mudah digunakan, meskipun ternyata banyak yang merasa kesulitan membuat merangkai dan memasang lumut pada mata kail.

Advertisements

Jika Anda tertarik untuk memancing ketiga jenis ikan tersebut, ataupun jenis ikan parit dan kolam lainnya, perhatikan hal-hal penting berikut.

Cara Mudah Merangkai Pancing Lumut

Cara Merangkai Pancing Lumut Parit dan Kolam (Pengalaman Kami)

  • Perhatikan Jenis Lumut

Gunakan lumut sungai yang segar untuk dijadikan umpan. Perhatikan helaian lumut. Lumut yang memiliki helai berarti sudah cukup tua untuk dijadikan umpan. Baca Simpul Tali Pancing Bercabang

Lumut yang berhelai akan lebih mudah menempel pada mata kail. Lumut ini biasanya banyak ditemukan di sawah dan sungai berbatu.

  • Merendam Lumut

Langkah selanjutnya dalam cara merangkai pancing lumut parit dan kolam adalah merendam lumut yang sudah Anda siapkan.

Rendam lumut di dalam air hingga sehari penuh di dalam ember kecil. Anda juga bisa menambah aroma atau essence pada rendaman lumut seperti air rebusan bekicot. Namun, ini tidak wajib digunakan.

Advertisements
  • Rangkaian Mata Pancing Khusus Umpan Lumut

Rangkaian mata pancing khusus untuk umpan lumut cukup khas, terdiri dari 3 mata pancing. Rangkaian jenis ini memiliki ketinggian yang berbeda dengan susunan menyerupai tangga. Baca Membuat Rangkaian Pancing Glosor

Ciri lainnya adalah terdapat pegangan yang terbuat dari batangan (biasanya batang cotton bud).Gunakan tali nilon untuk rangkaian karena tali ini sangat lentur, tahan kusut, serta lentur.

  • Joran

Gunakan joran yang panjangnya sedang, yaitu sekitar 3,6 meter. Pertimbangannya adalah agar Anda tidak terlalu repot menarik pancing.

Selain itu, joran yang digunakan hendaknya berbentuk seperti antena tanpa spool. Perhatikan urutan rangkaian pancing (dilihat dari ujung joran):

Senar (sepanjang joran)à Pelampung dengan stopper à pemberat à rangkaian mata pancing yang terhubung dengan kili-kili.

  • Memasang Umpan Lumut

Langkah ini terlihat sepele namun cukup sulit jika Anda tidak melakukannya dengan trik yang tepat. Cara memasang umpan lumut yang baik adalah dengan memasukkan rangkaian mata pancing ke dalam wadah tempat lumut direndam.

Dengan demikian, sebagian besar lumut akan langsung menempel pada mata kail. Setelah itu, rangkaian pancing lumut siap untuk digunakan. Jika lumut masih sukar menempel, mungkin Anda merendamnya kurang lama atau jenis lumut yang memang sulit menempel.

Oleh karena itu, memilih jenis lumut merupakan langkah penting dalam menggunakan kail pancing jenis ini. Baca Cara Mancing Dasaran di Laut

Demikian Cara merangkai pancing lumut parit dan kolam serta cara yang jitu memasang umpan lumut pada mata kail. Jangan lupa perhatikan ukuran bahan untuk joran serta urutan rangkaian dari ujung joran. Selamat mencoba!

Advertisements
Cara Merangkai Pancing Lumut Parit dan Kolam (Pengalaman Kami) | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.