Cara Mengobati ikan lele Stres Akibat PH Air

Cara mengobati ikan lele stres akibat PH air – PH air yang terlalu tinggi dan terlalu rendah juga akan membuat ikan lele mudah terserang jenis penyakit,terutama jenis penyakit pada bagian Radang insang.Seperti dalam tulisan sebelumnya yang sudah banyak saya bahas antara lain.

Advertisements
  1. 4 Jenis penyakit ikan lele dan pengobatanya
  2. Membasmi hama dan penyakit ikan lele

Silahkan anda baca terlebih dahulu artikel di atas,supaya anda lebih mengenali ciri dan gejala penyakit lele serta bagaimana cara yang tepat untuk kita lakukan pengobatan dengan benar dan tepat..

Penyakit yang sering di temukan pada ikan lele tidak banyak,ada 4 jenis penyakit yang sering kali menyerang lele,lain halnya dengan jenis ikan budidaya lain,yang sangat banyak memiliki jenis penyakit yang lebih rumit dan susah untuk kita obati.Cara Mengobati ikan lele Stres Akibat PH Air

Cara melakukan pengobatan pada ikan lele,juga akan memakan waktu hingga beberapa hari,bahkan minggu dan bulan.jika penyakit tidak segera kita lakukan pengobatan,maka bisa di pastikan,jika satu kolam lele anda bisa habis,mati akibat penyakit yang menulari lele yang belum terserang penyakit..

Advertisements

Ada satu cara untuk mengatasi jika ikan lele anda sedang mengalami jenis penyakit akibat sebuah bakteri,Ph air yang kurang kondusif serta zat lain yang di rasa berbahaya bagi kesehatan lele kita..

Pengobatan menggunakan Arang kayu.

Mungkin sedikit agak nyleneh,namun cara ini merupakan cara yang paling tepat untuk kita terapkan dalam kondisi tersebut.

Arang kayu jika kita masukan dalam air akan menyerap air,dan hal juga akan menyerap zat yang kurang bagus untuk kesehatan,misal zat kimia,kotoran debu,PH air dll yang bisa memunculkan bakteri selanjutnya akan menyerang bagian insang pada ikan lele..

Cara yang bisa kita lakukan,cukup menebar arang kayu ke seluruh bagian permukaan kolam.untuk penggunaan arang kayu,bisa di sesuaikan sendiri dengan ukuran kolam anda,jika anda beternak dengan ukuran kolam 5×2 meter,maka anda membutuhkan arang kayu sekitar 2 Kg saja..

Selain itu,untuk mempercepat penyembuhan,bisa kita berikan berupa ramuan herbal yang banyak dijual di toko pertanian atau unggas..

Dengan cara ini,jenis penyakit apa saja akan mudah di netralkan,kususnya Ph air,bakteri serta virus yang sering menyerang bagian Insang ikan lele.

Zat berbahaya bisa saja timbul akibat debu yang menempel pada permukaan kolam,dan kita berikan pakan terlalu pagi,Apalagi jika kolam yang anda buat dekat dengan jalan raya,penyakit jenis ini akan sangat sering menyerang ikan lele anda.

Maka dari itu,berikan pakan ketika sudah matahari terbit.sekitar jam 9 pagi supaya kotoran debu yang menempel mampu menguap akibat terkena sinar matahari..salam..

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Cara Mengobati ikan lele Stres Akibat PH Air | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.