Cara Mengikat Pancing Dasaran (Rekomendasi)

Cara mengikat pancing dasaran menjadi salah satu teknik dasar yang patut untuk dikuasai pemula maupun yang sudah mahir dalam memancing.

Memancing dasaran sendiri merupakan cara memancing yang memasang target untuk ikan yang berada dalam dasar air.

Cara mancing seperti ini sudah menjadi metode yang umum dilakukan oleh para pemancing. Agar umpan Anda tidak habis saat bergulat dengan ikan, diperlukan simpul untuk mengikat kail Anda.

Advertisements

Terdapat macam-macam jenis simpul yang bisa dijadikan opsi, diantaranya:

Cara Mengikat Pancing Dasaran (Rekomendasi)

Trik Mengikat Pancing Dasaran

  1. Simpul Berpagut

Simpul ini adalah simpul yang paling populer di kalangan pecinta memancing karena mudah dibuat dan kuat.

Setelah Anda memasukkan kenur atau senar ke lubang kail, ikat ujungnya dan lilit sekeliling kenur sebanyak 4 sampai 5 kali. Baca Umpan Mancing Ikan Lele di Rawa

Masukan sisa kenur dalam lubang hasil ikatan dan lilitan tadi kemudian tarik dengan kuat. Kulumlah untuk mempermudah proses penarikan hingga simpul yang dibuat menjadi kuat.

  1. Simpul Orvis

Populer setelah memenangkan kompetisi, simpul yang diperkenalkan oleh sebuah perusahaan retail peralatan memancing bernama Orvis ini juga termasuk kategori kuat serta  cara mengikat pancing dasaran yang mudah.

Caranya pertama, masukkan senar dari bawah kail. Bentuk angka delapan dengan ujung senar melewati libatan yang terbentuk.

Advertisements

Cara Mengikat Pancing Dasaran (Rekomendasi)

Lalu arahkan ujung kenur ke libatan kedua di bagian atas. Ulangi hal tersebut dua sampai tiga kali. Kemudian beri pelumas dan tarik simpulnya.

  1. Simpul Palomar

Bagi pengguna jenis senar braided, cocok sekali jika kail diikat dengan teknik mengikat seperti ini. Memang sedikit sulit untuk memperaktekkannya.

Tetapi jika Anda sudah paham metodenya, hasilnya bisa 100% sempurna. Anda lebih dahulu melipat dua senar pancing sepanjang 15 cm dan selipkan pada lubang kail. Buat ikatan tinju sederhana dimana posisi kail berada di bawah pada lipatan kedua senar tadi. Baca Umpan Mancing Ikan Lele Untuk Lomba

Kemudian selipkan ikatan tersebut melewati bawah kail dan kembali ke atas mata kail. Setelah itu langsung tarik dan gunting sisa senar.

  1. Simpul Baja

Ikatan kelas berat (karena diperuntukkan untuk senar ukuran besar, berat serta berjenis monofilamen) biasa digunakan oleh nelayan Meksiko.

Dapat digunakan untuk mengikat kail atau katrol lain tetapi ikatannya harus benar-benar kuat. Buat libatan simpul.

Sementara kail dibiarkan di bagian bawah libatan, Anda dapat membuat simpul selanjutnya di depan simpul pertama. Tarik simpul menjadi lebih kecil dari simpul pertama. Buat lagi simpul selanjutnya dengan mengulang cara sebelumnya.

Bawa ke atas kail melewati simpul tengah dan kembali ke bawah melewati simpul yang paling besar di belakangnya. Kunci simpul dengan menariknya. Baca Reel yang Bagus untuk Casting di Sungai Laut

Beragamnya cara mengikat pancing dasaran tentunya bisa Anda pelajari. Anda dapat menyesuaikan jenis ikatan dengan jenis senar. Fungsi simpul pun menjadi lebih cocok dan kuat.

Advertisements
Cara Mengikat Pancing Dasaran (Rekomendasi) | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.