Cara Membuat Umpan Tiruan Untuk Mancing di Sungai Sederhana

Cara Membuat Umpan Tiruan untuk Mancing di Sungai  – Umpan buatan memang memiliki tempat di hati para penggemarnya. Meski demikian, beberapa umpan ini bisa cukup mahal untuk beberapa pemancing yang ingin memilikinya.

Advertisements

Karena demikian, banyak orang yang akhirnya membuat sendiri umpannya. Bagi Anda yang berminat, terdapat cara membuat umpan tiruan untuk mancing di sungai yang dapat dipraktikan sendiri.

Sebelum kita membicarakannya, mengenal beberapa bahan untuk membuat umpan buatan juga diperlukan. Umumnya, umpan buatan yang ada dibuat dari material logam, karet, kayu, resin, plastik, hingga fiber.

Terkadang, dapat dijumpai pula umpan buatan yang dibuat dengan menggunakan kombinasi material yang ada.

Cara Membuat Umpan Tiruan Untuk Mancing di Sungai Sederhana

Cara Membuat Umpan Tiruan Untuk Mancing di Sungai Sederhana

Dalam perkembangannya, umpan buatan ini dapat dibuat dengan tangan sendiri. Bahan dan cara yang ada pun terbilang mudah. Umpan  buatan yang dapat dibuat sendiri ini umumnya menggunakan kayu yang bahannya mudah didapatkan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari simak caranya berikut.

Dalam membuat umpan buatan ini, diperlukan bahan-bahan sebagai berikut: kayu, lem expoxy, dan kawat stainless anti karat. Baca Umpan Mancing Ikan Besar di Sungai

Sedangkan untuk alat-alatnya, berikut yang diperlukan: pensil atau spidol, amplas halus, cat (warna putih sebagai warna dasar dan warna lain sesuai selera), cutter, dan gergaji besi. Setelah menilik apa-apa saja yang diperlukan, mari mengetahui langkah yang dilakukan.

Advertisements
  1. Langkah pertama

Langkah pertama dalam cara membuat umpan tiruan untuk mancing di sungai ini diisi dengan mendesain gambar dan memotongnya. Gambarlah desain ikan yang diinginkan pada kayu dan potonglah kayu menggunakan gergaji.

Untuk merapikan bentuknya, gunakan cutter. Setelah selesai, amplaslah kayu tersebut menjadi halus agar mudah di cat. Baca Umpan Mancing Kolam Air Masin

  1. Langkah kedua

Pada langkah ini, belahlah umpan buatan tersebut di sisi bawah badan. Belah dari leher hingga ekor. Nantinya, kawat akan dipasangkan di sini.

Bentuklah kawat menjadi lubang trebel hook swivel dan trebel hook. Jika sudah selesai dibentuk, letakkan pada bagian belahan yang tadi telah dibuat. Jangan lupa untuk memberi pemberat. Setelah dilakukan, beri lem expoxy pada lubang tadi dan rapikan dengan amplas jika bekas lemnya tidak rapi.

Jika sudah selesai, cobalah umpan buatan ini pada kolam atau bak mandi untuk memastikan bahwa ia dapat mengapung dengan baik. Jika belum, menambah atau mengurangi bobot pemberat dapat dilakukan.

  1. Langkah ketiga

Dalam langkah ini, Anda hanya perlu mengecatnya. Catlah dengan warna putih terlebih dahulu sebagai warna dasar dan sisanya dapat dilakukan sesuai keinginan.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat dipraktikan sendiri dalam membuat umpan buatan. Sebagai saran, warnailah umpan buatan dengan warna yang menarik. Baca Umpan Mancing Galatama Lele

Selain warna yang menarik, buatlah warna umpan yang terlihat sangat mirip dengan aslinya agar ikan incaran Anda dapat terkecoh. Sekian ulasan kali ini. Semoga cara membuat umpan tiruan untuk mancing di sungai ini dapat membantu Anda yang sedang ingin membuat umpan buatan sendiri.

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Cara Membuat Umpan Tiruan Untuk Mancing di Sungai Sederhana | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.