Cara Membuat Leader Pancing Laut 2018 (Panduan Lengkap)

Membuat Leader Pancing Laut – Bagi para mancing mania, ulasan ini akan membahas mengenai cara membuat leader pancing laut. Jika Anda adalah penggemar memancing, pasti tidak asing lagi dengan istilah leader.

Leader adalah bagian senar yang berfungsi sebagai penghubung antara umpan dengan senar utama.

Jadi, fungsi utama leader adalah sebagai peredam hentakan (shockbreaker) pada saat retrieve dan stike agar line utama senar tidak putus saat ada sambaran ikan besar. Letak leader adalah di bagian atas, yaitu sebelum umpan.

Advertisements

Sebelum mengetahui cara membuat leader pancing laut, sebaiknya Anda memahami benar karakteristik leader.

Umumnya, leader yang sering digunakan untuk pancing laut adalah jenis senar monofilament seperti kawat piano dan malin  serta fluorocarbon dan titanium.Baca Cara Mengikat Kili-Kili Pancing

Leader harus lebih kuat dari senar utama, besar kekuatannya minimal 2 kali lipat kekuatan senar utama. Berikut adalah cara singkat membuat leader.

Cara Membuat Leader Pancing Laut (Panduan Lengkap)

Tahapan Membuat Leader Pancing Laut

  • Siapkan Bahan Leader

Anda bisa memilih jenis kawat tunggal seperti kawat piano dan malin atau kawat multi strand seperti fluorocarbon dan titanium.

Siapkan sepanjang 4,57 meter bahan yang Anda pilih untuk senar yang berkekuatan di bawah 10 kg. Sedangkan untuk senar dengan kekuatan lebih dari 15 kg, bahan yang disiapkan sepanjang 9,14 meter.

Advertisements
  • Ikuti Pola Rangkaian

Ikuti pola umum rangkaian leader sebagai berikut:

Line Utama (main line) à necklineà Solid RingàSplit Ringà lure Baca Rangkaian Pancing Glosor

  • Padukan Senar Leader

Padukan jenis bahan yang telah Anda pilih dan ukur dengan rangkaian alat pancing berdasarkan pola di atas. Senar pancing dapat segera digunakan untuk aktivitas memancing di laut.

Sebenarnya, penggunaan leader pada aktivitas pancing laut tidaklah wajib. Namun tentu saja penggunaan leader akan lebih aman dan fleksibel, terutama untuk beberapa jenis ikan seperti Marlin, Barakuda, Wahoo, Tengiri, dan Tuna gigi anjing.

Leader paning untuk ikan-ikan tersebut harus lebih fleksibel dan memakai kawat multi strand agar leader lebih kokoh menanam beban ikan dan umpan terlihat lebih alami.

Kesimpulannya, leader lebih utama digunakan untuk memancing dengan metode casting. Para pemancing yang menggunakan teknik casting seringkali mengabaikan penggunaan leader.

Mereka menganggap elemen ini tidak terlalu penting. Padahal, tanpa adanya leader, lure bisa saja putus dan melayang akibat goncangan atau hentakan yang keras secara tiba-tiba.

Demikian cara membuat leader pancing laut secara singkat. Pastikan leader yang Anda buat sudah mengikuti standar leader pancing laut di atas, baik bahan, ukuran, maupun pola rangkaiannya.

Spesifikasi bahan yang tidak tepat untuk jenis senar pancing tertentu akan mengganggu fleksibilitas senar karena tidak sesuai dengan kapasitas senar. Baca Mancing Dasaran di Laut Segala Cuaca

Oleh karena itu, pastikan bahan dan ukuran leader Anda sesuai dengan kapasitas senar pancing. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Advertisements
Cara Membuat Leader Pancing Laut 2018 (Panduan Lengkap) | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.