Cara Membuat kolam Lele Dari Beton-Batu

Cara membuat kolam lele dari beton-batu – Membuat kolam beton atau kolam batu untuk ternak lele sebenarnya lebih tahan lama dan bisa di gunakan ternak lele untuk jangka panjang,Akan tetapi,jika kita kalkulasikan dengan pembuatan kolam terpal.Biyaya pembuatan kolam batu lebih banyak mengeluarkan uang..

Advertisements

Untuk membuat kolam lele dari beton atau batu,dengan ukuran 5×2 meter bisa menghabiskan dana hingga 2 jutaan lebih.sementara itu,untuk membuat kolam terpal dengan ukuran sama,biyaya yang di keluarkan tak lebih hanya berkisar 300 ribuan saja..

Jika anda memiliki modal lebih dan lahan kosong yang cukup strategis,tak ada salahnya jika langsung membuat kolam permanen untuk ternak lele tersebut..

Baik kolam seman maupun kolam terpal,semua terdapat kendala.kolam semen jika dalam pembuatan kurang memperhatikan kualitas jangka panjang,maka bisa juga terjadi keretakan dan tak jarang yang mengalami pecah atau kebocoran..Cara Membuat kolam Lele Dari Beton/Batu

Biasanya para peternak lele,dalam membuat kolam terpal,memiliki ukuran berfareasi,semua tergantung petani serta jumlah ikan yang akan di pelihara..kolam yang ideal adalah kolam yang cukup,Artinya,tidak terlalu sempit dan tidak juga terlalu lebar..

Langkah Persiapan Kolam Ikan lele. 

Setelah kolam siap di buat,baik menggunakan bahan dari beton maupun dari terpal,langkah pertama harus di isi menggunakan air bersih.air tidak boleh tercampur dengan limbah atau dari bahan kimia lainnya..

Langkah yang kedua,bisa di lakukan pengomposan dengan menggunakan bahan dari kotoran kambing.akan lebih bagus jika menggunakan kotoran kambing yang sedang basah,Basah dalam arti,kotoran kambing yang masih baru dan kotoran tersebut masih berbentuk butiran..

Dosis pemberian kotoran kambing ini,bisanya untuk ukuran kolam 10 meter persegi,membutuhkan kotoran kambing hingga 20 Kg..

Ingat kotoran kambing yang kita gunakan juga harus baru,Sangat tidak di sarankan menggunakan atau membeli kotoran kambing dari toko penjual bunga,Sebab kotoran kambing tersebut sudah tercampung dengan bahan yang kurang bagus untuk kesehatan lele nantinya,misal bahan Kimia..

Cara Pengomposan Kolam Ikan lele.

Teknik untuk melakukan pengomposan pada kolam ikan lele juga menggunakan teknik,cara yang biasa gunakan para peternak dengan cara,masukan kotoran kambing ke dalam Goni,lalu ikat goni tersebut,dan masukan ke dalam kolam..akan lebih bagus jika kotoran dalam goni tersebut mengambang di kolam,Tidak tenggelam..

Advertisements

Tata letak karung berisi kotoran kambing tersebut bisa kita letakkan dalam tengah kolam maupun di pinggir kolam,yang terpenting karing tidak masuk ke dasar kolam yang bisa kita ikat supaya tidak tenggelam..

Pengomposan sendiri berfungsi untuk menaikkan PH air dalam kolam tersebut sesuai yang diinginkan.hal tersebut juga bisa untuk menyesuaikan kecocokan air untuk ternak ikan lele,baik lele sangkuriang maupun jenis lele apa saja.hal ini penting,jika Ph air tidak cocok dengan kondisi lele,maka kehidupan dari pada lele tersebut juga kurang bagus..Cara Membuat kolam Lele Dari Beton/Batu

Ph air untuk ternak ikan lele sangkuriang yang paling bagus berkisar di antara 8-9 Ph.Jika pH air kurang dari angka tersebut,maka ikan lele tersebut akan sangat rentan terhadap segala jenis penyakit,dan tak jarang banyak yang mengalami kematian sebelum penen Tiba..Hal ini yang perlu di perhatikan para peternak kususnya pemula..

Kelebihan dalam melakukan pengomposan lain adalah,akan lebih membuat patil ikan lele menjadi sangat kuat.menurut penelitian,patil yang lebih kuat akan membuat umur lele juga lebih tahan lama,ini bukan mitos,memang keyantaanya begitu..

Dalam melakukan pengomposan,gunakan kotoran kambing saja,jangan menggunakan kotoran ayam,apalagi kotoran ayam pedaging yang banyak mengandung bahan kimia nantinya akan berdampak Negatif bagi kesehatan lele tersebut..

Pemberian Ramuan Herbal Pada kolam ikan Lele.

Setelah siap melakukan pengomposan dengan memasukkan kotoran dalam karung ke dalam permukaan kolam,langkah selanjutnya adalah memberikan ramuan herbal.ramuan herbal tersebut bisa anda beli di toko unggas atau bisa juga membuat sendiri yang nanti akan saya berikan tutorial pembuatan ramuan herbal di artikel selanjutnya..

Ramuan herbal ini bertujuan hampir sama dengan pengomposan,yaitu untuk menetralkan air dari bahan atau kandungan zat kimia yang berbahaya.selain itu,ramuan herbal yang kita berikan juga mampu untuk menambah daya tahan tubuh lele supaya lebuh kebal terhadap segala jenis penyakit..

Langkah Ahir Pengomposan..

Setelah kompos tersebut sudah berada dalam kolam ikan lele sekitar 10 hari,karung berisi kompos bisa anda angkat,atau di lakukan tarik,angkat,tarik,angkat clup-clupkan hingga beberapa kali..

Akan lebih bagus jika anda injak kerung tersebut sebelum kita buang secara permanen.hal ini bertujuan supaya zat yang terkandung dalam kompos mampu keluar sepenuhnya dan menyebar ke seluruh bagian kolam..semoga berguna..

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Cara Membuat kolam Lele Dari Beton-Batu | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.